manfaat daun sirsak

Ladies, apakah kamu penyuka buah sirsak? Buah ini dikenal sangat lezat bila dimakan langsung atau di jus. Ternyata tidak buahnya saja lho, manfaat daun sirsak untuk wanita juga beragam dan bisa kamu jadikan camilan lezat di rumah.

Buah tropis dengan nama ilmiah Annona Muricata ini mempunyai bentuk hati, berukuran besar dan bergerigi pada bagian luar.

Daging buah sirsak empuk, juicy dan mempunyai biji besar di dalam buahnya. Ketahui apa saja manfaat dari daun sirsak dalam kesehatan yang terangkum dalam ulasan kali ini!

20 Manfaat daun sirsak untuk kesehatan

Tidak hanya cocok dijadikan campuran es buah, es krim atau dimakan langsung, sirsak juga mempunyai manfaat mulai dari buah, kulit, daun dan pohonnya. Simak apa saja manfaat daun sirsak untuk kesehatan seperti dibawah ini:

1. Meningkatkan kesehatan mata

menjaga kesehatan mata

Antioksidan dalam daun sirsak seperti vitamin c dan e, beta karoten pada tanaman ini dapat meningkatkan kesehatan mata sehingga sering dikonsumsi baik dalam bentuk jus buah sirsak atau meminum rebusan daun sirsak.

2. Melawan kanker

Kandungan acetogenin dalam daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Cara kerja daun ini seperti pengobatan kemoterapi dan menghambat pembelahan dna pada sel kanker. Jika pembelahan dihambat, maka kanker dapat dicegah dan disembuhkan.

3. Melawan peradangan

Manfaat peradangan ini masih diteliti lebih lanjut namun diketahui bahwa daun sirsak dapat meredakan peradangan seperti radang sendi karena efek analgesik dalam daun penuh manfaat ini.

4. Merawat infeksi

Sirsak dapat membantu merawat infeksi karena bakteri parasite. Bakteri ini ditularkan oleh gigitan kutu pasir. Daun dari pohon sirsak diketahui dapat mengobati berbagai macam infeksi dan merawatnya hingga sembuh kembali.

5. Membantu pengobatan diabetes

Mengurangi diabetes

Ekstrak air rebusan daun sirsak dapat menghambat dan mencegah kerusakan oksidatif yang biasanya menyerang pasien dengan diabetes.

Dalam sebuah penelitian di nigeria, daun sirsak diketahui mengandung anti-diabetes sehingga air rebusan daun sirsak dapat dimanfaat untuk membantu pengobatan penyakit ini.

6. Membantu meningkatkan ginjal dan hati

Ekstrak daun sirsak diketahui mempunyai kandungan acetogenins sehingga dapat membunuh sel ganas dari 12 jenis kanker, salah satunya yaitu kanker hati.

7. Meningkatkan kesehatan pernapasan

Penelitian di nigeria menyatakan bahwa daun sirsak dapat membantu meningkatkan kesehatan pernapasan dan meringankan kondisi seperti asma.

8. Meredakan stress

Daun sirsak dapat digunakan sebagai perawatan stress dan kondisi lain seperti depresi dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak atau jus buah sirsak.

9. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun bekerja untuk melawan penyakit. Kandungan dalam daun sirsak seperti annocatalin, anno exocin, asam linoleat, dan anomurine dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

10. Meredakan demam

mengurangi demam

Di afrika, daun sirsak dan buah sirsak digunakan sebagai anti demam dan mencegah berbagai gejala demam yang menyerang.

Ekstrak daun sirsak digunakan untuk mencegah demam karena gigitan nyamuk aedes aegypti yang dapat memunculkan demma dan gejala lain pada penderitanya.

11. Membantu perawatan hipertensi

Daun sirsak dapat membantu perawatan hipertensi karena memiliki antioksidan yang dapat melenturkan pembuluh darah.

Hipertensi dapat menyebabkan penyakit pada jantung sehingga sangat berbahaya jika kadar darah dalam tubuh sudah meningkat.

12. Membantu perawatan rematik

Sifat anti rematik pada daun sirsak dapat digunakan untuk menyembuhkan dan membantu merawat rematik. Daun sirsak dapat dimasak, dihaluskan dan dioleskan agar dapat meringankan abses dan rematik.

13. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Manfaat kulit sirsak menjaga kesehatan kulit dan rambut

Sirsak sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut karena sifatnya yang menenangkan kulit. Daun dan buah sirsak juga dapat mengobati ketomber, memperkuat hingga mengatasi berbagai masalah pada rambut.

14. Meredakan diare

Semua bagian pohon dan buah sirsak diketahui bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat digunakan untuk meredakan diare dan menghentikannya.

15. Sebagai analgesik untuk meredakan nyeri

Menurut us. National library of medicine, sirsak dapat bekerja sebagai analgesic sehingga dapat digunakan untuk meredakan nyeri. Ekstrak sirsak dapat digunakan untuk pengobatan alami dan meredakan rasa sakit.

