Manfaat makan coklat

Apakah kamu suka makan coklat? Camilan ini populer dengan rasanya yang lezat. Memakan camilan ini sering dikaitkan dengan kenaikan berat badan dan efek buruk lainnya. Padahal, sebenarnya mengonsumsi coklat juga bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan.

Dalam artikel ini, akan dibahas apa saja kandungan dalam coklat, manfaat makan coklat, dan tips mengonsumsi coklat yang sehat. Simak terus sampai selesai ya!

Mengenal tentang apa itu coklat

Coklat adalah hasil olahan yang terbuat dari biji pohon Kakao Theobroma. Berkat rasanya yang manis dan unik, coklat telah menjadi produk camilan populer yang dinikmati banyak orang setiap hari. Penduduk Mesoamerika adalah yang pertama kali mengonsumsi coklat. Tidak seperti sekarang, dulu coklat hanya bisa dimakan oleh kaum bangsawan saja.

Bentuk dan rasanya yang unik dan lezat membuatnya sering dijadikan hadiah pada hari tertentu. Coklat sering dipakai untuk mengungkapkan rasa terima kasih, perhatian, simpati hingga pernyataan cinta dan kasih sayang. Selain dikonsumsi dalam wujud coklat batangan, coklat juga umumnya dikonsumsi sebagai minuman hangat dan dingin.

Kandungan dalam coklat

Semakin gelap coklatnya, semakin tinggi kadar kakaonya. Sehingga, semakin tinggi pula tingkat antioksidannya. Nutrisi dalam coklat batangan bervariasi tergantung pada merek dan jenisnya. Untuk memastikan kandungan nutrisinya, kamu bisa memeriksa labelnya. Berikut ini adalah beberapa kandungan dalam coklat.

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Gula
  • Fosfor
  • Kalium
  • Natrium
  • Kalsium
  • Kolesterol
  • Besi

Macam-macam coklat

Sebelum mengetahui manfaat makan coklat, cari tahu dulu macam-macam coklat yang tersedia. Saat ini di pasaran sudah banyak coklat yang beredar. Coklat terdiri atas berbagai jenis. Meskipun mempunyai warna yang mirip, ternyata setiap jenis coklat memiliki kandungan lemak dalam jumlah yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa macam coklat yang beredar di pasaran.

Cocoa powder

Jika kamu sering membuat kue, kamu pasti tidak asing dengan coklat ini. Coklat bubuk ini terbuat dari kakao. Walaupun mengandung lemak, coklat ini tidak mengandung pemanis buatan. Cocoa powder mempunyai warna coklat muda. Rasa coklatnya cukup kuat, namun ada sedikit rasa asam.

Dark chocolate

Jika kamu tidak terlalu suka camilan yang terlalu manis, kamu bisa mencoba mengonsumsi dark chocolate. Coklat ini rasanya pahit. Biasanya, coklat ini dipakai untuk membuat kue. Selain ditambahkan dalam kue, coklat ini juga bisa dikonsumsi secara langsung. Coklat jenis ini tidak mengandung pemanis sintetik maupun pemanis alami.

Unsweetened chocolate

Coklat ini umumnya dipakai untuk bahan pembuat coklat jenis lainnya, misalnya coklat putih. Coklat ini memiliki rasa yang sedikit pahit karena tidak mengandung pemanis.

Milk chocolate

Sesuai namanya, milk chocolate mengandung susu. Jenis coklat ini sangat populer di seluruh dunia. Selain susu, milk chocolate juga mengandung gula, vanila, dan minyak nabati. Coklat ini biasanya berupa coklat batangan. Banyak orang mengonsumsinya sebagai camilan.

Semi-sweet chocolate

Salah satu coklat yang sering dipakai untuk membuat kue atau dessert adalah semi-sweet chocolate. Coklat ini mengandung lemak coklat dan sedikit gula. Rasanya manis dan pahit. Selain dipakai untuk membuat dessert, coklat ini sering dijadikan hadiah untuk teman, keluarga, atau kekasih.

Couverture chocolate

Coklat jenis ini sering dipakai untuk melapisi kue, dessert, dan makanan lainnya. Kandungan lemak dalam coklat ini cukup tinggi. Rasanya lebih enak jika dibandingkan dengan jenis coklat lainnya. Karena sensitif terhadap panas, coklat ini tidak bisa disimpan sembarangan.

