Libur nasional 2023

Tahun baru telah tiba! Hari libur nasional 2023 mungkin sudah jadi incaran kamu untuk bisa siap siap liburan. Meskipun hanya satu hari, libur nasional ini tetap berharga bagi para pekerja atau bagi kamu yang punya rutinitas padat.

Liburan sekejap atau hanya sekedar bersantai di rumah bisa mengembalikan semangat kamu untuk melanjutkan rutinitas harian. Jika tidak punya kesempatan saat libur nasional, kamu tetap bisa melakukannya dengan mengandalkan jatah cuti.

Jadwal libur nasional 2023

Melalui Surat Keputusan Bersama (SKB), pemerintah telah memutuskan bahwa jumlah total libur nasional dan cuti bersama di tahun 2023 ada 24 hari. Termasuk 16 hari terdiri dari libur nasional dan 8 hari cuti bersama. Jumlah hari libur yang telah ditetapkan tentunya merupakan gabungan dari hari besar keagamaan dan hari bersejarah nasional.

Ini jadwal libur nasional 2023:

  1. 1 Januari 2023: Tahun Baru
  2. 22 Januari 2023: Tahun Baru Imlek
  3. 18 Februari 2023: Isra Miraj Nabi Muhammad SAW
  4. 22 Maret 2023: Hari Suci Nyepi
  5. 7 April 2023: Wafat Isa Al Masih
  6. 22-23 April 2023: Hari Raya Idul Fitri
  7. 1 Mei 2022: Hari Buruh Internasional
  8. 18 Mei 2023: Kenaikan Isa Almasih
  9. 1 Juni 2023: Hari Lahir Pancasila
  10. 4 Juni 2023: Hari Raya Waisak
  11. 29 Juni 2023: Hari Raya Idul Adha
  12. 19 Juli 2023: Tahun Baru Islam
  13. 17 Agustus 2023: Hari Kemerdekaan RI
  14. 28 September 2023: Maulid Nabi Muhammad SAW
  15. 25 Desember 2023: Hari Raya Natal

Hari libur sebanyak 24 hari tentu menjadi jumlah yang tidak sedikit, kamu bisa memaksimalkannya dengan merencanakan kegiatan dari sekarang. Kamu bisa memilih untuk liburan singkat atau menghabiskan waktu dengan beristirahat, pilih yang paling kamu sukai dan bisa mengembalikan semangatmu saat kembali masuk kerja nanti.

Cara minta cuti ke bos untuk libur nasional

Hari libur nasional tentu menjadi hak setiap orang untuk beristirahat dari pekerjaan sejenak. Namun tidak sedikit orang yang masih perlu izin ke bos untuk cuti.

Tak Usah Ragu! Ini Aturan Cuti Haid untuk Para Pekerja

Hal ini juga tidak ada salahnya, kamu bisa meminta cuti dengan cara yang baik agar memberikan kesan yang bagus ke atasan. Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

1. Tinjau kebijakan PTO perusahaan

Sebelum kamu meminta cuti, sebaiknya tinjau kebijakan cuti berbayar (PTO) perusahaan kamu. Beberapa perusahaan memiliki kebijakan khusus tentang mengambil cuti beberapa hari berturut-turut. Misalnya, perusahaan mungkin mengizinkan kamu mengambil cuti hanya lima hari berturut-turut kecuali dalam keadaan khusus.

2. Lihat kalender perusahaan

Jika permintaan kamu fleksibel, sebaiknya lihat kalender perusahaan untuk mengetahui apakah hari-hari liburan yang kamu rencanakan akan bentrok dengan acara lain. Pertimbangkan untuk meminta cuti saat kamu mungkin tidak memiliki banyak tugas atau proyek untuk diselesaikan. 

3. Diskusikan dengan manajer 

Jadwalkan waktu yang nyaman dengan manajer untuk mendiskusikan permintaan cuti kamu. Untuk meningkatkan peluang persetujuan, kamu mungkin meminta untuk bertemu setelah menyelesaikan tugas untuk hari itu atau menyelesaikan proyek besar. 

4. Kirim permintaan resmi

Setelah berbicara dan melakukan kesepakatan dengan manajer, kamu mungkin diminta untuk mengirimkan permintaan cuti resmi. Beberapa perusahaan memerlukan pernyataan tertulis untuk kebutuhan dokumentasi. 

Kamu juga harus mengonfirmasi seberapa lama mengajukan permintaan cuti. Beberapa perusahaan meminta pemberitahuan cuti satu atau dua minggu, bahkan setidaknya satu bulan sebelumnya. 

Tips liburan singkat nggak mahal

perjalanan jarak jauh

Mencari liburan singkat yang berkesan tapi ga ribet dan mahal? Beberapa rekomendasi liburan singkat dan gak mahal ini mungkin bisa jadi pilihan kamu:

1. Mendatangi alam atau gunung terdekat

Alam menjadi destinasi wisata pilihan banyak orang karena dianggap dapat memberikan ketenangan pikiran. Kamu mungkin bisa mencobanya juga, cari tahu destinasi alam terdekat di sekitarmu. Jika tidak ada, kamu bisa mendatangi taman kota sekitar dan menikmati suasana disana. 

2. Menikmati pemandangan kota

Hiruk pikuk kota memang terkadang bikin pikiran makin stress ditambah kerjaan yang menumpuk. Tapi, pernahkah kamu mencoba cara lain untuk menikmati pemandangan kota? Pilih tempat yang tidak terlalu ramai dan rasakan keramaian kota tempat kamu tinggal, cobalah untuk melihat dari sudut pandang baru.

Rekomendasi Tempat Wisata Dan Tips Wisata Aman Untuk Wanita

3. Berenang di hotel terdekat

Berenang di pantai atau di laut lepas mungkin membutuhkan budget dan waktu yang banyak. Kamu bisa menggantinya dengan mendatangi hotel bagus terdekat dan memanfaatkan fasilitas kolam renang disana. Akan lebih bagus jika kamu mendapat hotel dengan pemandangan indah.

4. Mendatangi perpustakaan

Meskipun kamu gak terlalu suka baca buku, tidak ada salahnya mencoba datang ke perpustakaan sebagai cara liburan singkat dan gak mahal. Seperti yang kita tahu, perpusatakaan umumnya memiliki suasana hening. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menyejukan pikiran.

Hari libur nasional dan cuti bersama seakan menjadi penyelamat disela-sela rutinitas padat yang memusingkan. Pastikan kamu mendapat liburan atau istirahat yang maksimal, agar bisa kembali semangat saat bekerja.

Share artikel ini
Reference