Masker Wajah Alami untuk Kulit

masker wajah alami

Tahukah kamu bahwa ada banyak masker wajah alami yang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit? Masker wajah memang merupakan salah satu jenis perawatan wajah yang banyak diminati untuk mengatasi permasalahan kulit. Mulai dari mengatasi jerawat, kulit kusam, mencerahkan wajah, dan masih banyak lagi.

Menariknya, kamu bisa kok membuat masker wajah alami sendiri di rumah. Caranya pun cukup mudah. Namun, sebelumnya kamu perlu tahu jenis bahan yang cocok untuk tipe kulitmu. Nah, yuk simak dulu selengkapnya mengenai masker wajah alami berikut ini!

Manfaat masker wajah alami

Ada banyak sekali manfaat penggunaan masker wajah untuk kecantikan kulit. Kandungan vitamin dalam bahan masker wajah alami bisa mengatasi beberapa masalah kulit. Nah, berikut adalah manfaat masker wajah alami yang bisa kamu dapatkan jika dilakukan secara rutin dengan bahan-bahan yang segar:

  • Mencegah bintik-bintik penuaan, hiperpigmentasi, warna kulit tidak merata, dan bahkan perawatan bekas luka.
  • Menenangkan dan meremajakan kulit wajah.
  • Mengencangkan kulit wajah sehingga membuat wajahmu terlihat lebih awet muda.
  • Mengurangi kemungkinan infeksi kulit dan jerawat dan menghilangkan kotoran dari kulit.
  • Melembabkan kulit wajah. Beberapa kandungan dari bahan masker alami, seperti pada alpukat dan madu dapat menjaga kelembaban kulit wajah.
  • Mencerahkan kulit wajah. Masker wajah alami dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori. Sehingga dapat membuat kulit lebih bersih dan cerah.

Memilih masker wajah alami sesuai jenis kulit

Menambahkan masker wajah alami ke dalam rutinitas perawatan kulit kamu mungkin cukup membingungkan. Dengan banyak pilihan yang ada, kamu mungkin bingug dan bertanya-tanya “masker wajah apa yang terbaik untuk saya?” dan “bagaimana menemukan masker wajah yang tepat?”

Pada dasarnya untuk menentukan masker wajah yang tepat untuk kulit, kamu perlu mengetahui jenis kulit kamu dan tujuan kamu ingin menggunakan masker wajah. Misalnya saja, jenis kulitmu adalah berminyak dan ingin mengecilkan pori-pori wajah.

Nah, untuk mengetahui jenis kulitmu, sebenarnya kamu bisa menganalisisnya sendiri. Kamu bisa mencoba langkah sederhana berikut ini. Peratama, cuci muka dan, setelah itu diamkan beberapa saat. Jangan memakai produk apapun selama beberapa jam.

Setelah beberap saat, sentuh wajah kamu dengan tangan yang bersih atau kamu juga dapat menggunakan tisu dengan cara menekannya ke wajah, setelah itu kamu dapat mengamati apakah kulitmu berminyak atau justru terasa kering dan kulitmu terasa ditarik. Hal ini dapat menentukan kamu memiliki jenis kulit yang kering atau berminyak.

Namun, jika kamu masih ragu dengan jenis kulitmu, kamu bisa konsultasikan pada ahlinya untuk mendapatkan hasil yang tepat.

Masker alami untuk memutihkan wajah

Ada banyak bahan alami masker yang dapat bermanfaat untuk memutihkan wajah. Berikut ini beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk masker wajah alami.

Alpukat

Alpukat mengandung banyak lemak sehat, vitamin B, dan kalium yang dipercaya mampu melembabkan kulit. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat mengeksfoliasi kulit untuk mengangkat sel kulit mati. Sehingga, wajahmu akan lebih bersih dan berseri.

Nah, untuk membuat masker alami dari kandungan alpukat, kamu bisa mencampurkan dengan beberapa bahan lainnya seperti putih telur, lemon, dan oatmeal. Caranya cukup mudah, campurkan ½ alpukat matang, 1 butir putih telur, 2 sendok makan oatmeal, dan 1 sendok teh air perasan lemon. Aduh rata, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Pepaya

Jika kamu ingin memiliki kulit wajah yang lebih putih dan cerah, kamu bisa mencoba untuk memuat masker dengan buah papaya. Pepaya bisa sangat baik untuk kulit karena merupakan sumber vitamin A dan C.

Buah papaya matang matang memiliki kandungan papain, merupakan enzim yang dapat mengeksfoliasi kulit sehingga dapat menghilangkan lapisan atas sel-sel kulit mati di wajah. Pengelupasan atau eksfoliasi adalah salah satu langkah paling penting dalam perawatan kulit agar lebih cerah. Oleh karena itu, kamu perlu menyingkirkan lapisan kulit mati terlebih dahulu, untuk mendapatkan kulit yang putih dan cerah.

