kanker kulit melanoma

Melanoma, yang berarti “tumor hitam”, adalah jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Jenis kanker ini tumbuh dengan cepat dan memiliki kemampuan untuk menyebar ke organ manapun.

Melanoma berasal dari sel kulit yang disebut melanosit. Sel-sel ini menghasilkan melanin, pigmen gelap yang memberi warna pada kulit. Kebanyakan melanoma berwarna hitam atau coklat, tetapi ada juga yang berwarna merah muda, merah, ungu atau berwarna kulit.

Sekitar 30% melanoma dimulai pada tahi lalat yang ada, tetapi sisanya dimulai pada kulit normal. Karena itu sangat penting untuk memperhatikan perubahan pada kulit karena sebagian besar melanoma tidak dimulai sebagai tahi lalat. 

Tahukah kamu, pemeriksaan kulit karena melanoma memiliki tingkat kesembuhan 99% jika terdeteksi pada tahap awal? Penting untuk mengetahui apakah kamu berada dalam kelompok berisiko tinggi terkena kanker kulit melanoma. Karena tingkat pertumbuhan melanoma yang cepat, penundaan pengobatan terkadang dapat berarti perbedaan antara hidup dan mati.

Melanoma hanya menyumbang sekitar 1% dari semua kanker kulit, tetapi menyebabkan sebagian besar kematian terkait kanker kulit. Ini adalah salah satu kanker paling umum pada orang muda di bawah 30 tahun, terutama pada wanita muda.

Insiden melanoma telah meningkat secara dramatis selama 30 tahun terakhir. Sudah diterima secara luas bahwa peningkatan paparan ultraviolet (UV) adalah salah satu alasan utama peningkatan pesat jumlah kasus melanoma ini.

Apa saja gejala atau tanda melanoma?

Mengetahui cara mengenali melanoma adalah penting karena melanoma dini sangat dapat diobati. Melanoma dapat muncul sebagai tahi lalat, bercak bersisik, luka terbuka atau benjolan yang menonjol.

Gunakan perangkat memori “ABCDE” untuk mempelajari tanda-tanda peringatan bahwa suatu tempat di kulit kamu mungkin adalah melanoma:

  • A adalah untuk Asimetri. Kebanyakan melanoma tidak simetris. Jika kamu menggambar garis melalui bagian tengah lesi, kedua bagian tidak cocok, sehingga terlihat berbeda dari tahi lalat biasa yang bulat hingga lonjong dan simetris.
  • B untuk Border (batas). Batas melanoma cenderung tidak rata dan mungkin memiliki tepi bergigi atau berlekuk, sedangkan tahi lalat umum cenderung memiliki batas yang lebih halus dan rata.
  • C untuk Colour (warna). Beberapa warna adalah tanda peringatan. Sementara tahi lalat jinak biasanya satu warna coklat, melanoma mungkin memiliki warna yang berbeda dari coklat, cokelat atau hitam. Saat tumbuh, warna merah, putih atau biru juga dapat muncul.
  • D adalah untuk Diameter atau darkness (gelap).  Meskipun ideal untuk mendeteksi melanoma saat kecil, ini merupakan tanda peringatan jika lesi berukuran penghapus pensil (berdiameter sekitar 6 mm, atau inci) atau lebih besar. Beberapa ahli mengatakan penting juga untuk mencari lesi apa pun, berapapun ukurannya, yang lebih gelap dari yang lain. Melanoma amelanotik yang langka tidak berwarna.
  • E adalah untuk Berkembang. Setiap perubahan ukuran, bentuk, warna, atau peningkatan bintik pada kulit kamu, atau gejala baru apa pun di dalamnya, seperti pendarahan, gatal, atau pengerasan kulit, mungkin merupakan tanda peringatan melanoma.

Beberapa melanoma tidak sesuai dengan aturan ABCDE, jadi beritahu doktermu tentang luka yang tidak akan hilang, benjolan atau ruam yang tidak biasa atau perubahan pada kulit kamu atau tahi lalat yang ada.

Cara lain untuk mengenali melanoma adalah tanda”itik jelek”. Jika salah satu tahi lalat kamu terlihat berbeda dari yang lain, itu adalah itik jelek dan harus diperiksa oleh dokter kulit.

Penyebab melanoma

Kebanyakan ahli setuju bahwa faktor risiko utama untuk melanoma adalah paparan sinar matahari yang berlebihan, terutama kulit terbakar saat kamu masih muda. Statistik menunjukan 86% melanoma disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) matahari. 

Paparan UV dapat menyebabkan kerusakan pada DNA sel, membuat perubahan pada gen tertentu yang mempengaruhi bagaimana sel tumbuh dan membelah. Potensi masalah muncul ketika DNA kulit kamu rusak dan sel-sel itu mulai bereproduksi.

Radiasi UV dari tanning bed juga meningkatkan risiko melanoma dan telah ditetapkan sebagai karsinogen (penyebab kanker) oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Penggunaan tanning bed mungkin terkait dengan lebih dari 6.000 kasus melanoma per tahun di Amerika Serikat.

Melanoma lebih sering terjadi pada orang kulit putih, tetapi dapat terjadi pada orang dari semua jenis kulit. Orang dengan kulit lebih gelap paling sering mengalami melanoma di telapak tangan, telapak kaki, dan kuku.

Penyebab melanoma lainnya:

1. Riwayat keluarga

Riwayat keluarga positif pada 5% hingga 10% pasien; risiko 2,2 kali lipat lebih tinggi dengan setidaknya satu kerabat yang terkena dampak. 

2. Karakteristik pribadi 

Mata biru, rambut pirang dan/atau merah, kulit pucat; reaksi kulit terhadap sinar matahari (mudah terbakar sinar matahari); bintik-bintik; nevi melanositik jinak dan/atau displastik (jumlah menunjukkan korelasi yang lebih kuat daripada ukuran); keadaan imunosupresif (pasien transplantasi, keganasan hematologi)

3. Paparan sinar matahari seumur hidup

Paparan radiasi UVB dan UVA yang tinggi (Bukti terbaru menunjukkan bahwa risiko melanoma lebih tinggi pada orang yang menggunakan tabir surya. Karena tabir surya sebagian besar menghalangi UVB, orang yang menggunakan tabir surya mungkin lebih terpapar UVA daripada masyarakat umum, asalkan orang-orang itu terpapar sinar matahari lebih banyak daripada masyarakat luas); lintang rendah; jumlah sengatan matahari yang melepuh; penggunaan tanning bed.

4. Status sosial ekonomi

Status sosial ekonomi yang lebih rendah mungkin terkait dengan penyakit yang lebih lanjut pada saat deteksi. Satu survei terhadap pasien yang baru didiagnosis menemukan bahwa individu dengan SES rendah mengalami penurunan persepsi risiko melanoma dan pengetahuan tentang penyakit tersebut.

Pengobatan kanker kulit 

Perawatan melanoma tergantung pada stadium melanoma dan kesehatanmu secara umum. Pembedahan biasanya merupakan pengobatan utama untuk melanoma. Prosedur ini melibatkan pemotongan kanker dan beberapa kulit normal di sekitarnya. 

Jumlah kulit sehat yang diangkat akan tergantung pada ukuran dan lokasi kanker kulit. Biasanya, eksisi bedah (pengangkatan) melanoma dapat dilakukan dengan anestesi lokal di kantor dokter kulit. 

Kasus yang lebih lanjut mungkin memerlukan jenis perawatan lain selain atau alih-alih operasi. Perawatan untuk melanoma:

  • Bedah Melanoma: Pada tahap awal, pembedahan memiliki kemungkinan besar untuk dapat menyembuhkan melanoma kamu. Dokter akan membuat kulit mati rasa dengan anestesi lokal dan menghilangkan melanoma dan margin (kulit di sekitarnya yang sehat).
  • Imunoterapi: imunoterapi merangsang sistem kekebalan kamu sendiri untuk membantu melawan kanker.
  • Limfadenektomi: Dalam kasus di mana melanoma telah menyebar, pengangkatan kelenjar getah bening di dekat lokasi diagnosis utama mungkin diperlukan. Ini dapat mencegah penyebaran ke area lain di tubuh kamu.
  • Metastasektomi: Metastasektomi digunakan untuk menghilangkan potongan kecil melanoma dari organ.
  • Terapi kanker yang ditargetkan: Dalam pilihan pengobatan ini, obat digunakan untuk menyerang sel kanker tertentu. Pendekatan “bertarget” ini mengejar sel-sel kanker, membiarkan sel-sel sehat tidak tersentuh.
  • Terapi Radiasi: Terapi radiasi mencakup perawatan dengan sinar berenergi tinggi untuk menyerang sel kanker dan mengecilkan tumor.

Beberapa pasien dengan kanker kulit melanoma dapat berpartisipasi dalam uji klinis. Yang terpenting, kamu harus berhati-hati jika kulit sudah menunjukkan gejala dan jangan takut untuk memeriksanya.

Share artikel ini
Reference