kalori pisang kecil

Buah pisang memiliki banyak jenis dan juga ukuran yang beragam. Karena jenisnya yang berbeda, kalorinya pun berbeda. Misalnya kalori pisang kecil yang jumlahnya cukup rendah. Meskipun jumlah kalorinya berbeda, kandungan gizinya tak jauh berbeda.

Nah, dengan kalori pisang kecil yang rendah dan berbagai kandungan di dalamnya, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat pisang untuk tubuh. Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut ini! 

Berapa kalori pisang kecil? 

kalori pisang kecil

Satu pisang kecil atau ukuran sedang biasanya memiliki kandungan kalori sekitar 90-100 kalori. Kandungan ini tergolong sedang dan bisa menjadi pilihan buah sehat bagi kamu yang sedang menjalankan program diet.

Nah, bagi kamu yang ingin mengonsumsi pisang namun tetap ingin menjaga asupan kalori, pisang kecil bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain memiliki kandungan kalori yang rendah, pisang juga mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin B6, potassium, dan serat.

Manfaat pisang untuk tubuh

pisang

Apa saja sih manfaat pisang untuk tubuh? Berikut beberapa di antaranya!

1. Membantu memulihkan otot 

Pisang dikenal sebagai makanan yang baik untuk orang yang suka berolahraga. Hal ini karena sebagian besar karbohidrat pada pisang mudah dicerna oleh tubuh.

Selain itu, kalori pisang kecil mengandung magnesium dan potasium yang berfungsi sebagai elektrolit untuk menggantikan energi yang hilang.

Saat berolahraga, tubuh secara alami dapat kehilangan elektrolit melalui keringat. Makan pisang untuk mendapatkan magnesium dan potasium dapat membantu mengurangi nyeri otot dan kram akibat olahraga.

2. Melancarkan sistem pencernaan 

masalah pencernaan

Pisang memiliki satu jenis serat yang disebut prebiotik. Serat ini biasanya memberi makan bakteri yang baik untuk usus.

Oleh karena itu, makan pisang dapat meningkatkan pencernaan. Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi pisang setiap saat agar sistem pencernaan tetap lancar.

3. Membantu menurunkan berat badan 

Tidak ada penelitian yang secara langsung yang menguji efek pisang terhadap penurunan berat badan.

Namun, pisang memiliki banyak kandungan yang bagus untuk menurunkan berat badan. Salah satunya karena memiliki kalori yang sangat sedikit.

Selain jumlah kalorinya yang sedikit, kalori buah pisang kecil ini tetap mengenyangkan dan memiliki banyak gizi.

4. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Kalium dalam pisang dapat membantu mencegah penyakit batu ginjal. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang menjaga asupan kaliumnya memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal.

5. Mengurangi mual saat hamil

Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil, sedangkan kandungan potasiumnya dapat mengembalikan elektrolit yang hilang akibat muntah. Inilah alasan mengapa pisang sangat baik untuk ibu hamil.

6. Menjaga kesehatan jantung 

Pisang merupakan sumber kalium yang kaya untuk kesehatan tubuh. Kalium merupakan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk mengontrol tekanan darah.

Nah, kamu bisa mengonsumsi pisang setiap hari untuk sarapan atau cemilan untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Menyehatkan otak 

Pisang merupakan sumber vitamin C yang baik yang manfaatnya mendukung kesehatan otak janin, membantu penyerapan zat besi, dan melindungi tubuh dari berbagai kerusakan jaringan dan sel.

Jadi, jika kamu sedang hamil, kamu boleh mengonsumsi pisang agar kesehatan otak janin dalam kandunganmu terjaga.

Manis dan Kaya Manfaat, Berapa Kalori Pisang Ambon?

Resep olahan pisang yang cocok untuk diet

Seperti yang telah dijelaskan, pisang adalah sumber karbohidrat dan nutrisi yang baik, dan olahannya yang beragam membuatnya cocok untuk dikonsumsi saat diet.

Berikut adalah beberapa resep olahan pisang yang cocok untuk diet:

1. Pisang bakar dengan madu

Pisang bakar dengan madu adalah olahan pisang yang lezat dan sehat. Kamu hanya perlu membakar pisang dengan sedikit madu dan menikmatinya saat masih hangat. 

Supaya tidak ada penambahan kalori berlebih, jangan terlalu banyak menambahkan mentega atau minyak pada proses pembakaran, ya!

2. Smoothie pisang

Smoothie pisang adalah olahan pisang yang sehat dan mengenyangkan. Kamu hanya perlu mencampur pisang, susu, dan buah-buahan lain seperti stroberi atau mangga untuk membuat smoothie yang lezat.

Supaya kalorinya terjaga, jangan menambahkan gula atau pemanis lainnya. Sebab, pisang sendiri sudah mengandung gula yang membuat manis.

Selain itu, untuk susu yang digunakan, kamu bisa menggunakan susu rendah lemak dan tinggi kalsium.

3. Pisang panggang kayu manis

Pisang dipanggang dengan kayu manis adalah olahan lain yang membuat  buah pisang yang semakin lezat dan sehat.

Kamu hanya perlu memanggang pisang dengan menambahkan sedikit kayu manis, lalu menikmatinya saat masih hangat.

Nah, itu dia beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang kalori pisang kecil, berbagai manfaatnya untuk kesehatan, serta berbagai resep olahan pisang yang bisa kamu coba!

Share artikel ini
Reference