jam olahraga terbaik

Kapan jam olahraga yang baik? Apakah pagi setelah bangun tidur? Atau justru malah hari sebelum tidur? Supaya lebih efektif dan sehat, kamu harus mengetahui faktor-faktor pentingnya, salah satunya adalah kapan otot tubuhmu bekerja dengan optimal.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa otot dan kerangka tubuh memiliki waktu dan alarm sendiri dalam menentukan kapan harus berolahraga dan kapan harus berhenti. Jadi, jam yang terbaik untuk workout itu kapan sih?

Manfaat olahraga di waktu pagi

Sebelum mengetahui kapan waktu terbaik untuk berolahraga, ada baiknya simak terlebih dulu manfaat olahraga di waktu tertentu. Nah, beberapa orang memilih untuk workout di pagi. Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu memilih di pagi hari? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Meningkatkan kewaspadaan

Hormon kortisol biasanya meningkat pada pagi hari dan menurun pada malam hari. Kortisol sendiri merupakan hormon yang membuat kamu tetap terjaga dan waspada. Hormon ini akan mencapai puncaknya sekitar jam 8 pagi. Jika kamu memiliki ritme sirkadian yang sehat, tubuhmu mungkin lebih siap untuk berolahraga di pagi hari ketika hormon kortisol berada pada titik tertinggi.

2. Energi lebih banyak

Olahraga teratur dapat meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Selama berolahraga, oksigen dan nutrisi bersirkulasi dengan lancar ke jantung dan paru-paru, meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular, hingga daya tahan secara keseluruhan. Dengan berolahraga lebih awal, kamu akan merasa lebih berenergi sepanjang hari. 

3. Lebih fokus

Kebanyakan orang mengalami kesulitan berkonsentrasi dan merasa sangat mengantuk di siang hari. Nah, olahraga meningkatkan kemampuan fokus dan konsentrasi. Bila kamu ingin lebih fokus di siang hari, cobalah workout di pagi hari.

Studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga pagi dapat meningkatkan fokus, pembelajaran visual, dan pengambilan keputusan.

4. Meningkatkan mood

Anda pasti pernah mendengar bahwa workout adalah pereda stres alami. Memang, selama berolahraga, otak memproduksi lebih banyak endorfin,  hormon yang meningkatkan perasaan euforia. Hormon juga memiliki efek mengalihkan pikiran cemas. Ketika Anda workout di pagi hari, Anda dapat yakin bahwa Anda berada dalam suasana hati yang baik sepanjang hari.

Manfaat olahraga di waktu siang

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism melakukan percobaan pada tikus untuk melihat apakah otot memiliki jam alami. Hasilnya, tikus ditemukan berlari lebih aktif di malam hari. Tikus merupakan hewan nokturnal atau lebih aktif pada malam hari.

Berdasarkan hasil ini, para peneliti menyimpulkan bahwa gen yang terlibat dalam mengatur ritme sirkadian tikus sangat aktif di malam hari. Gen tikus ini mirip dengan yang ada di tubuh manusia. Namun, sebaliknya, manusia lebih aktif di siang hari. Oleh karena itu, para peneliti berasumsi bahwa orang akan berolahraga lebih efektif di siang hari.

Jika kamu berniat melakukan workout di siang  hari, kamu harus melakukannya antara pukul 14.00 hingga 18.00. Selama waktu ini, suhu tubuh berada pada puncaknya. Hal ini dapat mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot, aktivitas enzim, dan daya tahan selama berolahraga. Hindari berolahraga di tengah hari yang panas karena bisa sangat berbahaya bagi tubuh.

Manfaat olahraga di waktu malam

Pada dasarnya, manfaat olahraga malam lebih baik daripada tidak sama sekali.  Kamu harus setidaknya 30 menit sehari untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Kegiatan ini memiliki sejumlah manfaat, antara lain:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Banyak orang beranggapan bahwa olahraga malam dapat mengganggu kualitas tidur. Padahal, anggapan tersebut tidak benar dan justru sebaliknya. Beberapa penelitian menemukan bahwa workout di malam hari dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Hal ini karena kegiatan ini dapat membuat seseorang merasa lelah, sehingga lebih mudah tertidur dan tidak sering terbangun.

2. Membantu pikiran lebih jernih

Sama halnya dengan berolahraga di pagi hari, kegiatan workout di malam hari juga dapat membantu Anda menjernihkan pikiran, terutama setelah Anda  bekerja atau beraktivitas seharian. Hal ini karena ketika Anda berolahraga, tubuh Anda menghasilkan endorfin yang dapat meningkatkan mood Anda dan mengurangi stres sehingga Anda dapat berpikir  lebih baik.

3. Meningkatkan performa olahraga

Menurut sebuah penelitian, olahraga malam dapat meningkatkan kinerja aktivitas fisik dibandingkan di pagi hari. Hal ini dikarenakan metabolisme paru-paru dan  tubuh bekerja dengan baik di malam hari. Selain itu, otot-otot tubuh yang lelah menjadi lebih rileks dan lentur setelah seharian beraktivitas. Ini mengurangi risiko  cedera.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk olahraga?

Tahukah kamu bahwa setiap sel dalam tubuh memiliki jam dan jadwalnya sendiri untuk melakukan setiap tugas? Jam alami tubuh, juga dikenal sebagai ritme sirkadian, berfungsi untuk mengontrol makan, tidur, beraktivitas sehari-hari, dan melakukan fungsi tubuh lainnya.

Setiap sel dalam tubuh memiliki ritme sirkadian, termasuk otot yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Menurut sebuah penelitian oleh para peneliti di Northwestern University,  ritme sirkadian pada otot membuat semua gerakan yang dihasilkan otot menjadi lebih efektif. 

Oleh karena itu, jika kamu memiliki waktu 24 jam sehari, otomatis tubuhmu akan menyesuaikan dan menentukan waktu makan dan aktivitas lainnya. Jika tubuhmu lebih merasakan manfaatnya olahraga di pagi hari, waktu olahraga di pagi hari adalah yang tepat untukmu. 

Share artikel ini
Reference