kadar gula darah normal

Kadar gula darah normal adalah jumlah gula yang dimiliki oleh seseorang dalam dengan jumlah tertentu. Kadar glukosa darah memiliki nilai normal tertentu, sehingga peningkatan atau penurunannya perlu di perhatikan dan mendapatkan penanganan medis.

Kondisi yang normal ini tidak berpatokan pada angka yang baku. Tetapi, kadar gula dalam darah ini bisa berubah tergantung kondisi tubuh seperti setelah makan, sebelum makan, atau dalam kondisi lainnya.

Kadar gula darah normal menurut usia

Rentang kadar gula darah yang normal pada orang dewasa yang tidak memiliki riwayat diabetes ketika berpuasa adalah 72-99 mg/dL. Kadar tersebut bisa meningkat menjadi 80-130 mg/dL ketika orang tersebut mengalami diabetes.

Seseorang disebut sebagai penderita diabetes, yaitu ketika orang tersebut memiliki kadar gula darah yang tinggi pada rentang 80-130 mg/dL bahkan ketika berpuasa. Selain itu, kadarnya juga akan kurang dari 180 mg/dL pada saat 2 jam setelah makan.

Kadar gula darah yang tinggi bagi orang normal adalah 140 mg/dL, sedangkan bagi penderita diabetes kadar glukosanya mulai dari 180 mg/dL atau lebih. Anak-anak di bawah usia 6 tahun memiliki kadar gula normal 80-200 mg/dL.

Anak-anak dengan usia 6-12 tahun memiliki kadar glukosa darah normal yaitu 80-180 mg/dL. Sedangkan untuk usia remaja, kadar glukosa darah normalnya adalah 70-150 mg/dL dan untuk orang dewasa di atas 20 tahun normalnya 100-180 mg/dL.

Tanda kekurangan dan kelebihan kadar gula

Menjaga kadar glukosa darah untuk tetap dalam batas normal sangatlah penting. Karena, kadar yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh kamu.

Hipoglikemia merupakan keadaan dimana tubuh memiliki kadar gula darah kurang dari 70 mg/dL atau lebih rendah dari batas kadar normal. Kondisi ini akan menimbulkan beberapa gejala kesehatan, yaitu:

  • Tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga
  • Kulit pucat dan mudah berkeringat
  • Mudah merasa lelah dan lapar
  • Merasa gelisah, sensitif dan sulit berkonsentrasi
  • Merasakan kesemutan di area mulut
  • Kejang
  • Jantung berdebar

Sementara itu, untuk hiperglikemia yang terjadi ketika seseorang memiliki kadar glukosa darah lebih dari 200 mg/dL atau lebih tinggi dari kadar normalnya akan mengalami beberapa gejala medis sebagai berikut:

  1. Berat badan tubuh yang kurang dari normal
  2. Nafsu makan akan meningkat
  3. Mudah kelelahan dan merasa haus
  4. Sering merasa ingin buang air kecil terus
  5. Merasa gelisah dan tidak tenang
  6. Memiliki penglihatan yang buram
  7. Kulit menjadi kering, kemerahan hingga terasa panas
  8. Sering mengalami infeksi pada area gigi dan mulut

Penyebab berubahnya kadar gula darah dalam tubuh

Adanya perubahan kadar glukosa darah pada tubuh yang menjadi tinggi pada penderita diabetes dapat terjadi oleh beberapa faktor. Salah satunya asupan makanan yang gizinya tidak seimbang dan aktivitas fisik yang kurang.

Pada penderita diabetes, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kadar glukosa darah tetap normal. Salah satunya adalah olahraga, mengkonsumsi beberapa obat untuk menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, stress secara fisik atau emosional dapat memicu adanya pelepasan hormone dan membuat kadar gula darah menjadi tinggi. Pada wanita, menstruasi dan menopause juga dapat menyebabkan perubahan hormonal dan mempengaruhi kadar gula darah.

Beberapa faktor dapat menyebabkan gula darah tinggi (hiperglikemia) pada penderita diabetes.

Cara menjaga kadar gula darah normal

Ada beberapa cara bagi kamu untuk menjaga kadar gula darah agar berada dalam batas nilai yang normal. Hal ini dilakukan juga agar kamu bisa menjaga kesehatan tubuh dengan baik dan tidak menimbulkan penyakit lainnya.

Salah satu caranya yaitu dengan diet rendah gula dan mengatur pola makan yang sehat. Tidak memakan makanan yang tinggi karbohidrat dan gula seperti kentang, mentega dan makanan berlemak tinggi.

Melakukan aktivitas fisik yang cukup seperti olahraga ringan yang bisa membakar lemak dan kalori berlebih. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengecekan glukosa darah secara teratur untuk mengetahui kadar gula darah kamu berada dalam batas yang normal atau tidak.

Bagi kamu yang menderita diabetes, kamu bisa membuat buku catatan yang dapat membantu perawatan diabetes. Seperti melakukan pencatatan konsumsi insulin dan beberapa tindakan pengobatan lainnya.
Kadar glukosa darah harus kamu jaga agar tetap berada pada batas normal. Karena kadar yang terlalu tinggi atau rendah dapat menyebabkan kesehatan tubuh kamu menjadi buruk. Mulailah dari hal kecil seperti menjaga asupan makanan dengan gizi yang seimbang.

Share artikel ini
Reference