manfaat kopi untuk wajah

manfaat kopi untuk wajah

Kopi merupakan minuman yang sangat populer di seluruh dunia. Tidak hanya karena rasanya yang enak, tetapi juga karena kandungan kafein yang dapat memberikan kita peningkatan energi saat meminumnya.

Namun, tahukah kamu bahwa kopi juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah?

Salah satu manfaat kopi untuk wajah adalah sebagai exfoliator alami.

Sebab, kandungan asam klorogenat dalam kopi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit, sehingga wajah akan terlihat lebih halus dan lembut. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat menarik lainnya kalau menggunakan kopi pada wajah. Yuk, bahas selengkapnya di bawah ini.

Lantas, apa saja manfaat kopi untuk wajah?

Bila kamu ingin menggunakan masker alami dari kopi untuk perawatan wajah, ini dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan.

  • Mengurangi selulit

Manfaat kopi pertama yaitu dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit wajah.

Kandungan kafein dalam kopi dianggap sebagai kunci pengurangan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. 

Pada akhirnya, kopi ini dapat membantu mengurangi munculnya selulit. Metode perawatan kulit ini dianggap paling baik digunakan melalui lulur kopi karena eksfoliasi juga dapat menghaluskan kulit dan memberikan tampilan warna kulit wajah yang lebih merata.

  • Menenangkan kulit wajah

Kopi mengandung antioksidan yang dapat memberikan efek menenangkan jika dioleskan secara topikal pada wajah.

  • Mengatasi penuaan dini

Bila kamu menggunakan masker kopi langsung di kulit wajah, kamu dapat membantu mengurangi munculnya bintik matahari, kemerahan, dan garis halus, sehingga bisa mengatasi masalah penuaan dini.

  • Mengatasi kanker kulit

Kopi kaya akan vitamin B3 atau niasin karena ada pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelin. Sebab, trigonelin terurai menjadi niasin setelah biji kopi dipanggang.

Melansir dari Skin Cancer Foundation, niasin dapat membantu mencegah kanker kulit non melanoma.

  • Mengurangi peradangan

Efek anti-inflamasi dapat kamu kaitkan dengan asam klorogenat (CGA) serta melanoidin yang ada di dalam kopi. CGA juga dikaitkan dengan pengurangan hiperpigmentasi yang mungkin berhubungan dengan peradangan.

  • Mengobati jerawat

Manfaat kopi lainnya untuk wajah adalah mengobati jerawat. Dalam kasus luka atau infeksi kulit yang sering terjadi, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu mengatasi masalah dari pertumbuhan bakteri yang berbahaya. 

Sebab, CGA dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Jika dikombinasikan dengan pengelupasan alami bubuk kopi, semua manfaat ini secara kolektif dapat melawan jerawat.

  • Mengatasi lingkaran hitam mata

Punya lingkaran hitam tepat di bawah mata? Nah, manfaat kopi untuk wajah ini juga mengobati lingkaran hitam yang membandel di bawah mata.

Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi dapat membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi pada lingkaran hitam.

  • Mengobati kulit yang terbakar sinar matahari

Tentu, dari manfaat utama kopi yang dapat menenangkan kulit wajah, kamu dapat menggunakannya untuk mengobati kulit yang terbakar sinar matahari. Dengan begitu, kulit pun akan lebih tenang.

Cara pemakaian kopi untuk wajah

Dengan segudang manfaat kopi untuk wajah di atas, siapa yang tidak tertarik untuk menggunakan kopi sebagai bahan perawatan alami, bukan? 

Bila kamu ingin coba mulai memakai kopi pada kulit wajah, ini dia langkah mudah yang dapat dilakukan.

  • Campurkan minyak zaitun dan bubuk kopi dengan perbandingan yang sama.
  • Oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar.
  • Diamkan masker selama 15 hingga 60 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat. 
  • Pakai masker ini hingga tiga kali per minggu untuk hasil yang maksimal.

Dengan melihat semua manfaat yang dapat diperoleh dari kopi untuk kesehatan dan kecantikan wajah, tidak salah jika kopi dianggap sebagai salah satu bahan alami yang sangat berguna.

Selain dapat digunakan sebagai minuman, kopi juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar dari berbagai produk perawatan wajah untuk menjaga kulit tetap sehat, bercahaya, dan terbebas dari berbagai masalah, seperti noda hitam dan bekas jerawat. 

Jadi, jangan ragu untuk mencoba produk perawatan wajah yang mengandung kopi agar kamu dapat merasakan manfaatnya secara langsung di rumah.

Share artikel ini
Reference