cara memutihkan ketiak hitam

Apakah kamu memiliki ketiak yang hitam? Ketiak berwarna hitam terkadang membatasi seseorang untuk memakai baju tanpa lengan.

Ketiak hitam tidak hanya disebabkan karena kebiasaan mencukur bulu ketiak lho. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan ketiak menghitam. Oleh karena itu cara mengatasinya juga bisa berbeda-beda.

Pada awalnya warna ketiak akan sama dengan bagian tubuh lainnya, namun ketiak termasuk salah satu lipatan yang sering lembab dan berbagai aktivitas dapat menyebabkan gesekan, setelah beberapa lama ketiak pun akan menghitam.

Apa yang menjadi sebab ketiak menghitam? Bagaimana cara memutihkan ketiak hitam? Simak yuk!

Penyebab ketiak hitam

Kulit ketiak bisa berubah warna menjadi lebih gelap dan menghitam dari area tubuh yang lain. Ketiak menghitam kadang menjadi penghalang seseorang untuk memakai pakaian tanpa lengan atau pakaian renang di tempat umum.

Beberapa penyebab ketiak hitam, yaitu:

  • Aktivitas mencukur yang menggunakan bahan kimia dalam antiperspirant atau deodorant. Bahan tersebut dapat membuat iritasi kulit ketiak.
  • Terjadi penumpukkan sel kulit mati karena kulit ketiak jarang di eksfoliasi. 
  • Gesekan yang disebabkan pakaian terlalu ketat.
  • Hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit ketiak seperti peningkatan melanin, melasma atau bercak gelap pada kulit.
  • Terjadi acanthosis nigricans dimana terjadi pigmentasi kulit yang berhubungan dengan obesitas, diabetes, dan kadar hormon abnormal. Kulit menjadi lebih tebal dan menjadi gelap, tidak hanya di ketiak namun dapat terjadi pada bagian tubuh lain.
  • Gangguan yang terjadi pada kulit sehingga menyebabkan penggelapan. Contoh penyakit yang dapat memicu hal ini adalah infeksi kulit.
  • Mengalami penyakit kulit eritrasma dimana penyakit ini disebabkan oleh bakteri.
  • Kebiasaan merokok yang dapat meningkatkan hiperpigmentasi.

Cara memutihkan ketiak hitam biasanya dapat diatasi dengan mengetahui penyebab pastinya. Banyak cara yang bisa kamu pilih untuk memutihkan ketiak mulai dari cara alami, pembedahan, pemakaian krim tertentu hingga laser.

Jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk rekomendasi cara memutihkan ketiak yang terbaik, ya. Namun apakah sebenarnya ketiak bisa putih?

Baca juga: Ingin Ketiak Mulus, Berikut Cara Mencukur Bulu Ketiak!

Apakah ketiak hitam bisa putih?

Ketiak yang hitam dapat menjadi lebih putih dengan perawatan yang tepat. Pada dasarnya kulit ketiak juga berwarna sama dengan area tubuh lainnya, namun karena berbagai factor diatas, kulit ketiak menjadi berwarna lebih gelap.

Baik dengan cara alami atau tidak, kulit ketiak termasuk jenis kulit yang mudah iritasi dan sensitif. Sebaiknya kamu tidak sembarangan memakai produk pemutih untuk ketiak.

Akan lebih baik jika sudah berkonsultasi dengan dokter mengenai perawatan yang tepat untuk memutihkan kulit ketiak.  Bagaimana cara memutihkan ketiak hitam dengan bahan alami?

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Bye Bau Badan! 

16 cara memutihkan ketiak hitam

Produk-produk pemutih yang kini banyak beredar di pasaran banyak yang menggunakan bahan-bahan kimia dna bisa jadi ada efek samping yang tidak kamu ketahui. Jika ingin memakai bahan alami, cobalah 16 bahan alami untuk membantu memutihkan ketiak di bawah ini:

1. Mentimun

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk memutihkan ketiak adalah mentimun. Mentimun memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengangkat sel kulit mati dan dapat memicu pertumbuhan sel kulit baru. 

Cara pakainya cukup mudah, giling mentimun untuk mendapatkan sarinya, oleskan sari mentimun pada ketiak dan biarkan 60 menit hingga mengering. Bilas hingga kering dan aplikasikan rutin.

Baca juga: 7+ Manfaat Timun Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

2. Baking soda

Baking soda mempunyai efek memutihkan dan mengangkat sel kulit mati. Meski begitu penggunaan baking soda juga perlu hati-hati agar tidak memicu alergi kulit karena sifatnya yang juga abrasif. 

Cara aman menggunakan baking soda yaitu dengan mencampur ahan ini dengan 1 sdm air hingga berbentuk pasta. Oles pada ketiak, pijat, biarkan selama 25-30 menit dan bersihkan dengan air hangat. Pakai masker baking soda 2 kali dalam seminggu.

3. Jeruk nipis

manfaat jeruk nipis untuk wajah. memutihkan ketiak hitam

Jeruk nipis juga merupakan golongan jeruk penuh manfaat yang dapat memutihkan ketiak yang hitam. Namun ketiak hitam karena gejala penyakit medis sulit diatasi sehingga tidak direkomendasikan.

