bahan alami untuk eksfoliasi wajah

Eksfoliasi wajah dengan bahan alami bisa kamu lakukan di rumah untuk membuat wajah glowing dan mulus. Lakukan secara rutin dengan memanfaatkan produk eksfoliasi yang bisa kamu dapatkan dari dapur rumah.

Kulit melepaskan sekitar 500 juta sel per hari dari tubuh dan wajah.  Sel-sel kulit mati dapat mengelupas secara alami untuk mengungkap sel-sel muda di bawahnya. Namun terkadang, tubuh membutuhkan bantuan untuk mengeluarkan sel-sel kulit ini, karena dapat menempel di permukaan dengan erat. Inilah pentingnya eksfoliasi.

10 ramuan alami untuk eksfoliasi wajah

cara menghilangkan minyak di wajah

Simak apa saja ramuan tradisional alami yang bisa kamu gunakan untuk eksfoliasi wajah.

1. Eksfoliasi Wajah Gula Merah

Gula merah adalah pengelupas alami yang sangat baik yang cocok untuk semua jenis kulit. Gula merah juga merupakan bahan yang sangat populer untuk lulur buatan sendiri karena mengandung lebih banyak kelembapan. 

Resep eksfoliasi wajah gula merah cukup sederhana. Isi mangkuk dengan satu cangkir gula merah dan tambahkan 3/4 cangkir minyak nonkomedogenik dan 3/4 cangkir madu Manuka atau madu lainnya. Tidak disarankan untuk menggunakan bahan ini lebih dari sekali per minggu.

2. Lulur oatmeal

Lulur oatmeal bekerja untuk sebagian besar jenis kulit terutama yang kering dan sensitif. Ada banyak cara untuk membuatnya dari bahan-bahan yang ada di dapur. Resep lulur ini hanya membutuhkan oatmeal, minyak almond manis, susu, dan telur. 

Pertama, kamu harus merendam oatmeal bubuk semalaman, dalam proporsi air yang sama (kamu juga bisa memasaknya). Tempatkan dalam mangkuk satu cangkir oatmeal ini, satu sendok teh minyak almond manis, dua sendok makan susu biasa, dan putih telur. 

Oleskan pada wajah dan leher dengan gerakan memutar. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas sampai bersih.

3. Lulur Wajah Susu Almond

Sempurna untuk wajah atau seluruh tubuh, lulur susu almond sederhana dapat bertahan lama. Lulur ini hanya menggunakan bahan-bahan kering—1/2 cangkir tanah liat bentonit, 1/2 cangkir tepung almond, dan 2 sendok makan susu bubuk utuh. Tambahkan beberapa tetes air suam-suam kuku sebelum dioleskan dengan gerakan lembut. 

Jenis eksfoliasi ini paling cocok untuk kulit berminyak, karena tanah liat bentonit sangat bagus untuk menyedot minyak berlebih sambil meninggalkan kulit yang lebih kencang dan kusam. Cara yang satu ini aman digunakan dua kali seminggu, tergantung kebutuhan Anda.

4. Lulur Wajah Kopi dan Kakao

Eksfoliasi wajah kopi dan kakao dapat menambah kecerahan pada warna kulit apa pun dan bahkan dapat mengurangi bengkak. Rahasianya ada pada kafein yang ditemukan di kedua bahan utama. 

Kafein adalah cara alami untuk merangsang aliran darah, yang dapat menghasilkan kulit lebih kencang, dan sangat bagus untuk menghilangkan retensi cairan yang membuat wajah terasa bengkak atau meradang.

Manfaat Kopi untuk Wajah: Bikin Sehat dan Glowing, lho!

Ambil satu sendok teh kopi bubuk (atau sisa gilingan kopi), satu sendok teh bubuk cokelat, dan dua tetes minyak geranium ke dalam mangkuk kecil.  Oleskan eksfoliasi pada kulit bersih dan kering, hindari area mata. Kamu bisa membiarkannya di sana selama 10 menit dan bilas dengan air hangat nanti.

Kamu juga bisa menambahkan madu dan produk susu seperti susu atau yogurt, hasilnya akan lebih baik dan sangat melembapkan. Sebaiknya gunakan eksfoliasi dengan bahan ini seminggu sekali, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif atau memiliki produk lain yang memiliki manfaat eksfoliasi.