Selain untuk manfaat kesehatan secara umum, adakah manfaat daun sirsak untuk wanita?

Manfaat daun sirsak untuk wanita

Manfaat daun sirsak untuk wanita yang bisa kamu rasakan antara lain:

1. Meningkatkan kesuburan

Meskipun masih perlu penelitian lebih lanjut, daun sirsak dianggap sebagai obat herbal yang dapat memperkuat rahim.

Namun perlu diketahui bahwa dalam meningkatkan kesuburan, kamu perlu berkonsultasi dulu dengan dokter agar tidak merasakan efek samping yang tidak diinginkan.

2. Menjaga berat badan ideal

Minum air rebusan daun sirsak secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan karena daun ini dapat melancarkan pencernaan.

Pembuangan menjadi lebih terkontrol disamping mengatur pola makan, olahraga dan pola hidup sehat.

3. Mengobati kista ovarium

Kista atau tumor jinak yang tidak diobati dan mendapatkan perawatan akan berubah menjadi kanker. Daun sirsak diketahui dapat mengatasi tumor jinak sehingga bermanfaat untuk membantu perawatan kista ovarium pada wanita.

4. Menunda penuaan dini

Sebagai anti aging alami, daun sirsak merawat kulit menjadi lebih sehat dan menyamarkan garis halus maupun kerutan pada wajah sehingga terlihat jauh lebih muda.

5. Mengatasi jerawat

Daun sirsak mengandung antioksidan, antiradang dan antibakteri sehingga mampu mengatasi masalah jerawat akibat penumpukan sebum. Gunakan secara hati-hait apabil kulit kamu sering iritasi dan alergi pada bahan tertentu.

Selain manfaatnya yang segudang, apakah mengonsumsi sirsak dapat menimbulkan efek samping?

Efek samping daun sirsak

Daun sirsak yang mempunyai segudang manfaat diatas juga perlu diketahui memiliki efek samping yang perlu kamu ketahui agar tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi daun atau buah sirsak. Berikut efek samping dari buah sirsak yang perlu kamu catat:

1. Peradangan mata

Biji dan kulit pohon sirsak dianggap beracun karena mengandung senyawa anonaine, muricine, dan asam hidrosianat. Kandungan pada sirsak ini dapat menyebabkan peradangan pada mata sehingga konsumsinya harus dibatasi jika kamu memiliki mata sensitif pada buah ini.

2. Masalah dengan kehamilan dan menyusui

Buah sirsak diketahui mengandung energi yang tinggi sehingga dapat memengaruhi sel-sel janin yang sedang berkembang.

Hal ini dapat membahayakan bayi dan ibu hamil dan menyusui. Sebisa mungkin jauhi sirsak jika sedang hamil dan menyusui ya, ladies.

3. Penurunan berat badan ekstrem

Buah sirsak dapat menjadi buah diet yang cukup banyak menurunkan berat badan, namun penurunan berat badan ekstrim bisa menjadi efek sampingnya sehingga batasi dan konsultasikan dengan dokter apabila mengalami penurunan berat badan ekstrem.

4. Risiko penyakit parkinson

Buah sirsak diketahui mengandung senyawa yang dapat memicu risiko penyakit parkinson sehingga konsumsinya perlu dihentikan atau dibatasi.

Cara merebus daun sirsak untuk kesehatan wanita

Merebus daun sirsak agar bisa dimanfaatkan dengan baik memerlukan teknik dan dosis yang tepat sehingga tidak memicu efek samping negatif.

Misalnya, mual, muntah, gangguan pencernaan, masalah kehamilan dan neurotoksik atau gangguan fungsi saraf.

  • Siapkan air mendidih dalam panci, rebus hingga air mendidih
  • Masukkan daun sirsak satu persatu dan kecilkan api.
  • Rebus daun sirsak selama 10-20 menit
  • Setelah mendidih kembali, matikan kompor dan tuang air rebusan ke teko atau gelas
  • Biarkan air rebusan mendingin
  • Minum air rebusan sirsak dalam 39 menit sebelum makan
  • Minum air rebusan atau sirsak maksimal 250 ml atau segelas 3x sehari

Air rebusan sirsak dapat bertahan 7-8 jam dan apalagi diminum 12-24 jam sejak pembuatan, maka khasiatnya diketahui berkurang.

Air rebusan daun sirsak sebaiknya tidak diminum berturut-turut lebih dari 30 hari karena dapat memicu berbagai efek samping seperti merusak bakteri baik dalam usus.

Tetap perhatikan dosis dan maksimal konsumsi agar tidak mendapatkan efek samping, ya. Konsultasi dengan dokter terkait manfaat daun sirsak untuk wanita agar aman mengonsumsi air rebusan ini, ladies!

Share artikel ini
Reference