penyakit kardiovaskular adalah

Beberapa faktor penyebab penyakit kardiovaskular yakni gaya hidup yang tidak sehat, merokok, kurang aktif atau jarang berolahraga, sering mengonsumsi makanan berlemak dan tidak bergizi, serta terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol.

Penyakit kardiovaskular tergolong penyakit yang berbahaya karena menurut WHO, sebanyak 17,6 juta kasus kematian setiap tahunnya disebabkan oleh penyakit kardiovaskular.

Sedangkan di Indonesia PJK merupakan penyebab kematian tertinggi kedua pada semua umur setelah stroke, yaitu 12,9%. Beberapa penyakit jantung lainnya adalah gangguan irama jantung (aritmia), dan kelainan jantung bawaan (congenital heart defect).

Penyakit kardiovaskular adalah kondisi medis yang ditandai dengan adanya kelainan jantung. Penyakit jantung yang paling umum adalah penyakit kardiovaskular. Ketahui juga cara mencegah penyakit kardiovaskular di bawah ini!

Penyakit kardiovaskular adalah

Suatu kondisi penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada (angina) atau stroke.

Jantung adalah organ yang terdiri dari otot. Jantung membutuhkan suplai darah yang cukup agar otot jantung berkontraksi dan memompa darah ke seluruh tubuh. Selain dipompa ke seluruh tubuh, jantung juga memompa darah ke dirinya sendiri melalui arteri koroner.

Ketika satu atau lebih arteri koroner menyempit, darah menjadi sulit untuk mencapai jantung, terutama saat pasien berolahraga. Hal ini akan menimbulkan gejala seperti nyeri dada, tekanan pada dada, atau sesak napas yang sering menjalar ke bahu, lengan, atau leher.

Gejala ini dikenal sebagai angina. Ketika salah satu arteri koroner tersumbat total (biasanya karena plak yang pecah dan menyebabkan bekuan darah), suplai darah ke jantung hilang dan otot jantung mati. Ini dikenal sebagai serangan jantung yang disebabkan karena memiliki penyakit jantung koroner.

Menurut WHO, sebanyak 17,5 juta orang di dunia meninggal karena penyakit kardiovaskular atau 31% dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia.

Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan penyakit kardiovaskular yang umum, dimana pada kondisi ini terjadi penyumbatan pada pembuluh darah koroner yang mensuplai jantung.

Beberapa jenis kardiovaskular

Penyakit jantung adalah istilah umum untuk semua penyakit yang menyerang jantung. Ada banyak berbagai jenis penyakit jantung, berikut adalah yang umum terjadi:

1. Jantung koroner

Penyakit jantung koroner terjadi karena penumpukan plak, yang menyebabkan arteri menyempit. Akibatnya, suplai darah ke jantung berkurang dan alirannya terhambat.

Penyakit jantung koroner harus segera ditangani karena jika tidak akan menimbulkan penyakit lain seperti aritmia, serangan jantung, hingga gagal jantung.

2. Aritmia

Aritmia adalah penyakit yang disebabkan oleh detak jantung yang tidak normal, misalnya terlalu lambat, terlalu cepat, bahkan tidak teratur. Penyakit ini biasanya disebabkan karena impuls listrik yang mengatur detak jantung terganggu dan tidak dapat bekerja secara maksimal.

3. Penyakit arteri perifer

Penyakit arteri perifer adalah suatu kondisi di mana plak menumpuk di arteri, menyebabkan penyumbatan aliran darah ke kaki. Akibatnya, kaki akan terasa sakit saat diajak berjalan karena kaki kekurangan suplai darah.

4. Jantung bawaan

Pasien dengan penyakit jantung bawaan lahir dengan masalah jantung. Ada beberapa jenis penyakit jantung bawaan seperti kelainan katup jantung, kelainan septum, dan atresia. Beberapa pasien dengan penyakit jantung bawaan tidak mengalami gejala apapun sampai mereka terdeteksi pada pemeriksaan medis.

5. Kardiomiopati

Kardiomiopati merupakan penyakit akibat gangguan pada otot jantung dan dapat menyebabkan penyakit serius lainnya seperti gangguan katup jantung, pembekuan darah, henti jantung, hingga gagal jantung.

6. Gagal jantung

Pada gagal jantung, jantung masih bekerja, namun fungsinya tidak seoptimal biasanya. Kondisi ini dapat disebabkan oleh penyakit jantung koroner yang tidak diobati, tekanan darah tinggi, atau aritmia. Penyakit ini dapat mempengaruhi fungsi pemompaan jantung.

Cara mencegah penyakit kardiovaskular

penyakit jantung
Cara cegah penyakit kardiovaskuler

Berikut cara mencegah penyakit kardiovaskular adalah sebagai berikut:

1. Tingkatkan konsumsi serat

Dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, maka kadar kolesterol jahat (LDL) bisa diturunkan. Jadi, perlu banyak mengonsumsi serat minimal 30 gram per hari untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

2. Batasi makanan berlemak

Makan makanan berlemak secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu, karena kolesterol akan menumpuk dan akan menyumbat pembuluh darah jantung.

3. Berolahraga secara teratur

Dengan berolahraga minimal 30 menit sehari secara teratur, risiko penyakit jantung akan berkurang.

4. Berhenti merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk dan membahayakan kesehatan tubuh. Sebab, banyak bahan kimia yang menyebabkan pembuluh darah menyempit serta mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu, merokok juga menyebabkan penyakit seperti paru-paru dan jantung yang membahayakan. Jadi, dengan mengetahui efek samping merokok, sebaiknya kamu membatasi aktivitas merokok kamu dan menggantinya dengan aktivitas lain yang lebih bermanfaat.

  • Istirahat yang cukup
  • Menjaga berat badan
  • Mengelola stres
  • Periksa secara teratur ke dokter

Penyakit kardiovaskular adalah gangguan pada jantung. Namun, tidak semua penyakit jantung dapat dicegah, seperti penyakit jantung bawaan.

Namun, penyakit jantung koroner, gagal jantung, aritmia secara umum dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup sehat dan menerapkan berbagai pencegahan penyakit kardiovaskular.

Share artikel ini
Reference