5. Masker Eksfoliasi Wajah Nanas dan Pepaya

Hancurkan 1/4 cangkir nanas segar yang dipotong dadu dan 1/4 cangkir pepaya segar yang dipotong dadu. Lalu tambahkan dua sendok makan gula merah, satu sendok makan minyak almond manis, dan satu sendok makan madu lagi. Oleskan ke kulit wajah dan biarkan selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat.

Nanas dan pepaya adalah exfoliant alami. Enzim dalam pepaya dapat mengurangi peradangan, membantu mengurangi jerawat dan juga menghindari benjolan kecil pada kulit. Sedangkan nanas merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang membantu mengobati jerawat dan kerusakan akibat sinar matahari.

Jangan gunakan cara ini jika kamu memiliki kulit sensitif. Para ahli memperingatkan bahwa nanas dan buah jeruk lainnya dapat memperburuk masalah sensitivitas.

6. Lulur Wajah Persik

Persik memiliki aroma yang harum dan memiliki manfaat pembaharuan kulit. Jika digunakan secara teratur, eksfoliasi sederhana ini akan membuat kulitmu lebih halus, mencegah komedo, dan membuat kulit lebih bersih dan cerah.

Persik adalah pembangkit tenaga kecantikan yang mengejutkan di dunia buah. Seperti banyak buah-buahan, persik mengandung asam alfa-hidroksi, yang bertindak sebagai pengelupas ringan. Tidak hanya memecah sel kulit mati, tetapi juga membantu pergantian sel baru. 

Cukup campurkan secangkir buah persik organik segar, kupas, dan tumbuk serta 3/4 cangkir madu dengan 3/4 cangkir gula merah dan beberapa tetes minyak favoritmu. 

7. Lulur Eksfoliasi Kelopak Mawar

Bunga mawar dapat digunakan untuk mengurangi minyak, membantu melawan noda, dan akan memberikan kulit cahaya yang sehat. Kelopak mawar sangat bagus untuk mereka yang memiliki kulit sensitif, dan dapat bertindak sebagai SPF. 

12 Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Bisa Awet Muda, Lho!

Menggabungkan secangkir kelopak yang dihancurkan dengan 1/2 cangkir oat bubuk menciptakan eksfoliasi. Minyak alami yang dihasilkannya dapat mengurangi kemerahan dan sifat berminyak sekaligus menghilangkan kerutan dan melembabkan.

8. Lulur Wajah Kacang Adzuki

Bubuk kacang adzuki adalah bahan pokok dalam produk kecantikan Jepang, dan dimaksudkan untuk pembersihan terdalam dari semua jenis kulit. Bahan ini dapat mengencangkan, melembutkan, dan mengangkat sel kulit mati dan sebum berlebih dari pori-pori.

Yang kamu butuhkan hanyalah mencampur bubuk kacang adzuki dengan air hangat sampai menjadi pasta kental. Diamkan sampai suam-suam kuku kemudian aplikasikan pada wajah.

9. Lulur Wajah Stroberi

Untuk mencegah jerawat, melawan tanda-tanda penuaan, atau sekadar mencari cara alami untuk membersihkan kulit, gunakan eksfoliasi wajah stroberi. Resep sederhana dan mudah hanya menggunakan secangkir stroberi segar, 1/2 cangkir gula, dan 2 sendok makan minyak almond manis.

Strawberry sangat bagus karena mengandung asam salisilat yang merupakan bahan utama untuk melawan jerawat. Madu, kayu manis, dan lidah buaya juga baik untuk kulit. Gunakan hanya sekali atau dua kali seminggu, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif atau memiliki produk lain yang memiliki manfaat eksfoliasi.

10. Gel Lidah Buaya dan Lulur Wajah Gula

Gel lidah buaya dan gula dapat menghilangkan sel kulit mati secara efektif dan menampilkan kulit yang lebih sehat dan cerah tanpa membuat kulit menjadi kering. Lulur gula juga dapat mempercepat proses pembaharuan kulit, membuat kulit tampak lebih muda, dengan berkurangnya penampakan garis halus dan kerutan.

Campurkan dua sendok makan gel lidah buaya dengan gula putih dalam jumlah yang sama. Aduk hingga gula mulai mencair dan oleskan pada wajah dengan gerakan lembut, lalu bilas. Dokter menyarankan untuk mengoleskan eksfoliasi wajah gula tidak lebih dari sekali seminggu. 

