Manfaat Jus Seledri
Hidup Sehat

Inilah 5 Manfaat Jus Seledri yang Baik Bagi Kesehatan

Putri Aprillia | Desember 20, 2021
Share

Banyak orang percaya bahwa manfaat jus seledri dapat mengobati dan mencegah berbagai kondisi penyakit. Seledri sendiri merupakan sayuran yang biasa digunakan untuk campuran berbagai makanan, seperti sayur sop, soto, bakso, dan sejenisnya. Pada zaman dulu, seledri juga telah dimanfaatkan untuk obat berbagai penyakit.

Nah, kira-kira apa saja kandungan dan manfaat jus seledri dari sisi medis? Lalu, bagaimana cara membuat jus seledri dan aturan konsumsi yang tepat? Yuk simak penjelasannya di artikel ini.

Mengenal sayuran seledri?

Seledri adalah salah satu jenis sayuran dari keluarga Apiaceae, yang masih meliputi wortel, parsnip, dan peterselie. Seledri sendiri biasa dikonsumsi untuk tambahan hidangan sayur sop dan soto. Selain sebagai tambahan menu sayuran, batang mentah dari seledri cukup populer di kalangan pelaku diet sebagai camilan rendah kalori. Selain itu, seledri juga sering dikonsumsi sebagai jus yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit.

Hal itu karena serat dalam seledri dapat bermanfaat bagi sistem pencernaan dan kardiovaskular. Selain itu, seledri juga mengandung antioksidan yang berperan penting dalam mencegah penyakit. Untuk kandungan seledri akan dibahas pada bab selanjutnya berikut ini.

Kandungan dalam seledri

Sebelum mengetahui apa saja manfaat jus seledri, berikut ini jumlah rata-rata kandungan nutrisi dalam 1 cangkir jus seledri atau sekitar 240ml. Daftar kandungan nutrisi dalam seledri di bawah ini merupakan persentase kebutuhan harian tubuh.

  • Kalori: 42,5 gram
  • Protein: 2 gram
  • Karbohidrat: 9,5 gram
  • Gula: 5 gram
  • Kalsium: 8%
  • Magnesium: 7%
  • Fosfor: 5%
  • Kalium: 14%
  • Natrium: 9%
  • Vitamin A: 7%
  • Vitamin C: 16%
  • Vitamin K: 74%

Di samping itu, jus seledri juga kaya akan banyak nutrisi lain, seperti seng, tembaga, folat, biotin, vitamin B lainnya, dan banyak mengandung antioksidan.

5 Manfaat jus seledri yang baik untuk tubuh

Jus seledri dapat memberikan beberapa manfaat bila dikonsumsi sebagai bagian dari pola makanan sehat kamu. Manfaat tersebut di antaranya:

1. Menghidrasi tubuh

Jus seledri sebagian besar terdiri dari air dan dapat membantu kamu tetap terhidrasi. Kondisi tubuh yang tetap terhidrasi ini sangat penting bagi kesehatan kamu. Walaupun begitu, masih banyak orang tidak terlalu memperhatikan kebutuhan cairan per harinya. Hidrasi yang tepat membantu mengelola tekanan darah, suhu tubuh, fungsi otak, pengiriman nutrisi, ekskresi limbah, dan kesehatan ginjal.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Pada tahun 2014, terdapat penelitian manfaat ekstrak biji seledri yang ternyata membantu menurunkan tekanan darah. Hal itu karena seledri mengandung banyak serat alami yang baik untuk tubuh. Kandungan serat tersebut jika dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Jadi, jika kamu mengidap penyakit tekanan darah tinggi, kamu bisa mengonsumsi jus seledri secara teratur.

3. Menu Diet Rendah Gula

Jus seledri adalah pilihan yang lebih sehat daripada mengonsumsi minuman manis. Satu cangkir (240 mL) hanya menyediakan 5 gram gula, yang terjadi secara.Minuman yang dimaniskan dengan gula seperti soda, minuman berenergi, dan kopi spesial menyumbang hingga 50% gula tambahan dan dapat menambahkan 500 kalori ekstra per hari ke total asupan kalori kamu.

Oleh karena itu, memilih minuman rendah gula seperti jus seledri dapat secara signifikan mengurangi asupan gula dan kalori secara keseluruhan. Sehingga, kamu juga dapat mengurangi risiko penyakit diabetes.

4. Anti-inflamasi

Jus seledri kaya akan berbagai senyawa tanaman yang disebut fitonutrien. Senyawa tersebut bertindak sebagai antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan membantu menurunkan stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas menumpuk di tubuh kamu. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kamu bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

5. Mencegah kanker.

Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh kamu dari molekul yang disebut radikal bebas, yang berperan dalam penyakit jantung, kanker, dan proses penuaan.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa beberapa senyawa dalam daun dan biji seledri bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Senyawa tersebut antara lain asam caffeic, asam besi, tanin, dan saponin. Mengonsumsi seledri, baik mentah atau sebagai jus, dapat membantu Anda mendapatkan cukup senyawa ini dan menurunkan kemungkinan kanker.

Cara membuat jus seledri

Jus seledri sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Kamu cukup menggunakan juicer atau blender sebagai cara termudah untuk membuat jus seledri. Cukup cuci 3-4 batang seledri dan tiriskan. Kemudian potong 3-4 batang seledri yang sudah dicuci dan blender hingga halus. Letakkan saringan atau kain kasa di atas wadah dan tuangkan cairan ke dalam saringan. Lalu, ambil sari jus seledri tersebut.

Untuk sedikit tambahan rasa, coba tambahkan apel hijau, jahe segar, atau jus lemon ke dalam jus seledri yang kamu buat. Cobalah untuk menghindari jus yang mengandung gula atau perasa tambahan. Selain itu, kamu juga dapat membeli jus seledri dari toko bahan makanan setempat. Jus seledri juga bisa dicampur dengan beberapa bahan bernutrisi lainnya, seperti mentimun, apel, dan bayam untuk lebih kaya vitamin.

Aturan minum jus seledri

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat jus seledri secara optimal, kamu perlu mengikuti aturan minum jus seledri. Kamu disarankan untuk mengonsumsi 1 gelas jus seledri atau setara dengan 16 ons setiap pagi. Kamu juga bisa mengonsumsinya selama setidaknya satu minggu penuh untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Reference
Share