tipe kulit wajah

Apakah kamu sering mengalami kesulitan dalam memilih produk skincare yang sesuai dengan tipe kulit wajah kamu? 

Untuk menentukan jenis skincare yang tepat, tentunya kamu juga harus tau apa tipe kulit wajah sehingga untuk melakukan perawatan dapat memberikan hasil sesuai seperti yang kamu inginkan.

Ingin coba mengenali jenis kulit wajah? Yuk simak ulasan berikut!

Apa saja tipe kulit wajah?

Manusia memiliki tipe kulit yang berbeda beda mulai dari normal, kering, berminyak hingga sensitive.

Tentunya tipe kulit wajah ini dipengaruhi oleh berbagai faktor sehingga dalam pemilihan perawatan pun akan berbeda sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki.

Yuk simak secara detail apa saja tipenya di bawah ini:

Kulit normal

Tipe kulit wajah normal merupakan salah satu impian banyak orang karena jenis kulit ini sangat mudah diatur dan cenderung mudah dalam perawatan.

Kulit dengan tipe ini tidak kering dan tidak juga berminyak. Wajah dengan kulit normal memiliki kelembaban dan kekenyalan yang sangat baik. Kulit akan terasa lembab dan secara merata.

Biasanya tipe kulit ini akan memiliki sedikit saja permasalah wajah karena sangat jarang terlihat kusam, pori-pori cenderung normal dan warnanya juga merata.

Tipe kulit ini juga jarang trekena iritasi. Meskipun bertipe normal, terkadang ada reaksi kulit tertentu jika sudah berkaitan dengan pertambahan usia. 

5 Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah, Bisa Mengatasi Kerutan!

Kulit kering

Kulit kering biasanya memiliki ciri-ciri kasar, bersisik, pecah-pecah pada bagian-bagian tertentu.

Faktor yang menyebabkan kulit kering bisa dari udara kering, bahan kimia, kebiasaan mandi yang terlalu lama dan faktor lainnya.

Perubahan hormon dan usia juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering dari sebelumnya.

Kulit kering akan cenderung kusam, terdapat bercak kemerahan hingga pori-pori yang sangat kecil.

Umumnya memiliki wajah yang kering akan mudah gatal, iritasi, garis terlihat jelas hingga kulit yang terasa ketat.

Kulit berminyak

tips mengontrol minyak di wajah

Sesuai dengan namanya, tipe kulit wajah berminyak memang memiliki produksi sebum yang cukup tinggi.

Pada dasarnya sebum memang dapat menjaga kulit menjadi lembut dan lembab, namun jika semakin parah akibat pertambahan usia atau perubahan hormon, maka tipe kulit ini dapat mendatangkan masalah wajah.

Tipe kulit wajah ini biasanya memiliki komedo, jerawat, pori-pori yang besar hingga wajah yang hampir seluruhnya mengkilat.

Pori-pori yang besar dengan kandungan sebum tinggi dapat menyebabkan kulit mengalami masalah wajah seperti breakout.

Untuk mengatasi breakout pada kulit berminyak, kamu dapat menghindari pembersih yang berbahan scrub, cuci muka dengan rajin 2x sehari hingga memilih produk dengan label atau tipe non komedogenik.

8 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah, Bisa Kecilkan Pori-Pori!

Kulit kombinasi

Puasa skincare

Tipe kulit wajah ini memiliki perpaduan dari berbagai tipe kulit dan paling banyak dimiliki.

Kulit terasa berminyak pada beberapa area namun terasa kering, normal hingga sensitive pada area lainnya.

Biasanya kulit akan cenderung lebih berminyak pada area dagu, hidung hingga dahi. Lalu kering pada bagian mulut dan mata serta kombinasi dari berbagai tipe di bagian kulit lainnya.

Masalah yang terdapat pada tipe kulit wajah kombinasi bisanya berupa kulit mengkilap, komedo, pori-pori besar hingga masalah wajah lain seperti jerawat.

Kulit sensitif

tipe kulit wajah sensitif

Berbeda dengan tipe kulit wajah yang lain, terdapat jenis kulit sensitif yang pada dasarnya merupakan kulit yang telah mengalami iritasi.

Memiliki jenis kulit ini beragam dan mulai dari jenis kulit kering, minyak, kombinasi hingga normal.

Umumnya memiliki jenis wajah sensitif akan sering mengalami kulit pecah, terbakar, hingga gatal.

Kulit juga sangat mudah mengalami kemerahan, ruam, muncul reaksi alergi apabila terkena produk yang tidak sesuai dengan tipe kulit.

Memiliki tipe kulit wajah sensitif memang harus lebih berhati-hati dalam memiliki produk perawatan kulit karena dapat memicu kulit menjadi rusak dan mengalami masalah yang tidak diinginkan. 

Lalu bagaimana mengenali tipe kulit wajah sendiri?

Inilah Fakta Tentang Warna Kulit Manusia yang Jarang Diketahui

Bagaimana cara mengenali tipe kulit wajah

penuaan dini pada wajah

Memang tidak mudah dalam mengenali jenis kulit karena jenis orang satu dengan yang lain akan berbeda tergantung dari faktor dan gaya hidup yang dilakukan.

Produk perawatan kulit juga bisa tidak cocok meskipun mempunyai jenis kulit yang sama. Beberapa cara ampuh dalam mengamati tipe kulit wajah antara lain:

  1. Amati bagaimana kelembaban, kelembutan, kelenturan, dan kekenyalan kulit kamu.
  2. Perhatikan apa saja perubahan atau reaksi kulit jika terdapar perubahan cuaca, paparan air hangat/dingin, udara kering/lembab dan sebagainya.
  3. Lakukan beberapa pengamatan terhadap tekstur kulit wajah. Terdapat beberapa tipe dan jenis tekstur wajah yang dapat kamu amati seperti:
  • Kulit ketat dan kasar
  • Kulit lembut dan kenyal
  • Kulit berminyak
  • Kulit berminyak hanya pada beberapa area
  1. Apakah kulit sering mengalami breakout, perhatikan waktu breakout apakah tidak pernah, jarang, rutin atau hanya muncul pada area khusus saja.
  2. Lihatlah tekstur kulit secara umum seperti kulit yang dapat terlihat pembuluh darahnya, apakah kulit merata dna kuat, apakah kasar dan tidak rata hingga kombinasi dari berbagai tekstur yang ada.
  3. Lakukan pengamatan kulit pada siang hari, apakah kulit pecah dan muncul sisik, kulit terasa bersih dan segar, kulit terlihat mengkilap pada semua area atau beberapa area saja.

Jika kamu mendapati bahwa kulit kamu masih dalam tahap normal, maka produk perawatan kulit dapat dipilih dan dicoba dengan mudah.

Perhatikan semua komponen dan keadaan kulit seperti kelembaban, warna hingga tekstur untuk menentukan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit.

Share artikel ini
Reference