yogurt rendah lemak
Hidup Sehat Nutrisi

Yogurt Rendah Lemak, Asupan Bernutrisi untuk Diet

Putri Aprillia | Januari 31, 2022
Share

Apakah kamu suka makan yogurt? Dinilai dari nutrisinya, yogurt dapat dikategorikan sebagai makanan yang sehat. Makanan ini dilengkapi dengan lemak dan protein yang sehat. Jika kamu sedang mencari cara menurunkan berat badan, kamu mungkin berpikir apakah yogurt rendah lemak bagus dikonsumsi saat diet?

Selain itu, apa saja kandungan dalam yogurt? Baca terus artikelnya agar kamu bisa tahu kandungan, kalori, dan tips mengonsumsi yogurt rendah lemak.

Apa itu yogurt?

Yogurt adalah produk dari susu yang dihasilkan melalui proses fermentasi mikroorganisme, yaitu Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus. Fermentasi pembuatan yogurt ini disebut juga fermentasi asam laktat. Fermentasi ini merupakan proses mengubah susu menjadi yogurt.

Pembentukan asam laktat ini dapat membantu mengentalkan protein dan menghasilkan tekstur pada yogurt. Fermentasi asam laktat ini juga menghasilkan beberapa senyawa seperti karbon dioksida, asam amino, dan peptida untuk memberikan rasa yang khas pada yogurt.

Kandungan dalam yogurt

Di dalam yogurt, terdapat kandungan probiotik yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga kekebalan tubuh, dan mencegah terjadinya infeksi bakteri. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam yogurt, antara lain:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Kalsium
  • Kalium
  • Natrium

Yogurt merupakan sumber protein yang sangat baik. Daya cernanya tinggi dan kaya akan asam amino. Selain itu, protein yang terkandung dalam yogurt lebih mudah dicerna dibandingkan dengan susu biasa. Hal ini disebabkan karena proses fermentasi telah memecahnya menjadi entitas yang lebih kecil. Selain itu, yogurt juga merupakan sumber vitamin, kalsium, dan kalium.

Kalori yogurt

Yogurt biasa sebanyak 100 gram mengandung 63 kalori, yogurt tanpa lemak 230 gram mengandung 127 kalori, dan yogurt rendah lemak 230 gram mengandung 143 kalori. Yogurt rendah lemak juga mengandung 3,52 gram lemak, karbohidrat 15,98 gram, dan protein 11,92 gram.

Yogurt rendah lemak untuk diet

Yogurt rendah lemak bisa menjadi makanan yang efektif untuk menurunkan berat badan. Yogurt merupakan sumber protein yang bisa memberikan rasa kenyang. Sehingga, kamu akan kenyang dalam waktu yang cukup lama. Namun, jika kamu mengonsumsinya dengan tidak tepat, makanan ini justru bisa membuat berat badanmu naik.

Efek penurunan berat badan bisa diperoleh jika yogurt dikonsumsi secara rutin. Namun, jangan lupa untuk mengonsumsinya bersama dengan makanan-makanan sehat lainnya. Dilansir dari situs Kata Data, telah dilakukan penelitian yang menemukan bahwa wanita yang teratur dalam mengonsumsi yogurt akan merasa kenyang lebih lama. Apabila camilan yang biasa kamu konsumsi diganti dengan yogurt, hal itu bisa mengendalikan nafsu makan dan menghasilkan lebih sedikit kalori.

Kandungan protein dan kalsium pada yogurt rendah lemak ini dapat meningkatkan kadar hormon penurun nafsu makan. Sehingga, beberapa penelitian menyatakan bahwa makan yogurt bisa membantu dalam menurunkan berat badan, mengurangi lemak, dan mendapatkan lingkar pinggang ideal.

Tips mengonsumsi yogurt rendah lemak

Jika kamu mengonsumsi yogurt secara keliru, hal ini justru akan menaikkan berat badan. Ada beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan ketika mengonsumsi yogurt untuk menurunkan berat badan. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan.

  • Jangan terlalu fokus pada kalorinya sampai melupakan asupan proteinnya. Pastikan kamu juga memeriksa berapa jumlah kadar proteinnya. Yogurt rendah lemak yang mengandung protein dapat membuat kenyang lebih lama.
  • Jangan terlalu menambahkan pelengkap pada yogurt. Yogurt rendah lemak sebaiknya diberi sedikit pelengkap saja, atau kamu juga bisa mengonsumsinya tanpa menambahkan pelengkap. Misalnya, kamu bisa menambahkan madu dalam jumlah yang sedikit saja, jangan berlebihan.
  • Tentukan porsi yogurt dengan bijak. Walaupun diyakini sebagai makanan yang sehat untuk dikonsumsi, bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya tanpa memperhatikan jumlah porsinya. Disarankan untuk mengonsumsi yogurt paling banyak enam sendok dalam satu hari.
  • Saat hendak memilih yogurt, pilihlah yogurt yang mengandung probiotik. Probiotik sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Demikian ulasan lengkap mengenai kandungan, kalori, dan tips mengonsumsi yogurt rendah lemak. Pilihlah yogurt rendah lemak yang bisa memberikan manfaat pada tubuh secara optimal. Konsumsilah secukupnya, jangan berlebihan ya.

Reference
Share