Hari Perempuan Internasional adalah hari global yang merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya dan politik perempuan. Hari tersebut juga sebagai tanda ajakan untuk bertindak guna mempercepat kesetaraan gender.

Aktivitas signifikan disaksikan di seluruh dunia saat kelompok-kelompok berkumpul untuk merayakan pencapaian atau aksi perempuan untuk mendapatkan kesetaraan.

Namun, di hari ini ada hal yang tidak boleh terlewat selain membicarakan kesetaraan perempuan, yakni kesehatan perempuan. Tapi, apa sih pentingnya, yuk ketahui jawabannya pada ulasan berikut ini.

Mengapa kesehatan perempuan penting di hari perempuan?

25 tips menjaga kesehatan jantung

Saat membicarakan hari perempuan internasional mungkin kebanyakan orang berbicara tentang kesetaraan, isu warna kulit, latar belakang dan lain sebagainya. Tapi untuk bisa mencapai tujuan tersebut, perempuan perlu menjaga kesehatannya terlebih dahulu.

Hanya dengan pikiran dan tubuh yang sehat, barulah perempuan bisa menyuarakan dan bertindak untuk mendapatkan kesetaraan dan berbagai isu perempuan lainnya.

Mengenal Mindfulness dan Cara Menerapkannya dalam Keseharian

Cara hidup mindful untuk wanita

Sebagai wanita kamu bisa mencoba untuk menerapkan hidup mindful berikut ini. 

1. Buat rutinitas

Cobalah buat rutinitas yang bisa kamu lakukan. Membuat daftar rutinitas ini akan membantu kamu untuk mengetahui apa yang perlu kamu lakukan. Dengan mengetahuinya, kamu bisa mempersiapkan aktivitas dengan lebih baik. 

2. Bangun persahabatan

Bangunlah lingkup pertemanan yang baik. Saling mendukung dan memberikan perlindungan bagi wanita lainnya juga menjadi hal penting yang bisa kamu lakukan di hari perempuan internasional.

Femtech: Manfaatkan Teknologi untuk Perempuan di Indonesia

3. Melakukan meditasi

Di hari perempuan, kamu perlu sehat jasmani dan rohani. Stres dapat membuat tubuh terasa lelah, tidak fokus dan berbagai gangguan lainnya. Lakukan meditasi untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

4. Luangkan waktu dengan alam

Cobalah untuk keluar dari hingar bingar kota untuk mendekatkan diri pada alam. Rasa nyaman setelah menghirup udara segar juga dapat membuat pikiran terasa lebih fresh dan membantu kamu menjadi lebih produktif. 

5. Percaya pada dirimu

Mempercayai diri sendiri adalah hal yang penting. Percaya akan apa yang kamu miliki dan kemampuan yang kamu punya juga sangat penting. Jadilah wanita yang penuh rasa percaya diri, mandiri dan tahu potensi dirinya. 

Dengan begitu, ketika kamu menghadapi situasi yang tidak nyaman atau mendapati masalah kamu bisa menemukan solusi karena kamu tahu kapasitas diri kamu dan tidak menghindari dari masalah karena rasa percaya bahwa kamu bisa menghadapi situasi sulit tersebut. 

Tips sehat untuk wanita

Manfaat bersyukur untuk kesehatan

Untuk mewujudkan diri menjadi sosok wanita yang sehat, kamu bisa mencoba tips sehat untuk wanita berikut ini sehingga kamu bisa menyuarakan berbagai isu wanita di hari perempuan internasional. 

1. Ketahui masalah kesehatan wanita

Sebagai wanita, tentu kamu memiliki sejumlah risiko kesehatan dan reproduksi yang terkait dengan menstruasi, seperti:

  • Periode tidak teratur
  • Amenore (tidak adanya menstruasi)
  • Endometriosis
  • Mati haid
  • PCOS
  • Fibroid rahim

Selain berkaitan dengan menstruasi, wanita juga kerap menghadapi berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan kehamilan, seperti:

  • Masalah pencernaan
  • Diabetes gestasional
  • Tekanan darah tinggi
  • Keguguran
  • Masalah tiroid

2. Jaga kesehatan seksual

Kesehatan seksual sangat penting bagi wanita. Ada banyak risiko kesehatan yang kerap dialami wanita yakni IMS. Pastikan untuk membicarak  mengenai kesehatan seksual atau reproduksi pasangan untuk menghindari risiko masalah kesehatan seksual tersebut.

Perempuan Wajib Tahu Apa Saja Hormon Menstruasi Dalam Tubuh

3. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur

Setiap dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, terlepas dari kondisi kesehatan pasien. Pemeriksaan memungkinkan dokter untuk mencari kondisi tertentu pada berbagai tahap kehidupan, terutama jika suatu kondisi terjadi dalam keluarga.

Misalnya, risiko kanker payudara, diabetes, dan penyakit jantung meningkat jika ada anggota keluarga yang mengidapnya. Pemeriksaan kesehatan juga dapat mendeteksi masalah kesehatan sejak dini, seringkali sebelum tanda atau gejala apa pun..

 

4. Jadilah aktif

Dengan menjaga tubuh tetap bugar dan mencegah penyakit tertentu, olahraga baik untuk semua jenis kelamin. Kamu bisa Kombinasi latihan kardio dan menahan beban/resistensi setidaknya 3-5 kali per minggu sangat ideal untuk wanita.  Selain itu, kamu juga bisa berolahraga ringan seperti bersepeda, lari dan lainnya. 

5. Kenali tanda-tanda depresi

Di hari perempuan internasional, bukan hanya penting untuk membicarakan kesehatan fisik tapi juga mental. Penting untuk mengeathui berbagai tanda-tanda deprsesi sehingga kamu bisa menyadari tanda tersebut dan mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut beberapa tanda depresi.

  • Sifat lekas marah
  • Keputusasan
  • Ketidakmampuan untuk fokus
  • Kehilangan minat
  • Kelelahan yang terus-menerus
  • Penurunan berat badan
  • Masalah pencernaan
  • Pegal-pegal
  • Masalah tidur
  • Pikiran bunuh diri

Itulah sejumlah ulasan mengenai hari perempuan internasional dan kesehatan perempuan. Penting untuk menjadi perempuan yang sehat untuk dapat menyuarakan berbagai bentuk kesetaraan dan peran perempuan. Hal penting yang perlu dijaga setiap perempuan adalah kesehatannya baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference