makanan yang mengandung gluten

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah gluten. Gluten biasanya digunakan untuk memberikan tekstur yang kenyal untuk adonan makanan.

Bahan ini memang tergolong aman untuk dikonsumsi. Meski demikian, gluten juga bisa berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu, beberapa orang dengan kondisi medis tertentu tidak dapat mengonsumsi gluten. Karena itu, beberapa makanan diberi label bebas gluten atau gluten free.

Nah, biar lebih paham lebih detail mengenai makanan yang mengandung gluten, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Apa itu gluten?

Gluten adalah protein yang ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian, gandum, dan sebagainya.

Umumnya gluten bersifat melekat untuk  membantu menjaga makanan tetap menempel serta menjaga bentuk makanan tersebut.

Dalam gluten, terdapat dua jenis protein utama, yaitu glutenin dan gliadin. Jika kamu mencampur gluten dengan air, protein gluten membentuk jaring lengket dengan tekstur seperti lem.

Elemen yang seperti lem ini biasanya membuat adonan makanan menjadi elastis dan memungkinkan roti mengembang saat dipanggang, serta membuatnya kenyal.

Berapa Kalori 1 Lembar Roti Gandum? Ternyata Segini!

Mengapa gluten harus dihindari?

Apa itu Gluten Free

Banyak ahli yang menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung gluten. Hal ini karena gluten dipercaya dapat membahayakan kesehatan. Ada beberapa efek  gluten yang perlu kamu ketahui, seperti:

Gangguan pencernaan

Pencernaan bisa terganggu jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Peptida yang diserap dari makanan yang mengandung gluten membuat pencernaan bermasalah. Oleh karena itu, hindari atau kurangi bahan dengan kandungan gluten yaa!

Manfaat Tepung Tapioka, Ternyata Baik untuk Kesehatan

Malnutrisi

Selain masalah pencernaan, saat kamu terlalu sering makan makanan yang mengandung gluten, penyerapan beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan berkurang.

Dampaknya, malnutrisi dapat terjadi. Bukan hanya itum beberapa organ dalam tubuhmu pun bisa mengalami malfungsi. 

Sakit tenggorokan

Organ lain yang terkena terlalu banyak gluten adalah tenggorokan. Kandungan gluten dapat mengiritasi tenggorokan dan membuatmu sulit makan. Tidak mau hal ini terjadi padamu,  kan?

Alergi

Beberapa orang rentan mengalami alergi karena konsumsi gluten. Hal ini dikarenakan senyawa peptida dalam gluten dapat menyebabkan tubuh menolak untuk menyerap gluten. Sehingga membuat tubuh rentan mengalami alergi.

Sesak napas

Selain gangguan pencernaan, gluten juga dapat mengganggu sistem pernapasan. Salah satunya membuat  kamu mengalami sesak napas.

Oleh karena itu, penderita asma atau sesak napas dianjurkan menghindari makanan yang mengandung gluten.

Makanan yang mengandung gluten

makanan yang mengandung banyak gluten

Nah, agar bisa mengurangi gluten masuk ke tubuhmu, kamu tentu wajib tahu daftar makanan yang mengandung gluten. Berikut beberapa di antaranya:

Oatmeal

Oatmeal mungkin merupakan salah satu pilihan menu sarapan yang banyak digemari. Selain cukup mengenyangkan, oatmeal juga kerap dicap sebagai makanan sehat.

Namun sayang, oatmeal mengandung kadar gluten yang cukup tinggi, sehingga kamu harus mengurangi konsumsi makanan yang satu ini.

Tapi jika kamu pecinta oatmeal, kamu tetap bisa mengonsumsinya dengan cara yang lebih sehat. Caranya dengan memilih produk oatmeal dengan label gluten free.

Makanan dengan kecap

Beberapa kuliner di Indonesia tidak bisa dipisahkan dari kecap. Nah, bahan utama kecap adalah kacang kedelai  hitam.

Tapi dalam pembuatannya,  gandum juga digunakan untuk memastikan proses fermentasi bekerja dengan sempurna.

Nah, campuran gandum pada proses fermentasi sangat mempengaruhi rasa manis atau asin, sehingga membuat kecap menjadi makanan tinggi gluten.

Jadi, jika kamu sedang melakukan  diet bebas gluten, cek dulu komposisi  kecap yang biasanya ada di kemasannya untuk melihat apakah mengandung gandum atau tidak.

Roti

Sebagian besar roti dibuat dari tepung terigu, yang erat kaitannya dengan kandungan glutennya yang tinggi. Roti juga sering digunakan sebagai bahan utama junk food, seperti hamburger. 

Namun jangan khawatir, kini sudah ada beberapa produsen yang menggunakan tepung terigu bebas gluten.

Roti bebas gluten ini biasanya dibuat dengan tepung tapioka, tepung jagung, kelapa, atau almond. Cek  label kemasan untuk memastikan komposisinya. 

Baca juga:

Daging pada makanan cepat saji

Jika kamu ingin menghindari makanan yang mengandung gluten, ada baiknya kamu menjauhi bahan cepat saji yang mengandung isian daging.

Hal ini dikarenakan daging pada junk food (misal daging pada hamburger atau sandwich) mengandung kadar gluten yang tinggi. 

Pada beberapa kasus, daging yang dimasukkan ke makanan cepat saji mungkin  tidak mengandung gluten. 

Namun, pisau yang sama yang digunakan untuk memotong roti, keju, atau bahan tinggi gluten lainnya, membuat daging tersebut ‘tercemar’. 

Kentang goreng di restoran cepat saji

Secara alami, kentang merupakan jenis umbi yang tidak mengandung gluten. Hanya saja, restoran cepat saji biasanya menggunakan berbagai bumbu penyedap untuk ditaburkan ke kentang setelah digoreng. Inilah yang menimbulkan adanya kontaminasi gluten. 

Belum lagi minyak yang digunakan bersama dengan bahan lain sangat mungkin terkontaminasi gluten.

Jadi, jika kamu ingin mengurangi atau menghindari bahan yang mengandung gluten, sebaiknya hindari memesan kentang goreng  di restoran cepat saji.

Nah itu dia  beberapa informasi tentang gluten serta 5 makanan yang mengandung gluten yang harus kamu ketahui. Stay healthy!

Share artikel ini
Reference