cara memutihkan leher belakang

Leher belakang yang hitam mungkin dirasa cukup mengganggu penampilan, bagi sebagian orang. Jika dirasa mengganggu, kamu bisa mencoba beberapa cara memutihkan leher belakang, berikut ini.

Nah, kondisi ini dapat dikarenakan berbagai hal, dari mulai genetik hingga alergi terhadap parfum atau pewarna rambut.

Penyebab leher bagian belakang hitam

Berikut beberapa penyebab leher bagian belakang hitam:

1. Genetika

Kulit gelap pada area leher belakang dapat disebabkan oleh kelainan yang disebut Acanthosis Nigricans. Ini adalah kondisi yang ditandai dengan adanya area gelap, atau hiperpigmentasi kulit. Kondisi ini bisa turun temurun  atau diwariskan dari orang tua kepada anak. 

2. Obesitas

Berat badan berlebih atau obesitas dan gangguan endokrin merupakan salah satu penyebab umum penggelapan warna kulit terutama terutama pada leher dan ketiak.

3. Resistensi insulin

Leher yang gelap juga bisa menjadi tanda banyaknya insulin dalam darah. Jika kamu mengalami gejala ini dan diiringi dengan gejala resistensi insulin lainnya, penting untuk melakukan tes gula darah dan segera berkonsultasi dengan dokter. 

4. PCOS

Wanita dengan PCOS umumnya memiliki kadar hormon insulin yang lebih tinggi dalam darah. Tingkat insulin yang lebih tinggi ini dapat menyebabkan munculnya bercak-bercak gelap pada kulit di bagian tubuh tertentu, seperti belakang leher, bawah lengan, dan daerah selangkangan.

5. Diabetes

Penderita diabetes juga dapat mengalami bercak gelap pada kulit yang umumnya muncul di belakang leher. Jika Anda memiliki diabetes, kulit belakang leher yang gelap mungkin dapat disebabkan oleh kondisi tersebut

6. Hipotiroidisme

Kondisi Acanthosis Nigricans yang menimbulkan munculnya bercak hitam juga kerap dikaitkan dengan kondisi medis tertentu seperti tiroid atau penambahan berat badan. Kondisi ini dapat membuat kulit lebih gelap.

7. Alergi terhadap parfum atau pewarna rambut

Penyebab lainnya juga dapat dikaitkan oleh produk tertentu yang dapat menyebabkan alergi. Jika Anda memiliki alergi terhadap parfum atau pewarna rambut, alergi ini mungkin dapat menyebabkan kulit leher belakang menghitam. 

Cara memutihkan leher belakang yang hitam

Cara memutihkan leher

Jika leher hitam disebabkan oleh kondisi medis tertentu, penting untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut terlebih dahulu. Namun, jika leher belakang hitam disebabkan oleh penyebab lain seperti paparan sinar mata hari, berat badan berlebih, atau kurang menjaga kebersihan, kamu bisa mencoba cara memutihkan leher belakang berikut ini:

1. Kontrol berat badan 

Berat badan berlebih atau obesitas menjadi penyebab leher belakang hitam. Jika ingin menghilangkannya, pastikan untuk menurunkan berat badan dengan memulai pola hidup dan pola makan yang sehat. Jangan lupa untuk olahraga secara teratur. 

2. Bersihkan leher saat mandi

Area belakang leher mungkin kerap terlewat untuk dibersihkan setelah mandi. Ini dapat menyebabkan leher menjadi kotor dan tampak hitam. Pastikan untuk membersihkan area belakang leher dengan seksama.

Supaya daki dan sisa kotoran dapat terangkat dengan baik. Cara ini dapat mengatasi kulit leher yang hitam selama dilakukan secara teratur. 

  1. Gunakan masker alami

Beberapa jenis tanaman dan buah dapat membantu mengatasi leher yang hitam. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker. Berikut beberapa tanaman dan buah yang bisa memutihkan leher:

  • Lidah buaya

Cara memutihkan leher belakang yang satu ini dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman ini kaya antioksidan yang baik untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. 

caranya mudah, belah lidah buaya, ambil gelnya, lalu gunakan sebagai masker pada leher belakang. Kamu juga bisa mencampur gel tersebut dengan minyak zaitun atau madu. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air hangat. 

  • Lemon

Lemon kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan, dan asam sitrat yang baik untuk mencerahkan kulit. Caranya mudah, kamu hanya perlu menggunakan air perasan lemon, lalu oleskan pada leher dengan menggunakan kapas. Jika sudah kering, bilas menggunakan air hangat. 

  • Kentang

Cara memutihkan leher belakang selanjutnya adalah dengan kentang. Pasalnya, kandungan vitamin C dan enzim catecholase dalam kentang dapat membantu melembabkan sekaligus mencerahkan kulit. 

Caranya mudah, parut atau blender kentang sampai halus. Kemudian, oleskan pada belakang leher. Kamu juga bisa menambahkan madu atau minyak zaitun pada parutan kentang untuk memaksimalkan khasiatnya. Lakukan 2 kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal. 

Share artikel ini
Reference