Menu sarapan sehat untuk diet

Apakah saat ini kamu sedang menjalani program diet? Banyak orang yang berpikir bahwa diet dapat berhasil dengan mengurangi asupan makanan sehingga terkadang menghindari sarapan. Padahal menu sarapan sehat untuk diet juga bisa menjadi kunci berhasil dalam diet, lho.

Sarapan yang sehat dan tepat bisa membuat kamu kenyang meski aktif bergerak seharian. Tentunya kamu perlu tahu apa saja aturan sarapan yang sehat untuk menyukseskan diet kamu. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasan berikut ini!

Sarapan sehat saat diet

Sarapan merupakan hal yang penting untuk memenuhi kebutuhan tenaga harian kamu. Lalu, apakah saat diet tidak boleh sarapan? Justru saat diet, kamu dianjurkan untuk tetap menyantap sarapan yang sehat.

Berikut ini adalah alasan penting bagi kamu untuk tidak melewatkan sarapan saat diet:

  • Sarapan dapat meningkatkan metabolisme dan kadar gula stabil
  • Sarapan memberi energi untuk dapat produktif sepanjang hari
  • Sarapan mengurangi risiko ngidam dan makan berlebihan sepanjang hari
  • Sarapan dapat mencegah insiden penyakit jantung
  • Sarapan diperlukan untuk fungsi otak dan tubuh

Melihat pentingnya sarapan tersebut, sebisa mungkin jangan pernah melewatkan sarapan yang sehat dan bergizi. Nah, jika kamu sedang menjalani diet, kamu perlu memilih menu sarapan sehat untuk kebutuhan diet kamu.

Menu sarapan sehat untuk diet sudah banyak direkomendasi sehingga tidak ada alasan untuk melewatkan sarapan pagi. Pilihan sarapan setidaknya mengandung protein, serat, dan karbohidrat untuk dapat menjalani hari yang panjang

Menu sarapan sehat

Rekomendasi menu sarapan sehat untuk diet yang memiliki manfaat dan gizi tinggi antara lain:

  1. Telur. Telur mengandung protein tinggi, vitamin dan mineral yang merupakan nutrisi baik untuk dikonsumsi saat sarapan. Telur dapat dijadikan telur orak arik atau telur rebus untuk menjadi makanan sarapan sehat.
  2. Gandum. Gandum memiliki komponen vitamin, mineral, tiamin dan selenium yang sangat bagus untuk sarapan. Gandum juga makanan yang dapat menjaga berat badan tetap stabil dan normal.
  3. Pisang. Pisang merupakan sarapan sehat untuk diet yang mudah ditemukan. Makanan rendah kalori ini tepat untuk dijadikan sarapan sehat saat sedang diet. Serat pisang dapat membantu menurunkan berat badan menjadi optimal.
  4. Yogurt. Rasanya yang enak, lezat dan menyenangkan menjadikan yogurt pilihan makanan sarapan yang punya segudang manfaat. Yogurt sangat tepat untuk kamu jadikan sarapan saat diet.
  5. Smoothies. Nutrisi dan kandungan dalam smoothies cukup lengkap sehingga makanan ini bisa menjadi pilihan sarapan sehat. Kamu bisa membuat smoothies dari bahan seperti pisang, sayur hijau, strawberry, susu, dan sejenisnya.
  6. Berry. Mempunyai ragam pilihan blackberry, strawberry, blueberry dan raspberry mempunyai kandungan rendah kalori namun tinggi nutrisi untuk sarapan sehari-hari.
  7. Anggur. Anggur bagus untuk program diet karena tinggi serat dan mempunyai banyak kandungan air untuk mengontrol berat badan menjadi jauh lebih stabil.
  8. Kopi. Kopi di pagi hari dapat memberikan semangat dan kontrol berat badan yang baik. Kopi dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak dengan kandungan kafein di dalamnya.
  9. Kiwi. Vitamin C, K dan potassium dalam kiwi membantu nutrisi harian yang diperoleh saat sarapan. Kiwi membantu berat badan stabil dan efektif dalam membakar lemak dalam tubuh. Sarapan sehat untuk diet ini direkomendasikan untuk mencapai vitamin harian.
  10. Teh hijau. Teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak sehingga sangat baik dijadikan menu sarapan sehat saat diet. Kamu bisa menambahkan perasan lemon pada teh hijau agar rasanya lebih segar.
  11. Chia seed. Makanan super sehat ini penuh dengan protein yang dapat mencegah lapar lebih lama dan mengisi perut kosong dengan baik.
  12. Oatmeal. Menu pilihan sarapan ini dapat dimanfaat untuk menjaga berat badan. Tinggi serat dan protein memberikan keistimewaan oatmeal sebagai makanan sehat penuh gizi untuk sarapan.

Unsur penting yang dibutuhkan tubuh untuk sarapan

Mengapa sarapan sangat penting dan apa unsur yang harus diserap tubuh saat sarapan? Sarapan sehat untuk diet penting mengandung berbagai unsur yang membantu berat badan tetap stabil dan mencapai tujuan kesehatan. Unsur nutrisi penting dalam sarapan yang sangat dibutuhkan tubuh antara lain:

  • Karbohidrat. Nutrisi ini menjadi energi utama yang dapat digunakan sebagai bahan bakar otak. Karbohidrat saat sarapan bisa didapat dari roti gandum, oatmeal, nasi merah, sereal tinggi serat dan sebagainya.
  • Protein. Protein sangat penting untuk memenuhi zat gizi tubuh. Protein bisa didapatkan lewat telur, daging ayam, susu, ikan, sayur bayam dan sebagainya.
  • Vitamin dan mineral. Kedua unsur ini dibutuhkan saat sarapan karena penting untuk mendapatkan manfaat antioksidan. Vitamin dan mineral saat sarapan bisa didapat dari buah dan sayuran.
  • Lemak. Lemak baik dikonsumsi untuk memperlambat sistem pencernaan. Lemak bisa didapat dari ikan salmon atau ikan sarden dan jenis makanan sarapan sehat lainnya.

Tips sarapan sehat untuk diet

Untuk memperlancar program diet, lakukan beberapa tips mudah ketika sarapan untuk diet yang berhasil:

  • Sarapan harus mengandung sumber antioksidan
  • Memilih sumber karbohidrat yang tepat untuk sarapan
  • Memilih proses pemasakan makanan yang jauh lebih sehat
  • Makan makanan manis dengan porsi minimum
  • Jangan lewatkan sarapan tanpa protein
  • Menikmati secangkir kopi untuk kelancaran metabolisme
  • Sediakan ruang untuk buah dan sayur saat sarapan
  • Makan sarapan dengan porsi besar
  • Pilih makanan padat bergizi daripada jenis makanan cair
  • Pilih sarapan tinggi serat

Sarapan sehat untuk diet penting menjadi sebuah pilihan karena bisa membantu mencapai target harian dan mengontrol berat badan. Diet bukan berarti melewatkan sarapan, namun memilih sarapan sehat kaya nutrisi yang membantu diet dapat berhasil dilakukan.

Share artikel ini
Reference