kalori telur dadar

Kalori telur dadar rendah menjadikan masakan ini sebagai menu favorit sarapan banyak orang, terutama bagi kamu yang sedang diet. Tidak hanya lezat, telur juga menjadi sumber protein yang berperan penting bagi tubuh. 

Omelette atau telur dadar menjadi menu yang paling mudah dan enak, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun jika telur dimasak dengan cara yang kurang tepat, kamu akan kehilangan nutrisi dan manfaat lainnya.

Berapa kalori dalam telur dadar?

Menurut Departemen Pertanian AS, satu butir telur dadar 61 gram mengandung 94 kalori. Angka ini memenuhi rata-rata adalah 4,7 persen dari total asupan kalori harian wanita dewasa. Sedangkan untuk pria dewasa rata-rata, angka tersebut adalah 3,9 persen dari jumlah kalori yang harus dipenuhi setiap hari. 

Total kalori ini tidak termasuk dengan isian telur dadar, jika kamu sedang diet maka hindari isian telur berkalori tinggi. Untuk menjaga total kalori tetap rendah, pilihlah sayuran tumis dan keju rendah atau rendah lemak sebagai isian omelette.

Apakah telur dadar bagus untuk diet?

Jawabannya ya! Omelet baik untuk diet dan menurunkan berat badan. Selain memiliki protein berkualitas tinggi, lemak sehat, berbagai vitamin dan mineral penting, telur juga memiliki sifat unik yang membantu menurunkan berat badan. Alasannya yaitu:

1. Rendah kalori

Kamu tentunya perlu mengurangi jumlah kalori untuk menurunkan berat badan. Telur bersifat rendah kalori dan merupakan salah satu makanan paling bergizi. Kamu bisa dengan mudah membuat telur dadar dengan 2-3 butir telur.

Kamu juga bisa mencampurkan sayuran seperti tomat dan bawang bombay tanpa khawatir kenaikan berat badan.

2. Mengenyangkan

Karena telur memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang dibandingkan dengan makanan protein rendah.

Jika dipasangkan dengan makanan berserat, telur cukup efektif untuk diet dan menurunkan berat badan. Karena kenyang lebih lama setelah makan telur, kamu jadi terhindar dari ngemil tengah malam.

3. Meningkatkan metabolisme

Telur mengandung keseimbangan yang baik dari semua asam amino, sehingga mampu meningkatkan metabolisme, yang juga membantu membakar lebih banyak kalori untuk mendukung penurunan berat badan.

Tips masak telur dadar yang sehat

Telur dadar sangat bagus untuk diet karena mengandung kalori yang rendah, asalkan kamu memasaknya dengan kombinasi yang sehat. Dilansir dari Eat This Not That, berikut adalah kombinasi telur dadar sehat yang bisa kamu masak:

  • 2 putih telur + 1 telur utuh

Menurut Lauren Harris-Pincus, MS, RDN, ahli diet, dan penulis The Everything Easy Pre-Diabetes Cookbook, kombinasi 2 putih telur + 1 telur untuk adalah menu yang efektif untuk menurunkan berat badan. Menyingkirkan kuning telur dapat membantu menurunkan kalori dan kolesterol dalam piring sarapanmu!

  • Telur, tomat, paprika hijau dan keju cheddar

Kamu bisa memasak telur dadar sehat gaya barat dengan kombinasi paprika hijau, tomat cincang, dan 1-2 sendok makan keju cheddar. Asupan kalori dan lemak jenuh akan terkendali, serta memaksimalkan serat serta vitamin dan mineral yang menyempurnakan protein dari telur.

  • Telur dan bawang bombay

Bawang Bombay yang dikaramelisasi akan memberikan rasa gurih sehingga kamu tidak perlu menambahkan keju. Telur memiliki protein, sedangkan bawang bombay menawarkan serat dan antioksidan. 

  • Telur dan salmon asap

Menu kombo ini sudah jelas memiliki rasa lezat, protein tinggi, dan kaya akan omega 3. Kamu juga bisa menghiasnya dengan daun bawang segar untuk mendapatkan rasa, serat, antioksidan, dan anti-inflamasi. 

  • Telur, bayam, tomat, dan zaitun

Memaksimalkan asupan sayuran dengan telur dadar yang terinspirasi gaya Mediterania ini. Kombinasi makanan sehat ini menawarkan protein, antioksidan, dan serat yang sangat baik, ditambah lemak sehat, berkat tambahan buah zaitun. Bonusnya, kamu bisa kenyang lebih lama!

  • Telur, jalapeno, tomat

Menu telur dadar yang terinspirasi Meksiko dengan cabe jalapeno dan tomat, kamu bisa menambahkan bawang dan sedikit keju parut jika suka. Kekuatan rasa Jalapeños dapat membantu kamu menghindari penggunaan bumbu atau garam sehingga dapat memotong jumlah kalori yang masuk.

Kamu bisa menikmati telur dadar sehat untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Kombinasikan sayur dan daging akan menambah variasi rasa agar kamu tidak bosan dengan telur dadar!

Share artikel ini
Reference