cara menghitung berat badan ideal
Hidup Sehat

Cara Menghitung Berat Badan Ideal: Gunakan Rumus Ini

dr. Wisniaty Condro | Maret 1, 2022
Share

Baik pria maupun wanita dari berbagai usia tentu ingin memiliki berat badan yang ideal. Bukan hanya karena penampilan, berat badan ideal sebenarnya memengaruhi kesehatan tubuh seseorang. Tidak jarang, orang-orang mencari cara untuk mengetahui berapakah berat badan ideal mereka.

Mengetahui berat badan ideal bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa menghitung berat badan ideal dengan menggunakan beberapa metode. Penasaran? Simak cara perhitungannya di bawah ini.

Berat badan ideal

Berat badan ideal adalah suatu kondisi di mana tubuh memiliki bobot yang sesuai dengan tinggi badan. Dibarengi dengan beberapa kondisi lain, berat badan ideal biasanya dipengaruhi juga oleh etnis, jenis kelamin, usia, komposisi lemak dan otot tubuh, rangka tubuh, dan lain-lain.

Berat badan ideal pada pria dan wanita tentu tidak bisa disama ratakan. Pria dan wanita memiliki karakteristik tubuh yang berbeda, termasuk tumbuh, kembang, atau bahkan kerja hormon dan tingkat metabolisme.

Kamu mungkin merasa mengetahui berat badan ideal itu penting untuk penampilan. Padahal, dengan tahu cara menghitung berat badan ideal, kamu juga bisa menghindari berbagai kemungkinan masalah penyakit dalam tubuh loh.

Nah, untuk mengetahui apakah kamu memiliki berat badan yang ideal atau belum, kamu bisa menghitung dengan cara di bawah ini.

Cara menghitung berat badan ideal

Mengetahui berat badan ideal bukanlah sekedar dengan cara melihat pantulan di cermin. Artinya, kamu tidak bisa jika hanya sekedar berkaca dan menilai bahwa tubuh kamu terlihat gemuk.

Ada sejumlah cara menghitung berat badan ideal seperti dengan menggunakan kalkulator BMI atau IMT, serta dengan menggunakan rumus Broca. Berikut adalah cara menghitung berat badan ideal:

Cara menghitung berat badan ideal berdasarkan BMI atau IMT

Menghitung berat badan ideal berdasarkan indeks massa tubuh umumnya berlaku untuk mereka yang telah berusia 20 tahun ke atas. Kamu bisa melakukan perhitungan dengan cara membagi berat badan (dalam satuan kilogram) dengan tinggi badan (dalam satuan meter kuadrat). Hasil perhitungan akan berupa angka yang bisa kamu bandingkan dengan tabel atau daftar angka BMI atau IMT.

Berikut adalah rumus dan contoh yang bisa kamu gunakan:

Berat badan: 75 kilogram
Tinggi badan: 165 cm (1,65 meter) diubah ke dalam kuadrat menjadi 2,7225 maka
BMI = berat badan (kg) : tinggi badan (dalam kuadrat)
= 75 : 2,7225
= 27,5

Kemudian, hasil BMI 27,5 dapat kamu bandingkan dengan tabel atau daftar BMI yang ada. Hasil perbandingan akan membantu kamu mengetahui bahwa tubuh kamu mengalami kelebihan berat badan.

Cara menghitung berat badan ideal berdasarkan rumus Broca

Ditemukan oleh dokter bedah di Prancis, rumus Broca akan menghitung berat badan ideal berdasarkan berat badan normal, tinggi badan, serta persentase tertentu. Berikut adalah rumus Broca:

Untuk wanita

Berat badan = (tinggi badan dalam cm – 100) – ((tinggi badan dalam cm – 100) x 15%)

Untuk pria

Berat badan = (tinggi badan dalam cm – 100) – ((tinggi badan dalam cm – 100) x 10%)

Menghitung berat badan ideal mungkin tidak sepenuhnya akurat. Maksudnya, ada faktor-faktor lain yang mungkin akan memengaruhi hasil perhitungan. Jadi, gunakanlah hasil perhitungan dan daftar tabel sebagai patokan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Lalu, seperti apa berat badan ideal pria dan wanita? Langsung simak penjelasan di bawah ini.

Berat badan ideal wanita

Mengetahui berat badan ideal bisa dilakukan dengan melakukan beberapa cara perhitungan seperti body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh (IMT). Nah, dari perhitungan BMI atau IMT akan keluar digit angka yang menandakan kondisi tubuh.

