Apakah kamu suka minum teh? Teh apa yang paling kamu suka? Salah satu teh yang cukup populer adalah teh hijau. Teh hijau merupakan salah satu minuman yang menyehatkan. Teh hijau sarat akan antioksidan yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Tapi, kamu mungkin bertanya-tanya apa manfaat teh hijau dan kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya. Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang teh hijau. Jika kamu ingin tahu informasinya, silakan baca artikel berikut sampai akhir, ya!

Apa itu teh hijau?

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Teh hijau dibuat dari tanaman Camellia sinensis. Teh hijau dibuat dengan cara mengolah daun Camellia sinensis dan kemudian mengeringkannya.

Teh ini tidak difermentasi sehingga mampu mempertahankan kandungan polifenolnya yang bermanfaat. Sejak ribuan tahun yang lalu, teh hijau umumnya diminum dan ditanam di Asia Timur, terutama Jepang. 

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Berikut adalah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari mengonsumsi teh hijau.

1. Mengurangi peradangan

Salah satu manfaat teh hijau adalah mengurangi peradangan. Teh ini memiliki kaya akan polifenol, yaitu senyawa alami yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan. 

Baca juga: Apakah Minum Teh saat Haid Diperbolehkan? 

2. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat minum teh hijau dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi menunjukkan bahwa kafein dan L-theanine dapat memiliki efek yang sangat kuat dalam meningkatkan fungsi otak.

3. Meningkatkan pembakaran lemak

Cara membakar lemak perut

Menurut penelitian, teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan metabolisme. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan sepuluh orang, mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar sebesar 4 persen. 

4. Menurunkan risiko penyakit kanker

Antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Teh hijau merupakan sumber antioksidan yang sangat baik sehingga dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif penyebab kanker.

5. Melindungi otak dari penuaan

Teh hijau tidak hanya meningkatkan fungsi otak, namun juga melindungi otak seiring bertambahnya usia. Senyawa dalam teh hijau dapat mengurangi risiko demensia dan gangguan neurodegeneratif.

6. Mengurangi bau mulut

Katekin yang terkandung dalam teh hijau bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut. Katekin dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi risiko bau mulut.

7. Mencegah penyakit diabetes

diabetes kering

Studi menunjukkan bahwa teh hijau bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah. Studi lainnya juga menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau memiliki risiko sekitar 42 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Baca juga: 11 Manfaat Minum Teh Tawar dan Kandungan Nutrisinya!

8. Mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat minum teh hijau selanjutnya adalah mencegah penyakit kardiovaskular. Orang yang minum teh hijau memiliki risiko 31 persen lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular. Teh hijau dapat menurunkan kolesterol total dan LDL.

9. Membantu menurunkan berat badan

Mengingat bahwa teh hijau dapat meningkatkan tingkat metabolisme dalam jangka pendek, masuk akal jika dikatakan bahwa teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan.

Jadi, teh hijau dapat memberikan banyak manfaat. Tetapi, beberapa manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

Baca juga: Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara konsumsi teh hijau dengan benar

manfaat minum teh

Cara mengonsumsi teh hijau dengan benar adalah:

  1. Jangan minum lebih dari dua hingga tiga cangkir dalam sehari
  2. Jangan minum dalam keadaan perut kosong
  3. Jangan minum segera setelah makan
  4. Jangan minum saat larut malam
  5. Jangan gunakan kembali kantong teh hijau
  6. Gunakan suhu air yang tepat
  7. Seduh selama 2 hingga 3 menit saja
  8. Tambahkan daun mint atau lemon

Baca juga: Manfaat Tak Terduga dari Teh Safron untuk Kesehatan Wanita! 

Kapan waktu terbaik untuk minum teh hijau?

Untuk memperoleh manfaat dari antioksidannya, jadikan teh hijau sebagai minuman yang dikonsumsi di antara waktu makan. Artinya, kamu bisa mengonsumsinya setidaknya dua jam sebelum dan dua jam setelah makan. 

Kemudian, sebaiknya jangan mengonsumsi teh hijau sebelum tidur. Sebab, teh hijau mengandung kafein dan bersifat diuretik. Meskipun kandungan kafeinnya lebih sedikit daripada teh lainnya, kafein tersebut dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Selain itu, karena bersifat diuretik, hal ini akan membuat kamu sering ke toilet untuk buang air kecil.

Meskipun dianggap bermanfaat bagi kesehatan, sebaiknya jangan mengonsumsinya secara berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping termasuk anemia. Jadi, konsumsi secukupnya saja.

Teh hijau memiliki banyak kesehatan untuk kesehatan tubuh, termasuk menurunkan berat badan dan mengurangi risiko penyakit kronis. Jika kamu berfokus untuk menurunkan berat badan dengan teh hijau, mengonsumsinya teh ini saja tidak cukup. Jangan lupa untuk berolahraga secara teratur juga, ya.

Share artikel ini
Reference