Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidu

Kesulitan bernafas karena hidung tersumbat dapat membuat kamu sulit untuk tertidur. Mungkin sebagian dari kamu tidak bisa tidur karena mengalami masalah ini. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi sekarang. Sebab, ada berbagai cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa kamu coba.

Memang, tidur merupakan kebutuhan dasar manusia untuk memulihkan diri dari berbagai aktivitas. Namun, terkadang pilek dan hidung tersumbat saat flu seringkali membuat posisi tidur kamu serba salah. Akibatnya, kualitas tidur kamu terganggu.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa gangguan pernapasan bagian atas terbukti mengganggu kualitas tidur yang dapat berdampak pada masalah kesehatan, termasuk gangguan fungsi kognitif dan depresi.

Berikut berbagai cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur yang bisa langsung kamu praktikkan!

Hidung tersumbat saat tidur karena apa?

Hidung tersumbat sering terjadi karena infeksi virus, misalnya pada pilek dan flu; reaksi alergi, serta iritasi. Penyebab tersebut bisa memicu reaksi peradangan yang dapat menimbulkan gejala.

Ketika peradangan terjadi, pembuluh darah di rongga hidung menjadi besar atau melebar, jaringan disekitarnya menjadi bengkak sehingga menghalangi aliran udara. Keluhan lain yang menyertai termasuk; hidung gatal yang memicu bersin, dan produksi lendir atau lendir menjadi lebih aktif.

Umumnya kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya, namun jika hidung tersumbat tidak kunjung hilang dalam waktu 1 minggu, maka penyebabnya bisa berupa sinusitis akut, udara kering, perubahan hormonal, asma, kehamilan, stres, gangguan tiroid, asap rokok, atau yang lain.

Ada juga hidung tersumbat yang kronis, hal ini bisa terjadi karena polip atau tumor. Untuk mengatasi hidung tersumbat seperti ini, maka sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter.

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur secara alami

obat diet alami

Berikut berbagai cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi hidung tersumbat, antara lain:

1. Tinggikan posisi kepala

Seperti yang telah dijelaskan bahwa pelebaran pembuluh darah merupakan penyebab utama hidung tersumbat. Darah adalah cairan, tentu saja akan terpengaruh oleh gaya gravitasi.

Agar darah tidak banyak terkumpul di area hidung, tinggikan kepala saat berbaring. Cara sederhana ini akan membuat tidur kamu nyaman, karena terbebas dari hidung tersumbat.

2. Uap Panas

Menghirup uap panas adalah cara yang cukup populer untuk meredakan hidung tersumbat. Hal ini karena uap panas bekerja seperti ekspektoran alami sehingga dapat membersihkan dan melumasi saluran pernapasan yang teriritasi.

Praktiknya mudah, cukup rebus sepanci air, tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau kayu putih, lalu hirup uapnya selama 10 menit. Saat menghirup uap panas, lakukan 2-4 kali sehari, dan jaga jarak antara kepala dan air agar tidak terlalu dekat.

Jangan lupa untuk menyebarkan handuk di atas kepala kamu untuk menjebak uap panas. Menghirup uap dari pelembab udara atau mandi air panas juga dapat meredakan hidung tersumbat.

Meski sederhana dan relatif alami, cara ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 12 tahun karena risiko luka bakar. Larangan serupa juga berlaku bagi ibu hamil, penderita hipertensi, gangguan jantung, dan sistem saraf pusat.

3. Kompres Hangat

Menerapkan kompres hangat ke lubang hidung dapat membantu membersihkan hidung tersumbat karena saluran udara terbuka. Suhu hangat akan meredakan peradangan dan dapat mengencerkan lendir.

4. Minum lebih banyak air

Air mineral dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi sekaligus membantu mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dengan demikian saluran udara di hidung dapat dibersihkan lebih cepat.

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur secara cepat

penyebab hidung tersumbat

Jika cara alami mengatasi hidung tersumbat belum berhasil, kamu juga bisa mencoba cara yang lebih cepat. Berikut caranya:

1. Minyak Kayu Putih

Berkat sifat dekongestan dan anti-inflamasinya, minyak kayu putih juga efektif melawan hidung tersumbat dan batuk. Kamu cukup menambahkan 3-5 tetes minyak kayu putih ke dalam air mendidih.

Gunakan handuk untuk menutupi kepala dan hirup uap panas secara perlahan melalui hidung selama 2 menit saja. Tutup mata kamu saat melakukannya 2 kali sehari.

Kamu juga bisa mengoleskan 1-2 tetes minyak kayu putih ke saputangan bersih (atau sarung bantal) dan hirup aromanya. Saat mandi, tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air, sekali sehari.

2. Minum obat flu (dekongestan)

Obat dekongestan bekerja untuk meredakan hidung tersumbat, tersedia dalam bentuk pil dan semprot. Zat aktif yang digunakan antara lain Pseudoephedrine, Phenylpropanolamine, dan sebagainya.

Cara kerja obat ini dalam menghilangkan hidung tersumbat adalah dengan cara mengecilkan pembuluh darah, sehingga sumbatan hidung akibat pelebaran pembuluh darah bisa dihilangkan.

Namun obat ini memiliki efek samping meningkatkan tekanan darah, jadi jangan minum obat dalam bentuk pil jika kamu memiliki hipertensi, tetapi kamu tetap bisa menggunakan sediaan semprot yang hanya memiliki efek lokal (hidung saja). Penggunaan obat ini tidak boleh lebih dari 3 hari tanpa pengawasan dokter.

3. Antihistamin

Jika alergi menjadi penyebab hidung tersumbat, maka kamu memerlukan obat alergi yang mengandung antihistamin. Kandungan ini juga dapat ditemukan pada obat demam.

4. Vicks VapoRub

Vicks VapoRub adalah produk dekongestan yang bisa dibeli di apotek. Bahan aktif balsem seperti kapur barus, minyak kayu putih, dan mentol dapat meredakan hidung tersumbat.

Kamu bisa mengoleskan balsem ini di dada, punggung, dan tenggorokan kamu sebelum tidur untuk bernapas lebih mudah dan tidur lebih nyenyak. Jangan gunakan balsem ini untuk anak di bawah usia 2 tahun.

Sebenarnya, cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur kamu bisa mulai dari langkah sederhana seperti mengangkat kepala, kompres hangat, terapi uap panas, kompres hangat, dan istirahat yang cukup.

Share artikel ini
Reference