kalori jus alpukat

Alpukat adalah buah dengan cita rasa creamy yang pas dipadukan dengan berbagai makanan bahkan dibuat menjadi minuman, salah satunya adalah jus alpukat.

Minuman yang satu ini juga kerap dijadikan sebagai minuman sehat karena kandungan nutrisi alpukat di dalamnya. Tapi, sebenarnya berapa sih kalori jus alpukat tersebut?

Berapa kalori dalam segelas jus alpukat

manfaat alpukat untuk kesehatan

Dalam setiap 100 gram alpukat memiliki 160 kalori, 2 gram protein, 8,5 gram karbohidrat, dan 14,7 gram lemak. Selain itu, alpukat juga mengandung magnesium, potasium, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K yang sangat baik untuk tubuh. 

Berikut informasi lengkap kalori alpukat dan nutrisi yang dikandungnya

  • Kalori: 160
  • Lemak: 14,7g
  • Natrium: 7mg
  • Karbohidrat: 8,5g
  • Serat: 6,7g
  • Gula: 0,7g
  • Protein: 2g
  • Magnesium: 29mg
  • Kalium: 485mg
  • Vitamin C: 10mg
  • Vitamin E: 2,1 mg
  • Vitamin K: 21mcg

Jika setiap 100 gram alpukat memiliki 160 kalori, lantas berapa kalori jus alpukat setiap satu gelasnya. Kalori jus alpukat adalah 277 kalori, namun jumlah kalori bisa bertambah jika kamu menambahkan komponen lain dalam jus ini, misalnya gula.

14 Manfaat Jus Pisang untuk Kesehatan, Cocok untuk Diet!

Manfaat jus alpukat

Dari berbagai kandungan yang dimiliki buah alpukat, menjadikan buah ini memiliki sejumlah manfaat ketika dijadikan sebagai jus yang menyegarkan. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi jus alpukat. 

1. Membantu manajemen diabetes

Buah Alpukat termasuk ketika diolah menjadi jus memiliki banyak manfaat untuk penderita diabetes. Meskipun buah yang satu ini memiliki kandungan karbohidrat, namun peringkat indeks glikemik yang dimilikinya rendah, bahkan hampir nol.

Ini artinya, buah ini memiliki efek ringan pada gula darah. Ini artinya, alpukat merupakan pilihan buah yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. 

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan alpukat memiliki kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi. Sedangkan, kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Ini sebabnya mengapa minum jus alpukat disebut dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular tersebut.

3. Dapat menurunkan risiko sindrom metabolik

Banyak peneliti mengungkapkan bahwa mengkonsumsi buah alpukat dikaitkan dengan risiko sindrom metabolik yang lebih rendah.

Selain itu, para peneliti juga mencatat hubungan antara mengkonsumsi alpukat dengan kualitas diet yang lebih baik secara keseluruhan.

4. Dapat menurunkan berat badan

Salah satu daftar makanan yang sering masuk dalam menu diet adalah buah alpukat. Pasalnya, buah yang satu ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Meskipun jumlah kalori jus alpukat memang cukup tinggi, namun buah ini tetap dapat memberikan manfaat untuk penurunan berat badan. 

Alpukat sendiri memiliki tekstur yang creamy, rasanya juga gurih dan mengandung lemak sehat yang dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal: Gunakan Rumus Ini

Selain itu, buah yang satu ini juga kaya akan serat sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang. Jadi, cocok banget untuk dikonsumsi kamu yang tengah diet menurunkan berat badan. 

Penelitian juga telah menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi alpukat dan penurunan berat badan,Body Mass Index (BMI) yang lebih rendah, serta penurunan lingkar pinggang.

Bukan hanya itu, pada beberapa penelitian terbatas juga menunjukan bahwa buah yang satu ini baik untuk menurunkan berat badan. Selain itu, mengkonsumsi buah alpukat secara teratur dapat mengurangi risiko kelebihan berat badan.

Efek samping minum jus alpukat

Meskipun memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh, namun pada beberapa orang mungkin dapat mengalami sejumlah efek samping ketika mengkonsumsi jus alpukat.

kalori alpukat

Beberapa efek sampingnya adalah hipersensitivitas dan reaksi kulit- kulit gatal. Namun selain dua hal tersebut ada beberapa efek samping lain yang mungkin ditimbulkan, yakni:

1. Alergi

Meskipun alergi alpukat jarang terjadi, namun alpukat sendiri dapat menjadi pemicu potensial dari alergi untuk beberapa orang. Selain itu orang dengan sindrom alergi oral juga dapat mengalami reaksi alergi ketika mengkonsumsi alpukat atau jus alpukat. 

2. Menurunkan keefektifan obat tertentu

Orang yang mengkonsumsi warfarin atau obat pengencer darah ketika mengkonsumsi jus alpukat atau buahnya secara langsung dapat membuat efektifitas obat ini menjadi menurun.

Pastikan untuk menanyakan pada penyedia layanan kesehatan atau dokter mengenai efek tersebut pada obat yang kamu konsumsi. 

3. Reaksi alergi yang parah (syok anafilaksis)

Meskipun cukup jarang terjadi, tapi mengkonsumsi jus alpukat pada beberapa orang dapat menimbulkan reaksi alergi yang parah. Gejalanya adalah bentol yang disertai rasa gatal, ruam merah pada kulit, bengkak pada mata,kaki, tangan atau bibir.

Mulai Dari Stroke Hingga Alergi, Ini Bahaya Santan Bagi Tubuh

Selain itu, juga dapat menimbulkan bengkak pada mulut, lidah, maupun tenggorokan, pusing atau bahkan sampai pingsan. 

Itulah ulasan mengenai kalori jus alpukat, manfaat hingga efek sampingnya. Supaya manfaatnya semakin maksimal, hindari menambahkan gula terlalu banyak pada jus alpukat kamu. Jadi bagaimana, apakah kamu salah satu penggemar minuman sehat yang satu ini?

Share artikel ini
Reference