Dari digit angka tersebut, kamu bisa membandingkan hasil perhitungan dengan daftar BMI untuk melihat apakah berat badan kamu sudah ideal. Berikut adalah daftar BMI Asia Pasifik untuk wanita:

  • Kurus: kurang dari 18,5
  • Normal: 18,5 hingga 22,9
  • Overweight: 23 hingga 24,9
  • Obesitas: lebih dari 25

Sementara, jika kamu ingin mengikuti BMI yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO) maka kamu bisa melihat daftar berat badan ideal wanita berikut:

  • Kurus: kurang dari 18,5
  • Normal: 18,5 hingga 24,9
  • Overweight atau gemuk: 25 hingga 29,9
  • Obesitas: lebih dari 30.

Dari kedua daftar di atas, kamu bisa mengira-ngira bahwa kisaran normal berat badan wanita berada di angka 18,5 sampai dengan 25. Tapi, ingatlah bahwa daftar BMI baik Asia Pasifik maupun WHO tidak berlaku untuk atlet, ibu hamil, ibu menyusui, serta lansia.

Lantas, bagaimana dengan berat badan ideal pria? Berikut adalah penjelasannya.

Berat badan ideal pria

Sama seperti wanita, untuk mengetahui berat badan ideal pria, kamu bisa menghitung dengan menggunakan BMI atau IMT. Setelah kamu menemukan angka hasil perhitungan maka kamu bisa membandingkannya dengan daftar berikut:

  • Kurus atau berat badan kurang: kurang dari 18,5
  • Normal: 18,5 hingga 22,9
  • Overweight atau kelebihan berat badan: 23 hingga 24,9
  • Obesitas: di atas atau lebih dari 25

Sementara, jika kamu ingin mengetahui berat badan ideal berdasarkan perhitungan Kementrian Kesehatan Indonesia (KemKes) maka kamu bisa membandingkan hasil perhitungan dengan daftar di bawah ini:

  • Tinggi badan 157 cm
    Kecil: 51-53
    Sedang: 54-59
    Besar: 57-64
  • Tinggi badan 160 hingga 170 cm
    Kecil: 52-62
    Sedang: 55-68
    Besar: 57-73
  • Tinggi badan 173 hingga 180 cm
    Kecil: 60-70
    Sedang: 63-75
    Besar 67-81
  • Tinggi badan 183 hingga 190 cm
    Kecil: 67-78
    Sedang: 70-84
    Besar: 75-91
  • Tinggi badan 193 cm
    Kecil: 75-80
    Sedang: 78-86
    Besar: 83-93

Angka-angka pada daftar tabel baik dari BMI maupun KemKes hanyalah sebuah patokan yang membantu kamu mengetahui berat badan ideal. Jika kamu adalah atlet atau binaragawan maka sebaiknya kamu tidak melakukan perhitungan dengan cara ini.

Perhitungan berat badan ideal untuk atlet dan binaragawan dengan cara ini dinilai tidak akurat. Mengapa? Berat badan atlet dan binaragawan tentu lebih tinggi karena massa otot yang besar, dan bukan karena lemak.

Lalu, apa pentingnya memiliki berat badan ideal sampai kamu harus melakukan sejumlah cara perhitungan? Coba baca dulu pengaruh berat badan ideal bagi kesehatan tubuh berikut.

Pengaruh berat badan ideal bagi kesehatan

Mungkin sebagian dari kamu hanya menginginkan berat badan ideal karena akan mendukung penampilan fisik. Padahal, berat badan ideal bukan hanya penampilan fisik melainkan juga kesehatan tubuh.

Memiliki berat badan yang ideal bisa memengaruhi kesehatan tubuh seseorang. Mulai dari mencegah penyakit hingga masalah tidur, berikut adalah sejumlah pengaruh berat badan ideal bagi kesehatan tubuh yang sayang jika kamu lewatkan:

  • Mencegah munculnya obesitas
  • Mencegah diabetes
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Mencegah tekanan darah tinggi
  • Mengurangi risiko stroke
  • Mencegah masalah batu empedu
  • Mengurangi kemungkinan kolesterol tinggi
  • Mengurangi kemungkinan gangguan pernapasan seperti asma
  • Mencegah radang sendi atau osteoarthritis
  • Mencegah demensia
  • Menghindari kanker termasuk kanker payudara
  • Meningkatkan efisiensi tubuh dalam mengedarkan darah
  • Membantu mempermudah proses metabolisme cairan dalam tubuh
  • Menghindari katarak
  • Mengurangi kemungkinan sleep apnea

Seseorang dengan berat badan di bawah ideal akan lebih berpotensi mengalami anemia, kekurangan gizi, penurunan sistem kekebalan tubuh, masalah kesuburan atau infertilitas, atau bahkan kerontokan rambut yang menyebabkan kebotakan.

Sedangkan, seseorang dengan berat badan di atas ideal berpotensi menderita obesitas. Oleh karena itu, pilihlah makanan dengan bijak dan perhatikan porsi makanan yang kamu santap. Tidak lupa banyaklah minum air putih dan rutinlah melakukan latihan, aktivitas fisik, atau olahraga.

Reference
Share