makanan untuk menurunkan kolesterol

Tak hanya orang dewasa, kolesterol tinggi juga bisa terjadi pada remaja maupun anak-anak. Penyebabnya pun beragam, salah satunya makanan. Namun, ada juga makanan untuk menurunkan kolesterol. Apa sajakah itu?

Dalam tubuh kita, kolesterol memiliki peranan penting dalam membangun sel-sel sehat. Namun, kadarnya harus sesuai dengan batas anjuran berdasarkan jenis kolesterol, jenis kelamin, dan usia seseorang. 

Apabila kadar kolesterol terlalu tinggi, kondisi tersebut dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah dan menjadi endapan hingga mempersulit aliran darah ke arteri. Endapan tersebut bisa tiba-tiba pecah dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke, lho.

Untuk itu, yuk waspadai berbagai penyebab kolesterol tinggi serta ketahui berbagai makanan untuk menurunkan kolesterol dengan cepat!

Penyebab kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal. Selain faktor genetik, kadar kolesterol yang tidak normal sebagian besar disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, termasuk makan makanan yang tinggi lemak. 

Selain itu, penyebab kolesterol tinggi di antaranya:

  1. Kurang berolahraga
  2. Diet yang tidak sehat, khususnya makan lemak jenuh tingkat tinggi
  3. Menderita diabetes atau tekanan darah tinggi (hipertensi)
  4. Memiliki riwayat keluarga stroke atau penyakit jantung
  5. Memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kardiovaskular dini
  6. Rendahnya asupan makanan yang mengandung lemak sehat
  7. Merokok
  8. Kelebihan berat badan atau obesitas dan memiliki terlalu banyak lemak tubuh di bagian tengah tubuh

Ciri Ciri Kolesterol Tinggi yang Perlu Kamu Waspadai, Apa Saja?

5 makanan untuk menurunkan kolesterol

daftar makanan untuk menurunkan kolesterol yang aman

Faktanya, apa yang kamu makan akan berdampak pada kadar kolesterolmu, lho. Cobalah menerapkan pola makan yang menyehatkan jantung dengan mengonsumsi berbagai macam makanan segar dan membatasi makanan olahan.

Lantas, apa saja makanan untuk menurunkan kolesterol yang direkomendasikan? Berikut daftarnya:

1. Cokelat hitam

Cokelat masih menjadi salah satu makanan favorit hampir semua kalangan. Namun, siapa sangka, di balik kelezatannya, cokelat hitam memiliki banyak manfaat.

Pasalnya, kakao yang dapat kamu temukan dalam cokelat hitam mengandung flavonoid, sekelompok senyawa yang umumnya terdapat pada berbagai buah dan sayuran. Sifat antioksidan dan antiinflamasinya ini bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Hal tersebut terbukti dari studi yang diterbitkan pada 2015, orang yang meminum minuman mengandung flavanol kakao 2 kali sehari selama sebulan di akhir percobaannya terbukti kadar kolesterol LDL dan tekanan darah mereka menurun, dan kadar kolesterol HDL mereka meningkat.

Namun, makanlah produk cokelat hitam dalam jumlah sedang karena mengandung lemak jenuh dan gula yang tinggi. Tips lainnya dalam memilih cokelat, pastikan kamu memilih produk cokelat hitam dengan kandungan sebanyak 70%.

2. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah kaya akan lemak tak jenuh dan serat yang baik untuk kesehatan jantung. Dalam secangkir alpukat atau setara 150 gram, kamu bisa mendapatkan 14,7g lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengurangi kadar kolesterol LDL.

Berkat lemak tak jenuh dan serat yang tinggi, buah ini diyakini dapat menyehatkan jantung serta membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Tak hanya buahnya, minyak dari ekstrak daging buah alpukat juga memiliki manfaat yang sama, di mana kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol.

3. Salmon

Sebagai salah satu sumber asam lemak omega-3 alami terbaik, salmon memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu melindungi pembuluh darah dan jantung dari penyakit dengan menurunkan kadar trigliserida, lemak yang masuk ke aliran darah setelah makan. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa merasakan manfaat kesehatan jantung lainnya dari mengonsumsi salmon. Pasalnya, makanan untuk menurunkan kolesterol ini dapat mencegah pembentukan kristal kolesterol di arteri, mengurangi peradangan, dan memperbaiki cara kerja kolesterol HDL.

4. Kacang

Makanan untuk menurunkan kolesterol lainnya, yaitu kacang. Kacang adalah sumber lemak tak jenuh baik yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, terutama saat menggantikan lemak jenuh dalam makanan.

Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan serat yang membantu menjaga tubuh dari penyerapan kolesterol dan meningkatkan ekskresinya.

Fakta menariknya, semua kacang cocok untuk diet penurun kolesterol yang menyehatkan jantung, seperti kacang almond, kacang kenari, kacang brazil, hingga kacang mete.

5. Apel

Penelitian pada 2019 menemukan bahwa di antara 40 peserta dengan kolesterol agak tinggi, mengonsumsi dua apel sehari dan hasilnya kolesterol total dan LDL-nya menurun. Bahkan, penurunan kolesterol ini juga dibarengi dengan turunnya kadar trigliserida, sejenis lemak dalam darah.

Menurut penelitian, manfaat tersebut didapat berkat senyawa fenolik yang ditemukan di kulit apel alias senyawa antioksidan yang meningkatkan fungsi sel yang sehat dan aliran darah yang baik.

Tanpa disangka, di balik kelezatannya, ternyata makanan ini dapat menurunkan kolesterol. Nah, yang perlu kamu ingat, kebanyakan orang dengan kolesterol tinggi merasa sangat sehat dan sering kali tidak memiliki gejala.

Manfaat Terong untuk Ibu Hamil, Ternyata Bisa Bantu Turunkan Kolesterol!

Selain mengonsumsi makanan untuk menurunkan kolesterol di atas, lakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui kadar kolesterolmu. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui yang perlu kamu lakukan jika kadar kolesterol jahat dalam tubuh mengalami peningkatan.


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference