ramuan tradisional untuk menghentikan haid

Apakah kamu pernah mengalami siklus yang berkepanjangan dan mengeluarkan darah menstruasi yang banyak? Memang ada beberapa penyebab menstruasi menjadi lebih panjang dan darah lebih banyak. Untuk menghentikan darah haid berlebih, diatasi dengan berbagai cara alami seperti minum ramuan tradisional.

Ada beberapa jenis ramuan tradisional yang dapat menghentikan darah haid. Kira-kira apa sajakah itu? Yuk simak dan lakukan jika siklus kamu tiba-tiba berubah menjadi lebih panjang.

Apakah minum ramuan tradisional aman hentikan darah haid?

Seorang wanita yang mengalami haid berlebihan atau lebih panjang disebut dengan menorrhagia. Kondisi ini dapat menyebabkan wanita mengalami haid yang lebih lama dan lebih banyak hingga 80 ml.

Normalnya wanita hanya mengeluarkan darah mens saat haid yaitu sekitar 30-40 ml saja. Menstruasi ini juga sering dialami dengan nyeri yang parah.

Ramuan tradisional menghentikan darah haid bisa dipakai sebagai cara aman namun tidak langsung akan memberikan efek penyembuhan. Butuh waktu 1-3 hari agar haid dapat dihentikan.

Namun jika dengan cara alami atau ramuan haid masih tetap berlangsung dan malah semakin banyak, itu pertanda kamu perlu segera menghubungi dokter ya, ladies.

Apa itu Hipomenorea? Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya!

Cara menghentikan perdarahan berlebih

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan perdarahan dengan cara alami, yaitu:

  • Terhidrasi. Pendarahan hebat saat menstruasi dapat menyebabkan dehidrasi. Tetap perbanyak minum 4-6 air lebih banyak agar volume air dan darah tetap dapat mencukupi kebutuhan tubuh.
  • Minum larutan. Elektolit mempunyai sifat seperti yang dapat mengurangi kekurangan cairan di dalam tubuh karena haid yang lebih lama dan panjang.
  • Konsumsi vitamin c. Konsumsi vitamin c agar tubuh dapat menyerap zat besi dengan baik dan mencegah anemia. Vitamin c dapat ditemukan pada sayuran hijau, jeruk, stroberi, kubis brussel, tomat, brokoli, kiwi dan sebagainya.
  • Perbanyak zat besi. Zat besi akan banyak berkurang saat menstruasi terlalu banyak dan panjang. Perbanyak kembali zat besi sehingga dapat membantu tubuh kembali memproduksi hemoglobin dan molekul darah merah yang membawa oksigen.
  • Tambahan suplemen harian. Konsumsi suplemen penambah darah atau vitamin lain yang dapat mengatasi pendarahan dan diskusikan dengan dokter jenis suplemen apa yang terbaik untuk kamu konsumsi.

Selain menggunakan cara di atas, apa saja jenis ramuan tradisional yang dapat dipakai untuk menghentikan menstruasi?

7 ramuan tradisional menghentikan darah haid

Ramuan tradisional menghentikan darah haid termasuk aman untuk dikonsumsi asal tetap memenuhi kebutuhan harian dan konsumsinya tidak berlebihan. Perhatikan bahan makanan tertentu jika dapat memicu alergi, sebaiknya ganti dengan bahan lain. 

Beberapa rekomendasi ramuan untuk menghentikan perdarahan menstruasi antara lain:

1. Teh adas

Teh adas dipercaya sebagai pereda menstruasi sejak dulu. Rempah ini dapat menjaga kelancaran haid dan meringankan pendarahan.

Terdapat jurnal penelitian teh adas dalam An International Quarterly Journal of Research in Ayurveda yang mengungkap manfaat atas untuk mengatasi nyeri dan meredakan aliran darah menstruasi. 

Cara membuatnya juga sangat mudah:

  • Siapkan biji adas secukupnya
  • Tuang air hangtag
  • Tunggu 10-15 menit
  • Saring air dan siap dikonsumsi segera

2. Teh kayu manis

Apakah kamu suka kayu manis ladies? Ramuan tradisional ini menjadi salah satu rempah untuk meredakan gejala menstruasi yang berlebihan.

Sejumlah peneliti pada Complementary Therapy in Clinical Practice menerbitkan jurnal terhadap wanita yang mengkonsumsi kayu manis dalam 3 hari terbukti lebih meredakan nyeri pada saat menstruasi.

Kayu manis juga dapat meredakan aliran darah sehingga haid dapat segera berhenti, mengurangi mual dan muntah serta dipercaya sebagai pengobatan alami yang efektif untuk berbagai masalah wanita. 