10 cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami

Eksfoliasi wajah dengan bahan alami mempunyai banyak manfaat untuk kulit wajah. Simak apa saja manfaatnya dan cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami.

1. Menghilangkan sel kulit mati

Tubuh kita melepaskan kulit dan berganti setiap 40-56 hari, dan meskipun mereka mengelupas dengan sendirinya, kulit mati mungkin tidak terlepas dari tubuh kita dengan sendirinya. Dengan sedikit bantuan mekanis ekstra, kita dapat menggosoknya langsung untuk menyambut kulit baru ke permukaan.

2. Kulit yang bercahaya

Saat melakukan eksfoliasi dengan sarung tangan atau dengan eksfoliasi, kamu membuang sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Sel kulit baru yang sehat akan terlihat. Sel kulit baru yang sehat akan tampak cerah atau bercahaya.

Hal utama yang perlu diingat saat melakukan eksfoliasi adalah jangan menggosok terlalu keras, untuk menghindari rusaknya kulit dan pelindungnya. Tekanan lembut cukup dengan sarung tangan atau butiran yang sudah bertekstur.

Normal Hingga Kombinasi, Yuk Kenali Tipe Kulit Wajah dan Cara Mengenalinya

3. Kulit Lebih Rata

Ketika memiliki penumpukan kulit mati, corak kulitmu akan terlihat lebih jelas sebab kulit mati akan kehilangan dayanya dan menjadi gelap. Setelah pengelupasan kulit, kamu dapat melihat hasil warna kulit yang merata setelah penggunaan terus menerus. 

4. Peningkatan Penyerapan

Karena pengelupasan menghilangkan sel kulit mati pada kulit, bahan lain yang enyentuh kulit akan lebih mudah diserap. Pelembab hebat yang bisa kamu gunakan setelah pengelupasan kulit adalah minyak kelapa. Karena kulit mungkin sedikit teriritasi, minyak kelapa akan membantu menenangkan kulit.

5. Membuka pori-pori

Penumpukan kulit mati adalah akses mudah bagi pori-pori untuk tersumbat. Karena sel kulit mati menghalangi segalanya, pori-pori tidak mendapat kesempatan untuk “bernafas” dan mengeluarkan zat seperti minyak. 

Pori-pori yang tersumbat ini pada gilirannya menjadi komedo, komedo putih, dan jerawat. Dengan pengelupasan kulit secara teratur, kamu dapat menghindari masalah kulit tersebut.

6. Kurangi garis halus

Tidak melakukan eksfoliasi dapat membuat kulit kita menua. Hal ini disebabkan karena kulit mati dapat menyebabkan warna kulit kita terlihat kusam, tidak merata, serta mempertegas kerutan dan garis halus. Pengelupasan adalah cara yang bagus untuk menghilangkan efek ini. 

7. Peningkatan sirkulasi darah

Pengelupasan tidak hanya meningkatkan penampilan kulit, tetapi juga dapat meningkatkan sirkulasi darahmu. Gerakan menggosok seperti memutr akan merangsang kulit, memungkinkan sirkulasi yang lebih baik.

8. Kulit lebih halus

Mengelupas semua kulit mati yang tidak perlu dari wajah dan tubuh dapat membantu memperbaiki tekstur kulit. Ketidakrataan kulit disebabkan oleh kulit mati ekstra, jadi pengelupasan kulit dapat menyambut kulit baru ke permukaan, memungkinkan kulit halus bercahaya untuk mendorong kotoran keluar.

9. Sistem limfatik

Melalui sentuhan dan gerakan, sistem limfatik diaktifkan. Dengan pengelupasan, mekanis sistem limfatik dapat mulai melakukan tugasnya. Ini penting karena sistem limfatik mengatur jaringan, dan bekerja dengan sistem kekebalan untuk membuatmu tetap sehat.

10. Mencegah rambut tumbuh ke dalam

Pori-pori tersumbat karena kurangnya pengelupasan adalah salah satu penyebab utama rambut tumbuh ke dalam. Saat mengelupas dan menghilangkan lapisan atas kulit mati yang tidak perlu, kamu membiarkan rambut tumbuh dengan mudah.

Share artikel ini
Reference