manfaat masker lidah buaya untuk wajah

manfaat masker lidah buaya untuk wajah

Lidah buaya atau Aloe vera pasti tidak asing lagi dalam dunia perawatan kulit, terutama wajah. 

Ekstrak lidah buaya banyak digunakan dalam bahan pembuatan gel atau masker wajah yang diformulasikan dengan komposisi lain. 

Selain membeli produk kecantikan yang mengandung lidah buaya, kamu juga bisa membuat maskernya sendiri dari rumah. 

Tanaman ini adalah obat tradisional yang digunakan dalam budaya kuno Yunani, Cina, Mesir, India, dan Romawi. 

Namun, saat ini lidah buaya telah banyak digunakan oleh masyarakat umum, pengobatan tradisional, dan beberapa ahli kesehatan untuk gangguan kulit. 

Berdasarkan pernyataan informasi kesehatan lidah buaya dalam National Center of Complementary and Integrative Health, lidah buaya dapat digunakan secara topikal (dioleskan ke kulit) dan secara oral (dikonsumsi). 

Lidah buaya dapat dijadikan masker wajah untuk menyejukkan kulit dan mengatasi masalah kulit wajah lainnya. 

Apa saja manfaat masker lidah buaya untuk wajah? 

Lidah buaya atau disebut juga Aloe barbadensis, adalah tanaman hijau yang banyak dibudidayakan dan tumbuh liar di iklim panas dan kering. 

Lidah buaya bersifat menyejukkan, melembabkan kulit sehingga dapat mengobati luka bakar ringan, iritasi kulit ringan, jerawat, gigitan serangga, lecet, penuaan kulit, eksim, dan psoriasis. 

Penggunaan lidah buaya secara topikal dapat mengatasi jerawat, ruam, gatal, luka bakar, dan toksisitas kulit akibat radiasi. 

Sedangkan penggunaan lidah buaya secara oral dapat menurunkan berat badan, mengobati diabetes, hepatitis, dan penyakit radang usus. 

Lidah buaya adalah tanaman mirip kaktus yang tumbuh di daerah gurun di seluruh dunia. Daunnya menghasilkan gel yang kaya akan vitamin A, C, E, dan B12. 

Berikut ini adalah informasi tentang manfaat masker lidah buaya untuk wajah: 

  • Memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Sifat ini dapat mengurangi rasa sakit, bengkak, dan nyeri pada luka atau cedera. 
  • Mendukung produksi dan pelepasan kolagen. Lidah buaya dapat memperlambat penuaan kulit serta membantu mempertahankan kelembaban dan meningkatkan integritas kulit yang sangat bermanfaat bagi tipe kulit kering. 
  • Mempercepat waktu penyembuhan luka. Studi eksperimental dalam National Library of Medicine menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi waktu penyembuhan luka bakar sekitar 9 hari dibandingkan dengan pengobatan konvensional serta membantu mencegah kemerahan, gatal, dan infeksi. 
  • Efektif mengobati infeksi jamur dan bakteri. Gel lidah buaya mengandung zat polifenol. Polifenol bersama dengan beberapa senyawa lain dalam lidah buaya membantu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang dapat menyebabkan infeksi. 
  • Memiliki efek antioksidan yang kuat. Hal ini dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan wajah akibat sinar matahari dan memperlambat proses penuaan kulit.
  • Melindungi kulit dari efek terapi radiasi. Ekstrak tanaman lidah buaya muda berpotensi menjaga kesehatan kulit dan melindungi kulit dari radiasi karena terapi kanker atau terapi medis lainnya. 
  • Melembabkan, menyejukkan, dan menghidrasi kulit. Lidah buaya kaya akan vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan untuk kesehatan kulit. 
  • Membantu membuat kulit lebih lentur dan kenyal. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat meningkatkan kelenturan dan mengurangi kerapuhan kulit karena 99% komposisinya adalah air. 
  • Memiliki efek menyejukkan pada kulit. Karena kandungan air yang melimpah pada lidah buaya, evaporasi yang terjadi dapat memberi sensasi dingin meskipun zat dan nutrisinya terserap oleh kulit. 

Bagaimana cara pakai masker lidah buaya untuk wajah? 

Salah satu sumber terpercaya dari National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) menyatakan bahwa penggunaan lidah buaya secara topikal (di permukaan kulit) kemungkinan besar aman dilakukan. 

Saat membeli produk masker lidah buaya, hindari produk dengan bahan tambahan, seperti alkohol atau bahan kimia lainnya. 

Hal ini dapat mengurangi manfaat masker lidah buaya untuk wajah dan mungkin memiliki efek yang berbahaya. 

Jika ingin mencoba membuat gel atau masker lidah buaya sendiri, kamu dapat memeliharanya di dalam rumah. 

Tanaman lidah buaya tersedia di toko tanaman lokal atau toko online. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengekstrak gel lidah buaya mentah dari daun tanaman: 

  • Gunakan pisau tajam untuk memotong pangkal daun lidah buaya sedekat mungkin dari akar 
  • Bilas daun dan keringkan 
  • Letakkan bagian yang dipotong mengarah ke dalam mangkuk dan biarkan sekitar 15 menit agar lateks lidah buaya berwarna kuning mengalir keluar. Lateks ini perlu dibuang karena memiliki sifat pencahar dan mungkin tidak cocok untuk kulit 
  • Potong bagian ujung daun yang runcing dan tiriskan kembali lateks jika diperlukan
  • Potong tepi kedua sisi yang bergerigi 
  • Iris lapisan luar atas daun lidah buaya, maka akan terlihat bagian dalam daun seperti jeli transparan. Iris kembali gel tersebut dengan pisau yang tajam. Kamu harus berhati-hati karena bagian ini memiliki tekstur yang licin dan halus. 
  • Angkat gel dengan hati-hati menggunakan sendok atau pisau 
  • Bilas gel sekilas untuk membersihkannya dari residu 
  • Potong gel dalam ukuran yang lebih kecil dan tempatkan dalam wadah tertutup dan simpan dalam lemari es selama 2 minggu. 
  • Selalu lakukan uji alergi (patch test) sebelum mengoleskan lidah buaya ke wajah. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit gel ke bagian pergelangan tangan dan tunggu selama 24 jam. 
  • Jika kulit mulai terasa gatal, membengkak, atau berubah warna jangan mengoleskan lidah buaya ke wajah. 

Cara pakai masker atau gel lidah buaya yang sudah dibuat tadi adalah:

  • Oleskan pada wajah secara merata.
  • Biarkan selama 10 menit. (Usahakan tidak lebih dari 20 menit, karena akan menghilangkan efek pelembab)
  • Bilas dengan air bersih dan lap wajah sampai kering.

Selain digunakan sebagai masker wajah, kamu juga dapat menggunakannya sebagai alternatif produk perawatan kulit lain, yaitu: 

  1. Pembersih wajah 

Setelah mencuci tangan, gunakan ujung jari untuk mengoleskan sedikit gel ke wajah. Bersihkan wajah dengan gerakan memutar. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

  1. Toner kulit 

Untuk membuat toner kulit lidah buaya, campurkan air dan gel lidah buaya dengan rasio 2:1. Tuang ke dalam botol bersih kedap udara dan simpan di lemari es. Kocok sebelum mengoleskan toner ke wajah menggunakan kapas. 

Share artikel ini
Reference