manfaat jus pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang sangat umum dan banyak dikonsumsi di Indonesia. Kelezatan dan kandungan nutrisinya juga tidak perlu diragukan lagi.

Selain dimakan langsung, buah ini juga bisa diolah menjadi jus yang enak. Lagi-lagi, bukan hanya enak, manfaat jus pisang juga sangat banyak bagi kesehatan. Apa saja sih manfaat jus pisang yang dimaksud? Yuk, baca selengkapnya di sini! 

Kandungan jus pisang

Pisang adalah sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C yang sangat baik dan banyak antioksidan dan fitonutrien yang sehat. Dengan berbagai kandungan ini, pisang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk kesehatan jantung dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

Satu buah pisang ukuran sedang atau 100 gram mengandung 89 kalori, 75% air, 1,1 gram protein, 22,8 gram karbohidrat, 12,2 gram gula, 2,6 gram serat, dan 0,3 gram lemak. Karena itu, tidak heran jika jus pisang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh.

Baca juga: Berapa Kalori Pisang? Apa Saja Manfaatnya untuk Tubuh?

14 manfaat jus pisang yang menyehatkan

kalori pisang

Seperti yang disebutkan di atas, jus pisang mengandung nutrisi yang baik untuk sistem pencernaan, kesehatan jantung dan membantu penurunan berat badan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa saja manfaat jus pisang, baca selengkapnya di bawah ini yaa!

 1. Menjaga tekanan darah

Jus pisang mengandung potasium, mineral yang dipercaya efektif dalam menjaga tekanan darah. Manfaat ini dikaitkan dengan peran kalium sebagai vasodilator, atau pelebaran pembuluh darah.

Selain itu, diyakini bahwa potasium yang terkandung dalam jus pisang dapat melindungi tubuh dari hipertensi, serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis. Bahkan menurut berbagai studi, satu buah pisang sudah mengandung 10% dari kebutuhan harian potasium (RDA).

Baca juga: Cara Menurunkan Tekanan Darah secara Ampuh!

 2. Mengatasi gangguan stres dan kecemasan

 

Manfaat lain jus pisang yang tidak boleh disepelekan adalah mengatasi gangguan stres dan  kecemasan. Selain potasium, jus pisang juga mengandung triptofan.

Ketika potasium dan triptofan bekerja sama, kandungan ini dapat meningkatkan mood dan meredakan gejala stres serta gangguan kecemasan.

3. Meningkatkan fungsi otak

Untuk  memiliki kemampuan kognitif yang hebat dengan memaksimalkan fungsi otak. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Minum jus pisang setiap pagi sebagai pengganti kopi dapat meningkatkan kesehatan dan kandungan potasiumnya sangat baik untuk otak.

 4. Mengontrol kadar kolesterol

Kadar Kolesterol Normal Wanita Dewasa

Manfaat jus pisang selanjutnya adalah mengontrol kadar kolesterol. Jus pisang mengandung pektin. Pektin adalah jenis serat yang larut dalam air, yang mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita kolesterol tinggi disarankan untuk minum jus pisang.

Baca juga: Deretan Buah Penurun Kolesterol yang Baik Dikonsumsi

 5. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting. Nah, jus pisang bisa jadi minuman untuk menjaga kesehatan ginjal, lho. Berbagai kandungan dalam jus pisang  dapat menangkal efek terlalu banyak garam.

Hal ini sangat membantu fungsi ginjal. Dengan mengonsumsi bahan makanan yang satu ini, ginjalmu akan menjadi lebih sehat.

 6. Menjaga kesehatan mata

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa makan pisang bermanfaat untuk kesehatan mata. Orang yang rutin minum jus pisang akan memiliki penglihatan yang lebih terang dan sehat sampai tua.

7. Meningkatkan energi tubuh

pola hidup sehat

Merasa kurang energi? Cobalah minum jus pisang. Menurut sebuah penelitian, ada kandungan gula alami dalam jus pisang yang dapat diubah langsung menjadi energi oleh tubuh.

Sederhananya, pisang dapat memberi tubuh energi. Bayangkan jika kamu makan 2-3 buah pisang dalam bentuk jus!

 8. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Jus pisang kerap disebut efektif membersihkan racun dalam tubuh. Manfaat jus pisang berasal dari kandungan seratnya yang baik untuk sistem pencernaan dan vitamin B6 yang dianggap efektif dalam mengendalikan kadar racun  dalam tubuh.

Kedua kandungan inilah yang membuat jus pisang mampu mendetoksifikasi tubuh kita. Selain itu, jus pisang juga dapat meningkatkan fungsi hati dan ginjal sehingga garam, racun, dan lemak dapat dikeluarkan dari dalam tubuh.

9. Meningkatkan sistem imun

Kandungan vitamin C dan berbagai vitamin B dalam jus pisang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C dalam jus pisang bahkan mampu merangsang produksi sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif dan radikal bebas dalam tubuh.

10. Meningkatkan kepadatan mineral tulang

Kandungan gula alami tertentu tertentu dalam jus pisang dapat membantu penyerapan nutrisi  dalam tubuh, terutama mineral. 

Selain mengandung berbagai mineral penting, seperti magnesium, mangan, dan kalium, manfaat jus pisang dikatakan dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral  tulang dan mencegah osteoporosis seiring bertambahnya usia.

11. Mempercepat pemulihan setelah berolahraga

Manfaat lain dari jus pisang berasal dari kandungan elektrolitnya. Jus pisang sangat populer di kalangan atlet yang sedang dalam masa pemulihan, terutama setelah cedera, karena jus yang lezat ini mengandung elektrolit berupa potasium.

Ketika jumlah potasium dalam tubuh tidak cukup, fungsi dan perkembangan otot akan terganggu. Selain itu, keseimbangan cairan  dalam tubuh dan fungsi sistem saraf juga bisa terganggu.

12. Meningkatkan kualitas tidur

manfaat jus pisang untuk kualitas tidur meningkat
 

Tahukah kamu bahwa jus pisang juga dikatakan dapat meningkatkan kualitas tidur? Kandungan triptofan  dalam jus pisang diduga dapat bekerja sebagai obat penenang alami yang dapat merangsang pelepasan hormon bahagia, serotonin. Hormon ini dapat membantumu tidur lebih nyenyak.

13. Pencernaan lebih sehat

Kandungan serat dalam jus pisang dikatakan baik untuk sistem pencernaan. Ini karena serat  merangsang pergerakan usus, yang dapat meningkatkan sekresi lambung dan meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi dari usus.

Baca juga: Jenis Penyakit Pencernaan yang Perlu Kamu Ketahui! 

14. Membantu penurunan berat badan

Manfaat jus pisang untuk diet juga dianggap efektif karena buah ini memiliki kalori yang relatif rendah, tapi cukup mengenyangkan. Sebuah penelitian bahkan membuktikan bahwa mengonsumsi serat dari jus pisang dapat memberi efek penurunan berat badan.

Meskipun ini terdengar menjanjikan, tidak ada penelitian yang dapat membuktikan secara langsung manfaat jus pisang untuk menurunkan berat badan.

Itulah 13 manfaat jus pisang yang perlu kamu ketahui. Kamu sendiri biasanya suka makan pisang secara langsung atau mengonsumsinya dalam bentuk jus pisang?

Share artikel ini
Reference