air mawar

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan salah satu skincare air mawar. Biasanya skincare ini digunakan sebagai campuran masker wajah atau sebagai toner setelah mencuci wajah.

Air mawar sudah umum digunakan dalam bahan kosmetik yang beredar di pasaran. Air mawar mempunyai segudang manfaat yang dapat merawat kecantikan kulit. Namun, tahukah kamu apa saja itu? Nah, sebelum mencoba menggunakannya, yuk simak informasinya berikut ini!

Apa itu air mawar?

Air mawar adalah ekstrak bunga mawar yang dibuat dengan menyuling kelopak mawar dengan uap. Air mawar harum, dan terkadang digunakan sebagai wewangian alami ringan sebagai alternatif parfum yang mengandung bahan kimia.

Air mawar telah digunakan selama ribuan tahun yang diperkirakan berasal dari tempat yang sekarang disebut Iran. Air mawar telah digunakan secara tradisional di kedua produk kecantikan dan produk makanan atau minuman. Air mawar juga dilengkapi dengan banyak manfaat kesehatan. 

Baca juga: Apa Itu Face Mist? Ini Cara Memilih dan Menggunakannya! 

12 manfaat air mawar untuk wajah

Berikut ini beberapa manfaat air mawar yang bisa kamu dapatkan jika rutin menggunakannya!

1. Membantu menenangkan iritasi kulit

Salah satu manfaat terbesar dari air mawar adalah sifat anti-inflamasi yang kuat. Sifat-sifat ini dapat membantu mengobati berbagai penyakit, baik internal maupun eksternal. Bahkan dapat membantu menenangkan iritasi eksim atau rosacea.

2. Mengurangi kemerahan pada kulit

Air mawar telah digunakan sebagai produk kecantikan selama ribuan tahun, sehingga tidak mengherankan jika air mawar dapat memperbaiki warna kulit dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Sifat antibakteri dapat membantu mengurangi jerawat karena kandungan anti-inflamasinya dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

3. Membantu mencegah dan mengobati infeksi

Air mawar memiliki sifat antiseptik yang kuat, yang dapat mencegah dan mengobati infeksi. Karena itu, air mawar sering dimasukkan dalam berbagai pengobatan alami dan obat-obatan.

Satu studi bahkan menemukan bahwa ketika air mawar digunakan dalam obat tetes mata untuk mengobati kasus konjungtivitis, sifat antiseptik dan analgesiknya membantu dalam mengobati penyakit mata.

4. Mengandung antioksidan

Manfaat air mawar untuk wajah selanjutnya adalah sebagai antioksidan. Kelopak mawar dan minyak mawar mengandung sejumlah antioksidan kuat, yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan.

Salah satu studi menemukan bahwa antioksidan ini memiliki potensi efek penghambatan peroksidasi lipid yang memberikan perlindungan sel yang kuat sebagai hasilnya.

5. Menyembuhkan luka, bekas luka, dan luka bakar

Air mawar memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Sifat-sifat ini dapat membantu membersihkan dan melawan infeksi pada luka dan luka bakar.

Air mawar juga dapat membantu luka, luka bakar, dan bahkan bekas luka sembuh lebih cepat.

6. Memiliki sifat anti-penuaan

Puasa skincare

Air mawar sering ditemukan dalam produk kecantikan yang bertujuan untuk mengurangi kerutan. Itu karena mungkin sebenarnya memiliki efek anti-penuaan.

Selain menenangkan kulit yang teriritasi, air mawar juga dapat mengurangi munculnya kerutan saat dioleskan.

Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Tubuh

Selain manfaat air mawar untuk kesehatan wajah, ternyata air mawar juga memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Berikut ini beberapa manfaatnya!

7. Meningkatkan suasana hati

cara mengatasi mood swing saat haid

Air mawar memiliki sifat antidepresan dan anti-kecemasan yang cukup kuat. Sebuah studi 2011 menemukan bahwa ekstrak kelopak mawar dapat mengendurkan sistem saraf pusat pada tikus. Hal ini mengakibatkan efek antidepresan dan anti-anxiety.

8. Meredakan sakit tenggorokan

Dokter sering meresepkan antibiotik untuk sakit tenggorokan, tetapi alternatifnya kamu mungkin ingin mencoba air mawar juga. Air mawar secara tradisional telah digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan.

9. Meredakan sakit kepala

Air mawar dan minyak esensial mawar biasanya digunakan dalam aromaterapi untuk membantu meredakan sakit kepala. Ini mungkin karena efek penghilang stres yang dibahas di bagian di atas.

Satu studi menemukan bahwa uap air mawar dapat menenangkan sakit kepala. Pilihan lainnya adalah dengan mengoleskan kompres yang direndam dalam air mawar ke kepala selama 45 menit untuk hasil yang positif.

10. Menenangkan masalah pencernaan

masalah pencernaan

Dalam pengobatan tradisional, air mawar telah digunakan untuk membantu pencernaan dan mengurangi gangguan pencernaan.

Menurut sebuah studi tahun 2008, ada beberapa bukti bahwa air mawar dapat secara positif mempengaruhi pencernaan dan meredakan gangguan pencernaan.

Air juga dapat meningkatkan sekresi empedu, yang selanjutnya dapat membantu pencernaan.

11. Bahan obat tetes mata

Dalam bentuk cairnya air mawar dapat digunakan sebagai bagian dari obat tetes mata dan telah terbukti memiliki manfaat yang sangat baik bagi penderita masalah mata.

Di antaranya seperti konjungtivitis xerosis konjungtiva, atau mata kering, dakriosistitis akut, kondisi degeneratif, seperti pterigium atau pinguecula, katarak.

Namun, sebelum menggunakannya pastikan air mawar yang kamu gunakan memang murni tanpa adanya bahan tambahan yang berbahaya, seperti alkohol dan lainnya.

12. Pencernaan

Mengonsumsi air mawar juga telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada sistem pencernaan. Ia bekerja dengan meningkatkan aliran empedu, yang membantu gejala keluhan umum, termasuk kembung dan sakit perut.

Air mawar dapat meningkatkan jumlah air dalam tinja dan frekuensi pergi ke toilet, menjadikannya pengobatan yang baik untuk sembelit.

Cara membuat air mawar sendiri

manfaat air mawar untuk wajah

Kamu dapat mengolah sendiri air mawar dengan metode perebusan yang bisa dibilang cara termudah untuk dilakukan dan disimpan lebih lama.

Perlengkapan yang kamu butuhkan mencakup:

  • 2-3 cangkir kelopak mawar segar, dibilas dan dibersihkan
  • panci atau panci lebar
  • saringan
  • botol atau toples semprot kaca
  • 1/2 galon air suling

Langkah-langkah merebus kelopak mawar:

  • Masukkan kelopak mawar yang telah dicuci bersih ke dalam panic
  • Tambahkan air suling secukupnya untuk menutupi kelopak. Jangan menambahkan terlalu banyak air karena akan menjadi terlalu cair.
  • Letakkan panci di atas kompor dengan api kecil.
  • Tutup panci dengan penutup dan biarkan mendidih selama 30-45 menit.
  • Didihkan sampai kelopak kehilangan warnanya.
  • Biarkan air mawar benar-benar dingin.
  • Saring airnya ke dalam botol semprot atau toples.
  • Dinginkan dan gunakan hingga satu bulan.
Share artikel ini
Reference