Cara membuatnya yaitu ambil 8-10 potongan dadu buah papaya dan tumbuk hingga halus, kemudian tambahkan 1 sdt susu 1 sdm madu. Campur atau aduk hingga semua bahan tercampur merata, kemudian oleskan ke wajah. Biarkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Bengkuang

Bengkoang juga memiliki kandungan Vitamin B dan C yang dapat mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C pada bengkoang meregenerasi sel kulit sehingga kulit tampak lebih cerah.

Kamu bisa membuat masker wajah alami dari bahan bengkoang saja atau mencampurnya dengan bahan lain. Cara membuatnya cukup mudah, kok. Tinggal cuci bersih bengkoang, kemudian parut bengkoang dan ambil sarinya. Diamkan hingga perasan air mengendap dan gunakan endapan air sebagai masker. Kamu juga bisa mencampurkan dengan madu pada endapan bengkoang untuk hasil yang maksimal.

Masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat

Untuk menghilangkan bekas jerawat, ada beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat masker wajah alami. Simak penjelasan berikut ini.

Pisang

Untuk menghilangkan bekas jerawat, pisang dapat menjadi pilihan. Pisang dikemas dengan bahan-bahan untuk kulit seperti vitamin A untuk memudar bintik-bintik gelap dan cacat dan menghaluskan kulit kasar, vitamin B untuk mengurangi kekeringan pada wajah, vitamin E untuk mengurangi munculnya keriput, dan melembabkan.

Jadi pisan alami yang sempurna dan sederhana dapat membuat kulit terlihat dan merasa lebih lembut. Cara membuatnya yaitu pisang matang berukuran sedang dapat ditumbuk menjadi halus lalu ratakan dengan lembut ke wajah dan leher.

Biarkan masker pisang meresap selama 10 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Kamu juga dapat mencampurnya dengan 1/4 yogurt dan 2 sendok makan madu (sebagai obat jerawat alami).

Cuka apel

Tahukah kamu bahwa cuka apel dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat? Cuka apel mengandung asam asetat dan beberapa vitamin A, B1, B2, B6, dan E. Kandungan tersebut dapat mengurangi hiperpigmentasi, jerawat, dan menyeimbangkan pH kulit. Selain itu, cuka apel juga mengandung malic acid yang dapat mengeksfoliasi kulit, sehingga mampu mencegah penyumbatan pori-pori yang menimbulkan jerawat.

Untuk cara membuatnya, kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan baking soda. Campurkan 2 sendok makan cuka apel dan 3 sendok makan baking soda. Lalu aduh rata dan oleskan pada seluruh area wajah. Diamkan sekitar 20 menit dan bilas dengan air dingin.

Masker wajah alami untuk kulit kusam

Ingin membuat wajah lebih berseri dan menghilangkan kusam? Kamu bisa coba pakai beberapa bahan berikut untuk dijadikan masker wajah.

Lemon

Jika kamu menginginkan kulit wajah yang lebih cerah dan tidak kusam, kamu dapat mencoba masker wajah alami dengan bahab dasar lemon. Lemon mengandung AHA dan BHA, dua jenis asam hidroksi yang menghilangkan sel-sel kulit mati dan membantu membersihkan komedo, jerawat, dan perubahan warna yang tidak merata.

Caea membuatnya dengan mencampur air perasan dari satu lemon dengan minyak zaitun 1/4 cangkir atau minyak almond. Kamu juga dapat mencampur air perasan dari 1/2 lemon dengan satu sendok makan madu. Kemudian oleskan ke seluruh wajah, tunggu 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Kunyit

Selain lemon, kamu juga bisa memanfaatkan kunyit sebagai bahan masker wajah alami untuk mencerahkan kulit. Kunyit dipercaya memiliki kandungan zat kurkumin yang dapat menghambat produksi hormon melanin, sehingga membuat warna kulit lebih merata. Selain itu, kunyit juga mampu membantu menjaga kesehatan kulit karena mengandung antioksidan.

Untuk membuat masker wajah dari kunyit, kamu bisa mencampurkan dengan bahan lain seperti yogurt. Caranya, tumbuk atau parut kunyit, kemudian campur beberapa sendok teh yogurt. Aduk sampai rata dan aplikasikan ke wajah. Diamkan kurang lebih 15 menit dan bilang dengan air hangat.

Lidah buaya

Terakhir kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk mencerahkan wajah. Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat memberikan efek menenangkan dan memperbaiki sel-sek kulit yang rusak. Kamu bisa menggunakan lidah buaya tanpa campuran apapun. Cukup oleskan daging lidah buaya pada wajah. Diamkan 15-20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Share artikel ini
Reference