10 Manfaat VCO untuk Wajah, Bisa Melembabkan Hingga Atasi Kerutan

Manfaat VCO untuk wajah atau Virgin coconut oil atau VCO sudah diakui sejak lama. VCO yang merupakan minyak kelapa murni punya banyak kandungan baik untuk kulit. 

Yuk, langsung intip sejumlah manfaat VCO untuk wajah berikut ini. 

Manfaat vco untuk wajah 

manfaat minyak vco untuk wajah

Berikut sejumlah manfaat VCO untuk wajah yang bisa kamu dapatkan.

1. Menghidrasi kulit

Minyak kelapa memiliki asam lemak rantai sedang yang berguna untuk mengatasi kulit kering dan mempertahankan kelembaban kulit. Ini sebabnya, mengapa banyak produk perawatan kulit dan bibir juga menggunakan kandungan minyak kelapa. 

2. Membantu melindungi kulit

Minyak kelapa juga dapat memberikan perlindungan pada kulit dari polusi, polutan dan paparan debu dan kotoran yang kamu hadapi tiap hari. 

3. Menghaluskan kulit

Dengan mengoleskan minyak kelapa ke kulit, wajah menjadi lebih halus dan lembut. Bahkan, minyak kelapa yang satu ini akan membantu memperbaiki tekstur kulit. Menggunakan minyak kelapa secara teratur akan membuat manfaatnya menjadi lebih maksimal.

4. Mengurangi garis halus dan kerutan

Manfaat VCO untuk wajah selanjutnya adalah mengurangi tanda penuaan. Penggunaan minyak kelapa secara teratur akan menghidrasi kulit, membuat kulit lebih lembut dan membuat garis halus dan kerutan berkurang.

Alami sampai Medis, Ini Deretan Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

5. Meningkatkan produksi kolagen

Menggunakan minyak kelapa atau VCO ini juga dapat membantu produksi kolagen. Ini karena VCO memiliki kandungan asam larut di dalamnya. Produksi kolagen sendiri dapat membuat kulit menjadi lebih kencang dan elastisitas kulit juga terjaga. 

6. Mengandung antioksidan

VCO memiliki komponen antioksidan dan fitonutrien yang berguna untuk menutrisi kulit dan mencegah munculnya berbagai tanda penuaan. Sehingga kulit menjadi tampak awet mudah dengan kekencangan kulit yang terjaga.

7. Melembabkan kulit kering

Untuk kamu yang memiliki kulit kering, kamu bisa menggunakan VCO secara teratur. Pasalnya, minyak kelapa ini dapat membuka lapisan kulit sehingga bisa melembabkan kulit dapat bertahan lebih lama. Dengan begitu, kulit juga terasa kenyal dan lembab. 

8. Bagus untuk exfoliasi

Melakukan exfoliasi juga penting untuk menjaga kebersihan kulit dan menyingkirkan kulit mati dan kotoran yang menumpuk di pori-pori. Kamu bisa mencampurkan VCO dengan gula sebagai bahan exfoliasi kulit. 

9. Menenangkan kulit yang teriritasi

Jika kulit ternyata mengalami iritasi, kamu bisa menggunakan minyak kelapa. Pasalnya, minyak ini dapat membantu meredakan ketidaknyaman pada kulit yang teriritasi sehingga kulit terasa lebih nyaman.

5+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi

10. Mengurangi Peradangan

VCO diketahui dapat mengatasi peradangan yang kerap terjadi pada orang dengan eksim, dermatitis kontak hingga psoriasis. Bahkan, pada sebuah penelitian yang terdapat dalam Pharmaceutical Biology menunjukan bahwa mengoleskan minyak kelapa pada tubuh hewan yang mengalami peradangan menunjukan bahkan minyak kelapa dapat mengurangi rasa nyeri dan memiliki efek anti radang.

Namun, penelitian ini hanya baru dilakukan pada hewan sedangkan untuk mengetahui efektivitasnya secara langsung perlu dilakukan penelitian terhadap manusia. 

Manfaat vco untuk kulit kering

manfaat vco untuk kulit kering
manfaat vco untuk kulit kering

Pemakaian VCO untuk kulit kering adalah salah satu bahan alami yang dapat mengatasi semua masalah kulit kering sekaligus. VCO adalah bahan perawatan kulit ajaib yang sarat dengan vitamin dan mineral yang dapat menyembuhkan kulit kering.

Kandungannya yang sangat menghidrasi bisa menembus sepuluh lapisan dalam kulit. Hal ini membuatnya sebagai cara ampuh untuk melembabkan kulit kering dan memberikan efek deep conditioning.

Cara pakai VCO untuk wajah

cara totok wajah di rumah

Setelah mengetahui manfaat VCO untuk wajah, kamu juga perlu tahu bagaimana cara menggunakan VCO yang tepat sehingga manfaatnya lebih maksimal. Sebenarnya, tidak sulit untuk menggunakan VCO. Kamu cukup oleskan minyak ini pada wajah secara menyeluruh.

Namun, untuk kamu yang baru pertama kali akan menggunakan minyak kelapa murni ini, baiknya jangan langsung mengoleskan pada wajah, ya. Saat pertama kali mencoba, kamu bisa cek reaksi kulit kamu terhadap penggunaan minyak kelapa murni.

Pasalnya, beberapa orang dapat mengalami iritasi akibat penggunaan minyak ini, apalagi jika kamu memiliki kulit sensitif.

Cara mengeceknya adalah dengan oleskan VCO dalam jumlah yang sedikit pada area tangan atau bagian tubuh lainnya. Jika tidak ada reaksi apapun, kamu bisa menggunakan minyak ini pada bagian wajah. 

Mengapa vco tidak boleh dibiarkan semalaman?

Manfaat VCO untuk wajah memang sangat banyak. Namun, jangan gunakan minyak kelapa murni ini semalaman. Pasalnya, meskipun VCO aman untuk digunakan pada wajah, tapi VCO sendiri bersifat comedogenic.

Ini artinya, jika digunakan terlalu lama, VCO dapat menyebabkan pori-pori menjadi tersebut dan justru memicu timbulnya jerawat. Apalagi, jika kulit kamu sedang berminyak dan kerap mengalami jerawat.

Share artikel ini
Reference