Untuk cara pakainya sangat mudah. Potong jeruk nipis tipis dan peras airnya. Oleskan pada ketiak, biarkan 10 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Oil tea tree

Mengoleskan oil tea tree pada ketiak dapat membantu mencerahkannya dengan mudah. Oleskan minyak ini pada ketiak secara rutin setelah mandi.

Jika ada efek alergi seperti bengkak, kulit kemerahan atau gatal segera hubungi dokter dan hentikan pemakaian minyak ini.

5. Minyak telur

Pijat ketiak dengan minyak telur secara teratur. Jangan lupa segera cuci ketiak dengan sabun ph seimbang di pagi harinya agar dapat membersihkan sisa minyak di ketiak. Bahan ini cukup ampuh sebagai cara memutihkan ketiak hitam alami.

6. Minyak zaitun

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Vitamin e yang terdapat di minyak zaitun dapat menjaga kulit tetap lembab, mengangkat sel kulit mati hingga dapat membantu proses regenerasi kulit menjadi lebih cepat. 

Minyak zaitun dapat rutin dioleskan ke kulit ketika setelah mandi dan bilas lagi hingga bersih.

7. Bengkoang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bengkoang sering menjadi bahan alami pemutih. Sari bengkoang mengandung vitamin dan zat pemutih alami yang dapat mencerahkan termasuk bagian kulit ketiak.

Caranya sangat mudah, kamu cukup mengoleskan parutan bengkoang pada kulit ketika dan biarkan menempel 15 menit, bersihkan dan lakukan rutin.

Baca juga: Manfaat Bengkoang untuk Ibu Hamil, Bisa Bikin Jantung Sehat!

8. Kulit jeruk

Kulit jeruk meskipun kasar dapat menjadi scrub yang ampuh untuk memutihkan kulit ketiak. Kandungan asamnya yang tinggi dapat mempermudah pengelupasan kulit sehingga kulit hitam dapat memudar.

Ambil kulit jeruk kering dan haluskan. Tambahan air atau susu murni dan aduk rata kedua bahan. Gosokkan pada ketiak dan bilas dengan air dingin.

9. Lemon

manfaat lemon untuk memutihkan ketiak hitam

Pemutih kulit alami ini mengandung tinggi vitamin c. Asam dalam lemon juga dapat melawan bakteri sehingga menghindari penumpukkan sel kulit mati. Gosokkan irisan buah lemon pada ketiak selama 3-5 menit. Bilas hingga bersih dan lakukan rutin 2 hari sekali agar ketiak cepat memutih.

10. Kentang

Cara memutihkan ketiak hitam juga bisa dilakukan dengan kentang. Tahukah kamu jika sifa anti inflamasi pada kentang dapat mengurangi gatal akibat mencukur? Selain itu kentang juga menjadi jenis umbi yang banyak digunakan sebagai pemutih alami.

Caranya sederhana, parut kentang, peras airnya dan oleskan air kentang pada ketiak. Biarkan selama 10 menit dna bilas dengan air dingin.

11. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal dapat membantu mencerahkan kulit ketiak gelap karena dapat menghambat enzim penyebab pigmentasi kulit. Lidah buaya juga mengandung anti bakteri yang menenangkan iritasi kulit. Oleskan lidah buaya pada ketiak. Diamkan 15 menit dan bilas dengan air dingin.

12. Kunyit

Banyak manfaat yang bisa didapat dari kunyit untuk kecantikan. Kunyit dapat mencerahkan ketiak gelap dan sifat antibakterinya dapat mengurangi bau tidak sedap ketiak.

Campur kunyit dengan 2 sdm jus lemon. Oleskan pada ketiak, biarkan kering selama 30 menit dan segera bilas dengan air hangat.

13. Pasta gigi

Pasta gigi adalah bahan rumahan lain yang dapat kamu manfaatkan untuk cara memutihkan ketiak hitam. Oleskan pasta gigi pada ketiak, pijat perlahan dan diamkan 5 menit hingga pasta gigi kering.

Bilas dengan air hangat. Cara ini dapat dilakukan 2 kali sehari agar hasilnya dapat cepat terlihat dan maksimal.

14. Minyak kelapa

Ternyata teteskan minyak kelapa pada ketiak, pijat lembut dan biarkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat. Minyak kelapa dapat memutihkan ketiak yang hitam jika diaplikasikan dengan rutin 2-3 kali dalam seminggu.

Baca juga: 5+ Manfaat Minyak Kelapa untuk Ibu Hamil

15. Air mawar

Cara memutihkan ketiak hitam selanjutnya adalah dengan air mawar. Air mawar dapat melembabkan, menenangkan kulit dan mencerahkan area ketiak yang hitam. Oleskan air mawar pada ketiak, biarkan 5-7 menit dan bilas dengan air dingin.

16. Cuka apel

Cara memutihkan ketiak hitam selanjutnya bisa menggunakan cuka apel dengan asam ringan yang membantu mengangkat sel kulit mati. Oleskan cuka apel pada ketiak 3 kali sehari untuk hasil maksimal.

16 bahan diatas umumnya mudah didapatkan dan sering digunakan sebagai pencerah ketiak alami tanpa efek samping. Mana yang kamu sukai?

Share artikel ini
Reference