manfaat jeruk nipis untuk wajah

Mungkin kamu yang sudah sering memasak sudah sangat tidak asing dengan jeruk nipis yang sering digunakan sebagai pelengkap masakan. Tetapi, tahukah kamu manfaat jeruk nipis untuk wajah?

Ternyata jeruk nipis memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kandungan gula, folat, karbohidrat, zat besi, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin, dan antioksidan yang bagus untuk kulit.

Berbagai manfaat jeruk nipis untuk wajah

Selain sebagai bahan pelengkap masakan, jeruk nipis juga bermanfaat sebagai obat rumahan dan kecantikan kulit wajah. Berikut ada beberapa manfaat jeruk nipis sebagai bahan alami untuk membantu kecantikan kulit wajah kamu.

  1. Membantu Melembabkan Wajah

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu mengidrasi kulit secara maksimal dan membuat kulit wajah menjadi lembap. Kamu bisa mengoleskan jeruk nipis secara rutin sebagai masker pada kulit wajah.

Dengan penggunaan yang rutin masalah kulit kering kamu bisa teratasi dengan bahan sederhana dan mudah didapat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya dengan cara meminum campuran jusnya.

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Tampilan wajah yang kusam dan kurang bercahaya dapat membuat rasa percaya diri seseorang menjadi turun. Dengan jeruk nipis, kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih cerah karena adanya kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA).

  1. Mencegah dan Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan masalah wajah yang wajar dan sangat umum terjadi karena kulit yang berminyak atau kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Jeruk nipis dengan kandungan vitamin C nya dapat membantu mencegah jerawat karena bersifat sebagai anti bakteri.

  1. Mengurangi Tanda-tanada Penuaan Dini

Seiring dengan bertambahnya usia dan sering terkena paparan UV, melanin yang ada pada kulit dapat menumpuk. Sehingga akan menyebabkan adanya bintik-bintik hitam sebagai tanda penuaan dini pada wajah.

Jeruk nipis dengan kandungan vitamin c dan antioksidan yang tinggi dipercaya memiliki manfaat untuk melawan berbagai efek radikal bebas penyebab tanda-tanda penuaan pada wajah. Sehingga kamu bisa mendapatkan wajah yang awet muda dalam jangka waktu panjang.

  1. Menyamarkan Noda Hitam

Jeruk nipis dapat membantu menyamarkan noda hitam karena memiliki kandungan pencerah alami dari rasa asamnya. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis secara tipis dan perlahan dengan kapas pada wajah secara rutin atau di kompres seperti masker selama 30 menit.

Efek samping jeruk nipis untuk wajah

Sama halnya ketika dikonsumsi, untuk kamu yang memiliki alergi terhadap jeruk nipis sebaiknya hindari juga perawatan kecantikan dengan jeruk nipis. Karena bisa menyebabkan efek samping alergi seperti bengkak, gatal, hingga sulit bernapas.

Tetapi, pada umumnya jeruk nipis memiliki efek samping yang sedikit bahkan tidak ada efek samping. Contohnya jika kamu baru mengoleskan jeruk nipis di wajah dan terkena sinar UV dengan segera  bisa saja menimbulkan peradangan.

Bagaimana cara menggunakan jeruk nipis untuk wajah?

Puasa skincare

Untuk pengaplikasian jeruk nipis pada wajah, kamu bisa mulai dengan mencuci wajah sampai bersih. Kemudian, gunakan perasan jeruk nipis menggunakan kapas dan oleskan secara perlahan pada wajah atau jerawat, 

Biarkan dioleskan selama 10-15 menit seperti dikompres dan lakukan secara rutin selama beberapa minggu. Perlu diingat juga bahwa jeruk nipis merupakan bahan yang alami sehingga efeknya tidak akan dirasakan segera akan tetapi harus dilakukan secara rutin terlebih dahulu.

Ketika baru mengaplikasikan jeruk nipis, usahakan supaya tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung terlebih dahulu. Jika kamu memiliki kulit yang sensitive sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu ke bagian kulit lain sebelum ke bagian wajah.

Berapa kali sehari menggunakan jeruk nipis pada wajah?

Penggunaan jeruk nipis sebagai perawatan kecantikan ini bisa kamu lakukan satu minggu dua kali. Jika untuk perawatan jerawat atau bruntusan kamu bisa menggunakannya dua hari satu kali saja.

Perlu diingat juga jangan terlalu lama menggunakan olesan jeruk nipisnya dan setelah selesai segera basuh wajah menggunakan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk atau tissue kering.

Selain digunakan di luar kulit, kamu juga bisa mengonsumsinya dalam air hangat dengan beberapa tetesan jeruk nipis. Kandungan jeruk nipis yang memberikan manfaat kecantikan secara alami ini bisa kamu dapatkan dengan mudah tanpa biaya yang mahal.

Share artikel ini
Reference