Mungkin kamu tidak menyangka bahwa ada manfaat daun sirih untuk wajah, karena umumnya daun herbal ini dimanfaatkan sebagai suplemen dan antiseptik. Siapa sangka ternyata daun sirih bisa mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah.

Daun sirih mengandung mineral berkualitas tinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, terutama untuk kecantikan. Kamu bisa mengandalkan daun herbal ini sebagai rahasia cantik alami, bagaimana caranya? Yuk cari tahu lebih lanjut! 

Manfaat daun sirih untuk wajah

Siapa yang tidak mau punya kulit mulus dan glowing? Memiliki kulit bersih, cerah, dan bercahaya adalah dambaan setiap wanita. Jika berencana melakukan perawatan herbal, mungkin kamu akan tertarik dengan manfaat daun sirih berikut:

cara membersihkan daerah kewanitaan dengan daun sirih

1. Mengobati jerawat

Daun sirih memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang bagus untuk mengobati gejala jerawat. Rendam beberapa daun sirih dalam air dan cuci muka kamu dengan air tersebut atau buat pasta dari daun sirih dan kunyit dan oleskan pada wajah dan bilas setelah 5 menit. Lakukan ini dua kali sehari, terutama saat kamu kembali ke rumah setelah berkegiatan di luar.

2. Mencerahkan kulit

Daun sirih dapat digunakan secara efektif untuk mengurangi bintik hitam pada kulit. Jika kulit wajah terlihat kusam dan gelap, kamu bisa mencoba membuat pasta daun sirih sebagai solusinya. Daun sirih vitamin A, mampu mengembalikan kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.  

3. Mengurangi bengkak wajah

Jika kamu bangun dengan wajah sembab setiap hari atau tiba-tiba melihat wajah bengkak tanpa alasan, gunakan ramuan daun sirih untuk wajah. Daun ini memiliki banyak sifat obat termasuk sifat anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan.

4. Mengatasi ruam wajah

Jika memiliki kulit sensitif, kamu mungkin sering mengalami kemerahan dan ruam. Termasuk juga orang yang alergi terhadap sesuatu, biasanya menunjukkan tanda-tanda awal alergi pada kulit seperti merah di wajah. 

Dalam kasus seperti itu, daun sirih bisa menjadi solusi yang tepat. Cukup oleskan pasta daun sirih pada area yang terkena atau gosokkan saja daunnya sebagai pertolongan pertama. Ini akan menenangkan ruam dan infeksi untuk menenangkan kulit.

5. Mengontrol minyak di wajah

Campurkan 3 sendok makan jus daun sirih dengan 2 sendok makan madu dan setengah sendok teh garam laut dan oleskan pada wajah sebagai masker untuk melawan minyak berlebih di wajah. Madu akan melembabkan kulit dan daun sirih akan membuka pori-pori, membantu mengontrol kelebihan minyak dari kulitmu.

5 Manfaat Daun Sirih bagi Wanita yang Bisa Kamu Coba

Ramuan daun sirih untuk wajah

Pada dasarnya, ada dua cara meracik daun sirih agar bisa digunakan pada wajah yaitu dengan menjadikannya sebagai pasta dan air untuk cuci wajah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Pasta daun sirih

Cukup haluskan beberapa daun sirih sehingga teksturnya seperti pasta, lalu kamu bisa langsung oleskan pasta ini pada wajah. Kamu bisa menambahkan bahan lain seperti madu.  Menggunakan ramuan ini dua kali seminggu akan memberikan cahaya alami pada wajah.

Sebagai alternatif, kamu bisa menyimpan daun sirih dengan mengeringkannya lalu membuatnya menjadi bubuk. Cara ini dapat dengan mudah disimpan dalam toples kedap udara dan digunakan kapan saja.

  • Daun sirih untuk cuci muka

Rebus beberapa lembar daun sirih dalam air dan saring airnya saat sudah berwarna kehijauan. Gunakan air ini untuk mencuci muka setiap saat, jangan lupa biarkan airnya dingin dulu sebelum dipakai untuk membilas wajah. Ini akan menghilangkan semua bakteri yang ada di kulit dan mencegah masalah kulit, terutama jerawat.

12 Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Bisa Awet Muda, Lho!

Benarkah daun sirih bisa memutihkan wajah

cara facial wajah sendiri

Sebuah penelitian di Malaysia menunjukan bahwa, daun sirih dapat mengurangi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit di wajah. Mereka mengemas ekstrak daun sirih menjadi krim wajah siap pakai yang dapat mencerahkan kulit dan menjaga elastisitasnya.

Kamu mungkin bisa mencobanya dengan membuat masker wajah dari daun sirih, dan lihat apakah manfaatnya benar-benar bekerja pada kulitmu atau tidak. Seperti yang kita ketahui, tidak semua orang akan cocok dengan produk perawatan wajah tertentu, termasuk produk herbal.

Daun sirih sebagai tanaman asli Indonesia bisa kamu temukan dimana-mana, baik itu supermarket, pasar tradisional, atau mungkin di halaman rumahmu. Cukup banyak orang yang membudidayakan daun sirih di halaman mereka.

Selamat mencoba!

Share artikel ini
Reference