makanan yang mengandung protein

Makanan yang mengandung protein tinggi akan memberikan perasaan kenyang setelah makan, mendukung pertumbuhan otot, membantu tubuh memiliki tulang yang kuat, dan memperkuat kekebalan tubuh. Protein memainkan begitu banyak peran penting dalam tubuh kita.

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, makanan berprotein tinggi harus menjadi prioritas. Memperbanyak protein serta lebih sedikit karbohidrat dan lemak dapat menurunkan berat badan secara efektif, meningkatkan energi, dan meningkatkan kinerja atletik.

Makanan yang mengandung protein tinggi untuk diet

Wanita membutuhkan setidaknya 50 gram protein sehari, sedangkan pria sekitar 60 gram per hari. Berikut adalah beberapa makanan dengan protein tinggi yang bisa kamu pilih sebagai menu diet:

1. Daging sapi tanpa lemak

Terdapat sekitar 22 gram protein per porsi 3 ons dari 93% daging tanpa lemak. Daging sapi tanpa lemak dapat memberi kamu protein berkualitas tinggi dan nutrisi penting lainnya seperti zat besi.  

Tinggi Protein, Ini 6 Manfaat Ulat Sagu untuk Kesehatan

2. Dada ayam

Dada ayam tanpa kulit mengandung sekitar 27 gram protein per porsi 3 ons. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi melihat para penggiat diet dan olahragawan sering mengonsumsi dada ayam sebagai menu utama.

3. Salmon

Salmon mengandung 19 gram protein per porsi 3 ons, ikan ini dikenal karena lemak sehatnya yang mendukung kesehatan jantung. Siapa sangka bahwa makanan ini juga mengandung protein dalam porsi besar yang bisa kamu andalkan sebagai menu diet.

telur rebus

4. Telur

Makanan andalan semua orang ini mengandung 6 gram protein per 1 butir telur besar. Makan telur adalah cara paling mudah untuk mendapatkan beberapa protein berkualitas tinggi. Kamu dapat menikmatinya dengan orak-arik atau direbus, atau memasukkannya ke dalam salad.

5. Selai kacang

Selai kacang mengandung 7 gram protein per 2 sendok makan. Sebagai sumber protein nabati yang disukai banyak orang, mengonsumsi selai kacang alami adalah cara yang tepat dan murah. Kamu bisa mengoleskannya pada roti atau mencampurnya dengan salad.

6. Pasta

Pasta mungkin dianggap sebagai sumber karbohidrat, tetapi porsi 2 ons pasta semolina klasik menyediakan protein yang hampir sama banyaknya dengan satu telur besar yaitu 6 gram protein. Kamu bisa memasak pasta dengan campuran makanan sehat lainnya.

7. Keju cottage

Keju cottage yang lembut adalah sumber protein alami yang mudah dimasukkan ke dalam diet sehat, memiliki 12 gram protein per porsi 1/2 cangkir. Pilih resep yang membantu menjaga kandungan protein tetap tinggi tanpa perlu menambahkan daging apa pun.

8. Lentil

Untuk protein nabati terbaik, beralihlah ke lentil yang mengandung 18 gram protein per 1 cangkir lentil matang. Tidak hanya kaya akan nutrisi makro, lentil tetapi juga mengandung antioksidan, serat, vitamin, dan mineral. 

Manfaat diet protein

Manfaat diet protein
Manfaat diet protein

Diet tinggi protein membantu mengurangi rasa lapar, meningkatkan rasa kenyang, meningkatkan laju metabolisme, dan mempertahankan massa otot. Namun, diet ini belum tentu akan cocok pada semua orang. Kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mempertimbangkannya. Berikut manfaat diet protein yang bisa kamu dapatkan:

1. Membakar kalori

Penelitian menunjukan bahwa ketika kamu mengonsumsi lebih banyak protein, maka kalori dalam tubuh akan mulai menyusut. Kalori yang tersisa dalam tubuh akan aktif bekerja untuk metabolisme tubuh.

2. Mempertahankan massa otot

Seringkali massa otot ikut berkurang ketika lemak dan berat badan kamu menurun, hal ini tentu kurang baik untuk tubuh. Tapi tenang saja, kamu bisa mencegahnya dengan konsumsi protein secara teratur. Protein akan membantu kamu mempertahankan massa otot bahkan meningkatkannya.

3. Menurunkan berat badan

Konsumsi protein dapat meningkatkan hormon kenyang sehingga otak memberi sinyal untuk berhenti makan. Rasa lapar yang berkurang akan membantu kamu menurunkan berat badan secara efektif, tentunya dibarengi dengan olahraga teratur.

Ini Dia Jumlah Kalori Semangka yang Cocok untuk Diet

4. Mengendalikan nafsu makan

Mengonsumsi makanan tinggi protein dapat membuat kamu kenyang lebih cepat dan lama. Sehingga asupan kalori berkurang karena kamu sudah kenyang dan memilih untuk tidak ngemil.

Protein memang sangat penting untuk tubuh apalagi untuk program diet yang sedang kamu jalani. Tapi jangan sampai lupa untuk mengonsumsi makanan lain agar tubuh tetap mendapat nutrisi yang seimbang.

Share artikel ini
Reference