Teh hijau merupakan salah satu minuman yang punya segudang manfaat, khususnya untuk kesehatan. teh ini banyak disukai karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti antioksidan dan kandungan lain yang bermanfaat.

Manfaat teh hijau untuk wajah juga cukup banyak dan tak kalah ampuh dari khasiatnya untuk kesehatan. Ketahui apa saja kandungan dan manfaat teh hijau dalam ulasan ini yuk!

Kandungan teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang paling direkomendasi setelah air putih. Hal itu kandungannya yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. 

Teh yang berasal dari daun kering camellia sinensis ini memang memiliki kandungan polifenol dan antioksidan yang tinggi.

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam teh hijau terdapat nutrisi berikut ini:

  • 7,7 gr air
  • 300 kcal kaloti
  • 28,3 gr protein
  • 53,6 gr karbohidrat
  • 9,6 gr serat
  • 245 gr kalsium
  • 415 gr fosfor
  • 18,9 gr zat besi
  • 60 mg natrium
  • 5.873,9 mg kalium
  • 8400 mcg beta karoten
  • 1,24 mg vitamin b2
  • 4,6 mg niacin
  • 230 mg vitamin c

Dengan berbagai kandungan dan nutrisi teh hijau diatas, tak heran jika manfaat teh hijau ini sangat banyak. Apa saja manfaatnya?

6 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan hingga Kecantikan

Manfaat teh hijau untuk wajah

manfaat teh hijau untuk wajah

teh dengan sejuta manfaat ini memang tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan. Berikut manfaat teh hijau untuk wajah:

1. Cegah jerawat muncul

Jerawat memang salah satu masalah wajah yang cukup mengganggu dan sulit untuk dihilangkan bekasnya.

Sebelum jerawat tumbuh, melakukan pencegahan dengan rutin mengosnumsi teh hijau. Kandungan antioksidan dalam teh ini dapat membantu mengurangi produksi sebum sehingga jerawat akan jarang muncul.

Kandungan polifenolnya juga terbukti ampuh dalam mengurangi sebum pada kelenjar minyak yang umumnya memicu tumbuhnya jerawat pada wajah.

2. Kurangi risiko kanker kulit

kanker kulit melanoma

Kanker memang dapat tumbuh dimana saja, salah satunya area kulit. Untuk melakukan pencegahan sejak dini, konsumsi teh hijau secara rutin diketahui dapat menghindari resiko kulit terkena kanker.

Polifenol pada teh hijau dapat mencegah photo-aging dan melanoma sebagai bagian dari risiko kanker pada kulit.

3. Cegah penuaan dini

Mengurangi tanda penuaan memang tidak mudah. Perawatan diri harus dilakukan secara rutin dan pastinya membutuhkan usaha yang lebih banyak.

Untuk membantu kulit tetap memproduksi kolagen agar tetap kencang dan kenyal, konsumsi teh hijau secara rutin dan teratur. teh hijau dapat mencegah tanda penuaan dini seperti kulit mengendur dan keriput.

Kulit akan jauh lebih lembab dan tenang karena kandungan antioksidan pada teh hijau yang dapat melawan tanda-tanda penuaan dini pada kulit secara signifikan.

4. Melembabkan kulit

kandungan skincare untuk kulit berjerawat

Mengompres kulit dengan teh hijau dapat membantu menyejukkan dan melembabkan kulit dengan mudah.

Rasa sakit akibat kulit terbakar matahari dapat ditenangkan dengan memakai kantong teh hijau yang sebelumnya telah didinginkan pada lemari pendingin. 

Efek dinginnya dapat mencegah radang pada kulit, mengurangi risiko akibat paparan sinar matahari dan menjaga kulit tetap sejuk dan sehat.

5. Mengatasi iritasi kulit

Kandungan polifenol yang tinggi memang membuat teh hijau mempunyai sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu mengurangi iritasi pada wajah, bengkak hingga kemerahan akibat kulit yang terbakar.

Kulit yang meradang akibat sinar matahari atau cuaca ekstrem dapat diredakan dengan masker teh hijau atau menaruh kantong teh pada area yang terbakar.

6. Atasi kulit berminyak

tips mengontrol minyak di wajah
tips mengontrol minyak di wajah

Produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah dapat dicegah dengan rutin mengosumsi teh hijau.

Kandungan polifenol pada teh hijau dapat membantu kulit lebih lembab namun mengurangi sebum yang dapat memicu jerawat dan masalah pada kulit.

7. Mengatasi mata sembab

Mata sembab dapat diatasi dengan mudah menggunakan teh hijau. teh ini dapat digunakan untuk mengompres area yang sembab seperti di bawah mata.

Kandungan kafein pada teh ini rupanya dapat merdakan peradangan dan bengkak pada mata secara signifikan.

10 Manfaat Ampas Teh Untuk Wajah, Bisa Redakan Kantong Mata Panda!

Lalu bagaimana cara menggunakan teh hijau agar bermanfaat maksimal untuk wajah?

Cara menggunakan teh hijau untuk wajah

Manfaat teh hijau untuk wajah dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu menggunakan teh hijau  sebagai masker wajah.

Kamu juga bisa minuman seduh atau langsung menggunakan kantong teh hijau untuk diaplikasikan langsung pada area yang membutuhkan. Berikut cara membuat masker teh hijau dan variasi masker lain yang akan bermanfaat untuk wajah:

Masker teh hijau alami

Cukup siapkan teh hijau yang masih berbentuk teh atau bubuk. Campurkan dengan air 77-82 derajat celcius. Diamkan teh selama 10 menit. Tunggu hingga suhu teh turun dan dapat langsung diaplikasikan pada wajah sebagai masker atau air pencuci wajah.

Kulit Sehat dengan Masker Wajah Alami, Inilah Bahan dan Caranya

Masker teh hijau dan madu

Cara lain menggunakan teh hijau adalah dicampur dengan madu. Cukup campurkan teh hijau dengan madu, soda kue dan sedikit air agar maskernya dapat berbentuk pasta. Pasta masker dapat segera digunakan secara rutin pada wajah. Jika telah kering, bilas dengan air bersih.

Masker teh hijau dan daun mint

Campurkan teh hijau dengan madu dan daun mint. Aduk hingga rata dan masker dapat diaplikasikan pada area wajah, bibir dan mata. Masker dapat digunakan hingga kering dalam waktu 10-15 menit, kemudian bilas dan keringkan dengan handuk bersih.

5 Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah Yang Tak Disangka-Sangka

Masker teh hijau dan tepung beras

Tepung beras juga dapat dicampurkan dengan teh hijau dan air lemon untuk membuat masker wajah yang bermanfaat. Aplikasikan pada wajah dan tunggu hingga kering. Jika sudah selesai, bilas dengan air dan tepuk-tepuk wajah dengan lembut.

teh hijau memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan kulit wajah, namun jika kamu masih ragu cobalah untuk tes alergi untuk melihat reaksi teh hijau pada kulit wajah kamu.

Jika terdapat sensasi terbakar, gatal, bengkak hingga kemerahan, segera konsultasi ke dokter dan hentikan pemakaian masker ini.

Share artikel ini
Reference