Cara membuat ramuannya cukup mudah, yaitu:

  • Siapkan 1 batang kayu manis
  • Tuang air hangat
  • Tunggu teh kayu manis 10-15 menit
  • Teh dapat langsung dikonsumsi dengan atau tanpa tambahan bahan

Manfaat Tak Terduga Teh Saffron Untuk Kesehatan Wanita

3. Teh jahe

Jahe menjadi salah satu rempah dengan segudang manfaat untuk kesehatan. Zat dalam jahe yang berupa zat prostaglandin dapat mengatasi nyeri haid dan berperan dalam sistem reproduksi wanita. 

Teh jahe bisa menjadi ramuan tradisional menghentikan darah haid. Teh jahe yang sudah direbus dapat diminum 2-3x dalam sehari untuk mengurangi aliran menstruasi. 

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu:

  • Siapkan beberapa ruas jahe
  • Didihkan air
  • Rebus jahe selama 10 menit
  • Biarkan teh jahe dingin, saring
  • Tambahkan 1 sendok madu atau lemon

Ternyata Ini Manfaat Jahe Merah untuk Wanita? Kulik Ulasannya Berikut!

4. Cuka sari apel

cuka sari apel

Cuka sari apel diketahui dapat meredakan aliran darah haid sehingga cepat berhenti dengan cara menghilangkan racun dan menjaga hormon tetap seimbang.

Cuka sari apel ini dapat dikonsumsi dengan dosis wajar 2-3x sehari saat menstruasi sudah terlalu lama.

Cara membuatnya yaitu dengan:

  • Sediakan 1 sdm cuka sari apel
  • Tuang air hangat
  • Minum segera teh cuka sari apel

5. Cemara

Ramuan tradisional untuk menghentikan darah haid selanjutnya adalah cemara. Cemara dikenal sebagai salah satu obat tradisional jika kehilangan darah dalam jumlah besar. Cemara dapat mendukung pembekuan darah jika digunakan dengan benar.

Cemara dapat menyimpan darah di pembuluh darah yang rusak dan ramuan astringen yang dapat menyempitkan jaringan untuk mengurangi kehilangan darah.

6. Daun raspberry merah

Daun ini dikenal sebagai superstar untuk Kesehatan wanita ramuan dengan kandungan astringen dan tonik Rahim ini dapat mengencangkan otot Rahim.

Daun ini juga sumber zat besi yang baik untuk wanita yang sering mengalami perdarahan yang banyak saat menstruasi.

5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

7. Kompres dingin

Kompress dingin bisa menjadi cara alami untuk menghentikan haid. Lakukan kompres es batu di handuk dan compress di perut selama 10-15 menit.

Cara alami ini meskipun bukan dengan dikonsumsi dapat menurunkan aliran darah dan nyeri saat menstruasi.

Meskipun masih dalam berbagai penelitian menyeluruh, beberapa cara dan ramuan diatas dapat dilakukan saat kamu mendapati siklus menstruasi yang terlalu lama atau banyak sehingga akan lebih meringankan. Lalu apa yang menjadi sebab menorrhagia?

Apa saja penyebab menstruasi berkepanjangan

Menstruasi bisa menjadi panjang dan banyak tidak dapat diketahui penyebabnya secara pasti. Namun ada beberapa hal yang dapat memengaruhi siklus menjadi lebih panjang, yaitu:

  • Gangguan fungsi pada ovarium. Gangguan fungsi ini akan menyebabkan hormon estrogen dan progesteron tidak seimbang. Padahal hormon ini akan mengatur menstruasi sehingga bisa normal seperti biasanya.
  • Radang panggul. Penyakit ini dapat menyebabkan perdarahan berlebihan pada saat menstruasi. Radang panggul disebabkan infeksi pada organ reproduksi sehingga memicu peradangan.
  • Endometriosis. Pertumbuhan jaringan pada lapisan rahim yang tumbuh diluar rahim ini dapat menyebabkan nyeri haid parah dan haid bisa lebih panjang serta lama tidak seperti kondisi haid normal.
  • Hormon tidak seimbang. Hormon yang tidak seimbang menyebabkan siklus haid menjadi tidak normal sehingga jaringan rahim mengeluarkan darah berlebihan dan berkepanjangan.

Ramuan tradisional menghentikan darah haid umumnya digunakan hanya untuk meredakan gejala dna menghentikan pendarahan meskipun tidak langsung terasa dampaknya. Segera konsultasikan dengan dokter jika dirasakan gejala lain yang menyertai siklus haid panjang dan perdarahan lebih banyak.

Share artikel ini
Reference