Gianduja chocolate

Meskipun namanya tidak sepopuler jenis coklat lainnya, coklat ini memiliki rasa yang tidak kalah enak lho. Coklat ini mencampurkan rasa coklat yang manis dengan kacang hazelnut. Biasanya, coklat jenis ini sering ditambahkan susu, almond, kacang mete, dan kacang-kacangan lainnya.

Manfaat makan coklat

Coklat memiliki banyak kandungan lemak dan gula. Mengonsumsi coklat sering dikaitkan dengan munculnya jerawat, obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit arteri koroner, dan diabetes. Namun, ternyata coklat juga mengandung antioksidan yang ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Makan coklat diyakini memiliki beberapa manfaat berikut ini.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah studi dalam The Journal of Nutrition menyimpulkan bahwa mengonsumsi coklat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang disebut LDL. Banyak orang menyimpulkan bahwa mengonsumsi coklat yang mengandung flavonoid dapat memberi pengaruh baik terhadap kesehatan jantung.

2. Mencegah terjadinya penurunan kognitif

Para ilmuwan dari Harvard Medical School menyarankan untuk minum dua cangkir coklat panas dalam satu hari. Melakukan hal ini bisa membantu menjaga agar otak tetap sehat dan mengurangi terjadinya penurunan daya ingat pada orang tua.

Para peneliti menemukan bahwa minum coklat panas bisa membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Studi lain dalam jurnal Appetite, menyarankan makan coklat setidaknya satu kali dalam seminggu untuk meningkatkan fungsi kognitif.

3. Mengurangi risiko terjadinya masalah kardiovaskular

Manfaat makan coklat selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian yang diterbitkan di The BMJ menyimpulkan bahwa mengonsumsi coklat bisa membantu menurunkan risiko masalah kardiovaskular seperti, penyakit jantung.

4. Mengurangi risiko penyakit stroke

Di dalam sebuah penelitian yang melibatkan 44.489 orang, ditemukan bahwa orang yang makan satu porsi coklat memiliki risiko 22 persen lebih kecil mengalami stroke. Mereka yang mengonsumsi dua ons coklat dalam satu minggu memiliki risiko 46 persen lebih kecil meninggal karena stroke. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi 100 gram coklat setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah.

5. Bermanfaat untuk tumbuh kembang janin

Manfaat makan coklat selanjutnya adalah bagus untuk janin. Sebuah penelitian yang dilakukan di Atlanta menyimpulkan bahwa makan 30 gram coklat setiap hari kemungkinan bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin selama masa kehamilan.

6. Meningkatkan performa atletik

Coklat bisa membantu atlet menempuh jarak yang lebih jauh. Sebuah penemuan dalam The Journal of the International Society of Sports Nutrition menyimpulkan bahwa mengonsumsi sedikit coklat hitam bisa meningkatkan persediaan oksigen selama latihan kebugaran. Para ilmuwan meyakini bahwa efek ini dapat diperoleh berkat kandungan flavonoidnya.

Meski coklat memiliki manfaat untuk kesehatan, perlu diingat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan bahwa makan coklat benar-benar bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Perlu diingat juga bahwa coklat tidak hanya mengandung kakao saja, namun juga mengandung gula dan lemak.

Tips mengonsumsi coklat yang sehat

Untuk bisa mendapatkan manfaat makan coklat, kamu perlu mengonsumsi coklat yang lebih sehat. Coklat bisa ditambahkan ke dalam smoothie. Selain itu, coklat bisa ditambahkan ke sereal bersama dengan irisan strawberry dan pisang. Coklat juga bisa dilelehkan dan disiram ke beberapa buah segar atau popcorn. Berikut ini adalah beberapa tips mengonsumsi coklat yang sehat.

  • Konsumsi coklat hitam yang memiliki kandungan kakao sekitar 70 sampai 85 persen.
  • Jangan mengonsumsi milk chocolate dalam jumlah yang terlalu banyak, karena mengandung banyak lemak dan gula tambahan.
  • Saat minum minuman coklat, jangan menambahkan susu skim.
  • Jangan konsumsi terlalu banyak coklat. Konsumsilah sekitar 20 gram setiap harinya.
  • Perhatikan kandungan gizi yang tertera di kemasannya sebelum mengonsumsinya.

Ada banyak bukti yang telah membuktikan bahwa mengonsumsi coklat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun, bukan berarti kamu harus mengonsumsinya dalam jumlah banyak setiap hari. Konsumsilah dalam jumlah secukupnya saja, ya.

 

Share artikel ini
Reference