kalori nasi jagung

Salah satu makanan pokok orang Indonesia adalah nasi. Agar lebih sehat, sebaiknya nasi tidak dikonsumsi berlebihan. Beberapa orang bahkan mengkombinasikan nasi dengan bahan pokok lainnya, seperti jagung. Namun, kira-kira berapa kalori nasi jagung dan apa manfaat mengonsumsinya? 

Tidak hanya karbohidrat, nasi jagung juga mengandung protein dan serat yang lebih tinggi daripada nasi putih. Protein berperan penting bagi pertumbuhan dan pemeliharaan sel tubuh, serta membantu mempertahankan keseimbangan atau mengendalikan kadar gula dalam darah. Sementara itu, kandungan serat pada jagung dapat membantu proses pencernaan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Berapa kalori nasi jagung?

Dengan kandungan nutrisi yang baik dalam nasi jagung, kamu mungkin bertanya-tanya apakah nasi ini benar-benar sehat untuk dikonsumsi setiap hari? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita bisa mengetahuinya dengan melihat kalori nasi jagung beserta kandungan gizinya. 

Melansir dari data komposisi pangan Indonesia milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, di dalam 100 gram nasi jagung, mengandung 86 kalori. Adapun komposisi atau nutrisi nasi jagung terdiri dari:

  • Air: 11 gram
  • Protein: 8,8 gram
  • Lemak: 0,5 gram
  • Karbohidrat: 79,5 gram
  • Serat: 6,2 gram
  • Kalsium: 5 gram
  • Fosfor: 43 miligram
  • Natrium: 2 miligram
  • Kalium: 30,4 miligram
  • Tembaga: 0,10 miligram
  • Zinc: 0,3 miligram

Ternyata, ada beragam nutrisi yang terkandung pada nasi jagung ya, Yoonies! Kamu juga sekarang jadi tahu kan berapa kalori nasi jagung? Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi nasi jagung? Yuk, baca artikel ini sampai tuntas.

3 Sendok Makan Nasi Berapa Kalori? Berikut Ulasannya!

Manfaat mengonsumsi nasi jagung

kalori dan manfaat makan nasi jagung

Berdasarkan kalori dan kandungan nutrisinya, makanan ini cocok buat kamu yang sedang menjaga kesehatan tubuh dan berat badan. Namun, tentu saja jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Nah, buat kamu yang penasaran dengan manfaat mengonsumsi nasi jagung, cek satu per satu di bawah ini.

1. Mengendalikan kadar gula darah

Bila ingin mengontrol atau mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh, kamu dapat mengonsumsi nasi jagung dengan beras merah. Sebab, beras merah dapat mengendalikan kadar gula darah yang ada di dalam tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Serat yang ada pada nasi dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Serat dapat membuat kamu merasa kenyang sehingga akan lebih mudah bagi kamu untuk mempertahankan berat badan yang ideal agar tetap sehat. Selain itu, beras merah juga mengandung vitamin dan mineral yang membantu darah mengangkut oksigen dan melakukan fungsi vital lainnya.

3. Mengurangi risiko kanker

Bila kamu mengonsumsi nasi jagung dengan beras merah, ada tiga jenis fenolik yang merupakan antioksidan alami pada tumbuhan. Nah, antioksidan ini dapat mengurangi risiko kanker dengan menjaga radikal bebas dari kerusakan sel. 

4. Melancarkan pencernaan

Serat tidak larut dalam nasi dapat mendorong pergerakan usus secara teratur sehingga pencernaan kamu menjadi lancar, mencegah wasir, dan meningkatkan kontrol usus. Kamu pun bisa mengurangi risiko masalah pencernaan dengan mengonsumsi nasi jagung.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Jagung memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang dapat mencegah katarak dan degenerasi makula akibat usia. Kedua karotenoid tersebut dapat membentuk sebagian besar daerah makula mata sehingga dapat meningkatkan kesehatan mata.

Lagi Diet Dan Sering Makan Nasi Merah? Yuk, Cek Kalorinya!

Resep nasi jagung yang bisa dicoba di rumah

Dengan berbagai manfaat dan kandungan nutrisi baiknya, kamu tentu jadi tergoda untuk membuat nasi jagung, bukan? Bila iya, Yoona memiliki resep mudah membuat nasi jagung yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Yuk, simak caranya di bawah ini!

Bahan-bahan: 

  1. 2 buah jagung
  2. 600 gram beras
  3. 3 sdm minyak goreng
  4. 5 lembar daun salam
  5. 3 batang serai
  6. 2 lembar daun pandan
  7. 10 siung bawang merah
  8. 2 siung bawang putih
  9. Air matang

Cara membuat nasi jagung:

  1. Tumis seluruh bumbu dapur, seperti bawang merah, bawang putih, serai, daun pandan, dan daun salam di wajan dengan api sedang. Tumis selama beberapa saat hingga mengeluarkan aroma yang harum.
  2. Jika sudah, masukkan beras dan jagung sekaligus dan campur dengan bumbu hingga rata.
  3. Tuang air matang secukupnya dan tunggu selama beberapa saat hingga beras menjadi aron atau setengah matang, seperti ketan.
  4. Jika sudah, angkat dan hidangkan.
  5. Selanjutnya, kamu dapat mengukus lagi sampai matang.
  6. Nasi jagung pun siap dihidangkan.

Itulah penjelasan tentang kalori nasi jagung, kandungan nutrisi, manfaat mengonsumsinya, hingga cara membuatnya. Kamu bisa menjadikan nasi jagung sebagai makanan alternatif di kala bosan.



Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference