kalori melon

Melon adalah salah satu buah yang banyak disukai orang, dari mulai teksturnya hingga rasanya yang manis. Buah ini juga disebut menyehatkan karena mengandung berbagai vitamin dan nutrisi penting untuk tubuh. Tapi bagaimana dengan kalorinya, sebenarnya berapa kalori melon dan apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

Kalori melon benarkah tinggi?

Banyak anggapan bahwa buah ini memiliki kalori yang tinggi, tapi apakah anggapan tersebut benar? Padahal kalori melon termasuk rendah, loh. Faktanya dalam setiap 177 gram melon hanya memiliki 64 kalori. 

Bukan hanya kalorinya yang rendah, buah yang satu ini diperkaya dengan berbagai kandungan nutrisi lainnya. Berikut kandungan nutrisi yang ada pada buah melon.

  • Kalori: 64
  • Karbohidrat: 16 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Vitamin C: 53% dari referensi asupan harian (RDI)
  • Vitamin B6: 8% dari RDI
  • Folat: 8% dari RDI
  • Vitamin K: 6% dari RDI
  • Kalium: 12% dari RDI
  • Magnesium: 4% dari RDI

Manfaat makan melon sehari-hari

manfaat makan melon
Manfaat makan melon

Dengan berbagai kandungannya, menjadikan buah yang satu ini kaya akan manfaat. Berikut sejumlah manfaat buah melon:

1. Mengurangi tekanan darah

Melon merupakan buah yang rendah kandungan sodium namun kaya akan kandungan potasium. Dua hal ini menjadikan melon sebagai buah yang bermanfaat untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

2. Mengandung kesehatan tulang

Melon, khususnya melon madu memiliki kandungan nutrisi seperti folat, vitamin K, serta magnesium yang berperan untuk memelihara kekuatan tulang. Melon sendiri juga merupakan sumber folat yang penting untuk tulang.

Mengonsumsi makanan mengandung folat seperti melon diketahui dapat meningkatkan kesehatan tulang serta menjadi kadar homosistein agar tetap dalam kisaran normal. Selain itu, melon juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin K dan magnesium yang baik untuk tulang.

3. Meningkatkan kontrol gula darah

Beberapa hasil penelitian menunjukkan jika mengkonsumsi buah-buahan seperti melon dapat meningkatkan kadar gula darah secara sehat. Meskipun, sebenarnya melon juga mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan gula darah, namun buah ini juga mengandung serat dan berbagai nutrisi lain yang membantu tubuh untuk mengontrol darah dengan lebih baik.

Ingin Tahu Apa Kadar Gula Darah Yang Normal, Ini Cirinya!

4. Kaya akan elektrolit dan air

Melon memiliki kandungan air yang tinggi. Bahkan, pada melon madu mengandung sekitar 90 persen air dan elektrolit seperti magnesium, kalium, kalsium hingga natrium. Kombinasi berbagai kandungan ini menjadikan melon sebagai buah yang sangat baik untuk menghidrasi tubuh saat sakit maupun olahraga.

5. Menjaga kesehatan kulit

Ingin memiliki kulit yang sehat? Kamu bisa rutin mengkonsumsi melon. Pasalnya, melon mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin yang satu ini penting untuk produksi kolagen, yang berperan penting untuk memperbaiki sekaligus memelihara jaringan kulit.

Bukan hanya itu, vitamin C sendiri merupakan antioksidan yang kuat. Bahkan, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh efek buruk sinar matahari.

Lebih sehat melon atau semangka?

Melon dan semangka terkadang sering dibandingkan, bahkan kerap dipertanyakan, kira-kira sehat mana ya, melon atau semangka? Sebenarnya dua buah ini memiliki beberapa kandungan vitamin yang berbeda. Ada vitamin yang hanya terdapat pada melon tapi tidak dalam semangka dan begitu sebaliknya. 

Manfaat kesehatan dari semangka

Melon lebih kaya akan vitamin K, vitamin B6, hingga vitamin C. Sedangkan, semangka lebih kaya akan vitamin B5. Semangka sendiri mengandung lebih sedikit natrium tapi memiliki kandungan fosfor yang lebih banyak. Sedangkan, melon mengandung zat besi, kalium, kalsium dan juga tembaga yang kaya. 

Berikut sejumlah perbedaan kandungan nutrisi yang ada pada melon dan semangka. g.

1. Kalori

Kandungan kalori melon dan semangka sangat rendah, bahkan keduanya hampir memiliki jumlah kalori yang sama. Untuk setiap 100 gram melon mengandung 28 kalori sedangkan semangka 30 kalori. 

2. Protein dan lemak

Melon mengandung protein sebanyak, 1,11g per 100g. Kandungan ini lebih tinggi dibanding semangka yang memiliki kandungan protein 0,61g per 100g.

Namun, melon memiliki kadar lipid total yang lebih rendah dari semangka, yakni hanya 0,1g per 100g, sedangkan semangka mengandung 0,15g.

8 Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi, Lezat dan Menyehatkan

3. Karbohidrat

Kedua buah ini memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Tiap 100g melon mengandung 6,8 g protein, sedangkan semangka 7.55g protein. Selain itu, kandungan gulanya juga rendah, yakni melon mengandung 5,69g gula total per 100g, sedangkan semangka sekitar 6,2g per 100g. Selain itu, semangka juga mengandung lebih banyak fruktosa daripada sukrosa atau glukosa.

Sedangkan, melon lebih kaya serat. Melon mengandung 0,9g serat per 100g, sedangkan semangka hanya mengandung 0,4g serat.

4. Vitamin

Kedua buah ini merupakan sumber vitamin yang baik. Melon kaya akan vitamin C, dan vitamin B6, serta vitamin K yang baik. Sedangkan, semangka kaya akan vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B5.

Share artikel ini
Reference