Cara menambah berat badan saat puasa
Gaya Hidup Hidup Sehat

Gak ada cara menambah berat badan saat puasa? Siapa bilang?

Putri Aprillia | April 15, 2022
Share

Banyak orang berpikir bahwa mempraktikkan cara menambah berat badan lebih mudah daripada menurunkan berat badan. Namun, cara yang tepat adalah lebih dari sekadar makan lebih banyak dari biasanya.

Saat bulan puasa, orang yang ingin menaikkan BB juga kerap bingung, takut berat badannya malah semakin turun karena asupan kalori saat puasa yang biasanya lebih rendah. Oleh karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara menambahkan berat badan yang efektif, terutama saat bulan puasa.

Cara menambah berat badan saat puasa

Meski sedang puasa, kamu tetap bisa menambah berat badan. Ikuti tips efektif di bawah ini, yuk!

Rutin berolahraga

Saat berpuasa, bukan berarti kamu harus berhenti berolahraga. Pasalnya, olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk menambah berat badan saat berpuasa. Perlu kamu ketahui bahwa kelebihan kalori disimpan tidak hanya di sel lemak tetapi juga di sel otot. Sangat penting untuk mengubahnya menjadi energi saat membangun massa otot.

Jika kamu sedang berpuasa, kamu bisa pilih berbagai olahraga kardio, seperti jalan cepat, lompat tali, lari, dan bersepeda. Jika kamu yang tidak menyukai jenis latihan kardio ini atau tidak pandai melakukannya, kamu dapat mengangkat beban sebagai gantinya.

Aktivitas ini merupakan aktivitas yang sangat efektif untuk membangun massa otot. Namun, jangan terlalu memaksakan diri untuk mengangkat beban yang terlalu berat. Selain itu, kamu juga harus menentukan jadwal olahraga. Tidak masalah jika kamu memilih berolahraga selama 30-60 menit atau saat ngabuburit atau di malam hari.

Tambah jumlah kalori

Cara menambah berat badan saat puasa lainnya adalah dengan tetap menambah jumlah asupan kalori. Namun, berhati-hatilah jika ingin menambah kalori pada tubuh karena meningkatkan kebutuhan kalori tinggi dalam waktu singkat dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Untuk melakukan langkah ini dengan aman, cobalah menambahkan kalori secara bertahap. Tambahkan 300-500 kalori per hari untuk beberapa kali makan, misalnya, sahur atau buka puasa.

Kamu bisa mendapatkan kalori dari makanan yang mengandung karbohidrat seperti kacang-kacangan, beras merah, tepung, dan roti. Selain itu, kamu juga harus memilih makanan yang mengandung lemak sehat, seperti ikan, kacang-kacangan dan alpukat. Jangan lupa penuhi asupan protein harian.

Atur jadwal makan

Pastikan kamu selalu memantau waktu makan agar program kenaikan berat badan puasa berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, waktu menambah kalori paling mungkin bisa dilakukan saat berbuka puasa. Nah, di titik ini, usahakan untuk sering makan, meski sedikit tapi sering. Kamu bisa makan cemilan di antara waktu makan.

Umumnya, orang dengan badan yang kecil lebih mudah kenyang. Oleh karena itu, daripada makan dalam jumlah besar 2-3 kali sehari, sebaiknya makan dalam jumlah kecil 5-6 kali sehari.

Selain itu, sekitar dua jam sebelum tidur, konsumsilah berbagai produk susu, kurma, jus buah, atau smoothies. Camilan sehat ini tidak hanya menyehatkan, tetapi juga merupakan salah satu cara menambah berat badan paling efektif saat berpuasa.

Makanan penambah berat badan saat puasa

Salah satu cara yang sehat dan efektif adalah dengan memperhatikan pola makanan. Beberapa makanan saat puasa yang bisa kamu konsumsi adalah:

Makanan tinggi protein

  • Ikan
  • Telur
  • Daging merah
  • Produk susu
  • Kacang-kacangan
  • Suplemen protein whey

Makanan dengan karbohidrat dan lemak sehat

  • Gandum utuh
  • Roti tepung
  • Sayuran
  • Beras merah
  • Ikan
  • Kacang-kacangan
  • Alpukat

Makanan lain dengan kalori tinggi

  • Jus buah
  • Milkshake
  • Smoothies

Berapa pertambahan berat badan normal saat puasa?

Setelah kamu menemukan cara menambah berat badan saat puasa, penting untuk menemukan kenaikan BB ideal yang relatif sehat. Kenaikan berat badan yang sehat adalah sekitar 0,5 kg- 1 kg per minggu atau 1 kg- 4 kg per bulan, jika asupan energi juga meningkat secara wajar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan massa otot dan lemak seimbang.

Tips menambah berat badan dengan sehat saat puasa

Kamu sudah tahu beberapa cara menambah berat badan secara sehat dengan langkah-langkah di atas. Namun, salam beberapa kasus, terutama saat puasa, cara-cara di atas tidak efektif bagi sebagai orang. Orang yang kurus mungkin menderita kekurangan gizi dan memerlukan perhatian segera dari ahli gizi.

Oleh karena itu, kenali dulu kondisi kesehatanmu dengan konsultasi ke dokter. Ini akan membantumu memahami cara menambah berat badan yang lebih efektif dan aman tergantung pada kondisi tubuh dan kesehatanmu.

Reference
Share