Apa Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh?
Kecantikan dan Kebugaran

5+ Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh

Putri Aprillia | Januari 6, 2022
Share

Orang telah menggunakan lidah buaya selama ribuan tahun untuk menyembuhkan dan melembutkan kulit. Lidah buaya juga telah lama menjadi pengobatan tradisional untuk banyak penyakit. Tertarik dengan manfaat lidah buaya untuk tubuh?

Nah, kira-kira apa saja sih kandungan yang ada pada lidah buaya? Apa saja manfaat yang bisa kamu peroleh dari penggunaan lidah buaya? Simak pembahasannya pada postingan ini, ya!

Mengenal tanaman lidah buaya

Lidah buaya atau dikenal juga aloe vera adalah tanaman sukulen asli dari Afrika. Tanaman ini menyimpan air di daun hijaunya yang tebal, runcing, dan berdaging. Panjangnya bisa mencapai 30 sampai 50 sentimeter. Tanaman ini tumbuh liar di daerah tropis, termasuk banyak ditemukan di Indonesia.

Lidah buaya juga dikenal sebagai/- tanaman obat yang terkenal dan sudah umum digunakan orang selama ribuan tahun. Biasanya, tanaman ini digunakan untuk menyembuhkan cedera pada kulit. Selain itu, tanaman ini memiliki manfaat untuk dunia kesehatan, kecantikan, dan pangan.

Kandungan dalam lidah buaya

Lidah buaya memiliki struktur tanaman dengan beberapa lapisan berikut:

  • Lapisan pertama berupa pelindung yang memiliki gerigi duri tajam di tepi tanaman ini.
  • Lapisan kedua berupa lapisan getah kuning yang pahit. Lapisan ini mengandung banyak antrakuinon dan glikosida.
  • Lapisan ketiga berupa gel jernih yang mengandung 99% air dan zat lainnya.

Nah, dalam gel lidah buaya pada lapisan ketiga tersebut mengandung beberapa zat, yaitu:

  • Vitamin
  • Mineral
  • Asam amino
  • Antioksidan (polifenol)

Manfaat lidah buaya

Lidah buaya dipercaya memiliki banyak manfaat. Ada banyak produk di pasaran yang mengandung lidah buaya. Pada artikel kali ini, kita akan mengulas manfaat lidah buaya untuk tiga hal, yaitu:

  • Wajah
  • Rambut
  • Penyakit

Manfaat lidah buaya untuk wajah

Jika kamu memiliki permasalahan kulit, kamu bisa menggunakan lidah buaya. Berikut ini manfaat lidah buaya untuk wajah:

1. Dapat memperbaiki kulit dan mencegah keriput

Gel lidah buaya bermanfaat untuk memperlambat penuaan kulit. Dalam sebuah studi yang diadakan tahun 2009 pada 30 wanita dengan usia di atas 45 tahun, hasilnya mereka yang menggunakan gel lidah buaya mengalami meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit. Sehingga, dapat terlihat lebih awet muda dan kulit lebih kencang.

2. Dapat melembabkan dan melembutkan kulit

Ketika dioleskan ke kulit wajah, lidah buaya dapat memberikan efek lembab dan lembut pada wajah. Oleh karena itu, banyak produsen skincare menambahkan lidah buaya ke dalam produk mereka. Misalnya, produk tabir surya.

Manfaat lidah buaya untuk rambut

Selain bermanfaat untuk wajah, lidah buaya juga bermanfaat untuk rambut. Berikut ini manfaat lidah buaya untuk rambut.

1. Mengatasi rasa gatal di kulit kepala

Kulit kepala sering merasa gatal ketika ada ketombe. Rasa gatal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman lidah buaya mengandung asam lemak yang bisa membantu agar kulit kondisi kulit kepala lebih baik dan tidak gatal. Lidah buaya pun bisa dijadikan sebagai salah satu cara mengatasi ketombe.

2. Memperbaiki rambut kering, kasar, dan bercabang

Jika rambut kamu rusak, kamu bisa memperbaikinya dengan lidah buaya. Rambut rusak biasanya diakibatkan karena sinar matahari, pemakaian produk yang kurang tepat, dan terlalu sering menggunakan alat styling rambut. Lidah buaya mengandung vitamin dan kolagen yang bisa melembabkan rambut.

3. Mengendalikan produksi minyak berlebih di rambut

Apabila kamu memiliki rambut yang berminyak, gel lidah buaya dapat membantu untuk mengendalikan produksi minyak pada rambut. Alhasil, rambut terlihat lebih lembut dan sehat.

4. Menutrisi rambut

Menutrisi rambut dengan lidah buaya dapat memperkuat helaian rambut. Penggunaan lidah buaya dapat membuat rambut menjadi berkilau dan tidak gampang patah. Sehingga, rambut terlihat sehat.

5. Mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut

Kandungan vitamin B12 dan asam folat pada lidah buaya dapat mengatasi kerontokan rambut. Selain itu, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih tebal.

Manfaat lidah buaya untuk penyakit

Kita sudah membahas beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah. Kini, kita akan membahas manfaatnya untuk penyakit. Beberapa manfaat lidah buaya untuk penyakit, adalah:

1. Mencegah timbulnya infeksi

Manfaat lidah buaya untuk penyakit adalah mencegah timbulnya infeksi. Gel lidah buaya mengandung polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada tubuh.

2. Membantu menyembuhkan luka

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiseptik. Hal ini membuat lidah buaya bisa digunakan untuk menyembuhkan luka, termasuk luka bakar. Pengobatan dengan lidah buaya dapat menyembuhkan luka dengan lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan konvensional.

3. Mengatasi plak gigi

Penumpukan plak dapat menimbulkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Penggunaan lidah buaya dapat mencegah kondisi ini. Penggunaan obat kumur yang mengandung lidah buaya untuk mengatasi plak sama efektifnya seperti penggunaan klorheksidin. Lidah buaya efektif dalam membunuh bakteri penghasil plak di gigi ataupun karang gigi.

4. Mengobati sariawan

Banyak orang mengalami sariawan di bawah bibir dan di dalam mulut. Sariawan biasanya dialami selama satu minggu. Dilansir dari Medical News Today, penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan lidah buaya efektif dalam mengurangi ukuran sariawan. Namun, tidak lebih efektif apabila dibandingkan dengan pengobatan dengan kortikosteroid.

Cara mengolah lidah buaya

Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya, kamu bisa mengolah lidah buaya menjadi kondisioner atau masker rambut. Jika kamu tidak mau repot, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan lidah buaya yang dijual di pasaran. Nah, jika kamu ingin membuat olahan lidah buaya sendiri, berikut ini adalah cara mengolah lidah buaya untuk rambut.

  • Potong daun lidah buaya
  • Kupas kulit lidah buaya
  • Ambil gel-nya menggunakan sendok
  • Campurkan dengan minyak zaitun atau minyak kelapa
  • Oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut
  • Tunggu sampai 60 menit
  • Bilas dengan keramas menggunakan sampo dan air
  • Lakukan cara ini selama dua sampai tiga kali dalam satu minggu untuk hasil yang maksimal

Lidah buaya adalah obat yang aman namun terkadang juga memiliki sedikit efek samping. Penggunaan secara topikal kemungkinan aman. Untuk mencegah efek sampingnya, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk lidah buaya ya.

Reference
Share