Sunscreen memang memiliki banyak sekali manfaat untuk wajah karena dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Tabir surya atau sunscreen berguna untuk mencegah tanda penuaan kulit seperti garis halus dan kerutan. Namun, selain itu, apakah ada manfaat sunscreen untuk wajah jerawat? 

Yuk, ketahui langsung jawabannya melalui ulasan berikut ini. 

Apakah wajah berjerawat boleh pakai sunscreen

Beberapa orang mungkin enggan menggunakan sunscreen karena tidak terbiasa terutama ketika berjerawat. Ini karena tekstur sunscreen kerap dianggap kurang nyaman untuk kulit yang tengah berjerawat.

Tidak sedikit wanita juga khawatir penggunaan sunscreen tersebut justru dapat memperburuk kondisi jerawat pada kulitnya. Namun, sebenarnya boleh gak sih menggunakan sunscreen saat kulit sedang berjerawat?

Jawabannya boleh! Sunscreen tidak akan menyumbat pori-pori dan justru dapat melindungi wajah dari sengatan sinar matahari yang dapat membuat kulit menjadi kering dan meningkatkan produksi minyak. Peningkatan produksi minyak ini akan membuat jerawat semakin bertambah banyak. Ini sebabnya, mengapa menggunakan sunscreen saat berjerawat tetap disarankan. 

Manfaat Titanium Dioxide Dalam Sunscreen Dan Produk Kecantikan

Manfaat sunscreen untuk wajah berjerawat

Ternyata sunscreen bukan hanya dapat mencegah tanda penuaan seperti garis, halus, kerutan dan noda hitam tapi ada pula berbagai manfaat sunscreen untuk wajah berjerawat. Berikut sejumlah manfaatnya. 

1. Mencegah peradangan yang sebabkan jerawat parah

Paparan sinar matahari yang kuat dapat menyebabkan radikal bebas yang membuat kulit mengalami peradangan. Jerawat sendiri dapat muncul ketika kulit mengalami peradangan. Jadi, jika kamu justru mengalami peradangan saat berjerawat ini akan membuat jerawat semakin parah.

Menggunakan tabir surya dengan SPF 30 setiap hari sangat direkomendasikan. Dengan begitu, kulit akan terlindung dari risiko peradangan. 

2. Melindungi kolagen kulit

Menggunakan sunscreen juga dapat mencegah rusaknya kolagen kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Kolagen dan elastin memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk untuk kulit yang sedang berjerawat.

3. Mencegah berkurangnya kelembaban kulit

Paparan sinar matahari dapat membuat kelembaban kulit menjadi berkurang. Sepintas, mungkin terdengar bagus untuk kulit yang tengah berjerawat. Namun, kenyataannya justru sebaliknya, loh.

Kelembaban yang berkurang akan membuat kulit kering dan akhirnya membuat produksi minyak semakin banyak. Ini akan buruk untuk jerawat kamu. 

4. Mencegah bekas jerawat yang semakin parah

manfaat sunscreen untuk wajah berjerawat selanjutnya adalah dapat mencegah munculnya bekas jerawat yang parah. Pasalnya, sinar matahari sendiri dapat memperparah bekas jerawat. Ini sebabnya melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan sunscreen menjadi penting.

5+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi

Selain itu, sinar matahari juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi yang akan membuat bekas luka tampak lebih parah. Matahari juga dapat membuat bekas jerawat menjadi menghitam. Kamu tentu tidak menginginkannya, bukan?

Cara pakai sunscreen untuk wajah berjerawat

tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Meskipun manfaat sunscreen untuk wajah berjerawat cukup banyak, namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan sunscreen. Jika kamu memiliki kulit yang mudah berjerawat atau sedang berjerawat penting untuk memilih jenis sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulit tersebut.

Pilihlah sunscreen dengan formula dan tekstur yang ringan, lembut di kulit, tidak menggunakan pengharum. Selain itu, pilih juga sunscreen dengan formula non-comedogenic. 

Beberapa kandungan dalam tabir surya yang baik untuk kulit berjerawat adalah asam laktat, asam hialuronat, niacinamide. Kandungan seperti ini akan menjaga kesehatan kulit sekaligus meminimalisir residu putih dari tabir surya yang kamu gunakan.

Untungnya, kini ada banyak produk sunscreen yang diformulasikan untuk berbagai jenis kulit dan kondisi kulit. Kamu bisa memilih sunscreen yang sesuai dengan kulit kamu yang sedang berjerawat.

Setelah mengetahui sunscreen apa yang perlu kamu gunakan, ini dia cara mengaplikasikan sunscreen yang pas untuk kulit berjerawat.

  • Pilih sunscreen minimal SPF 30
  • Gunakan sunscreen dengan formula untuk kulit berjerawat
  • Aplikasikan sunscreen 30-15 menit sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan
  • Gunakan sunscreen sebanyak ruas jari untuk wajah dan leher
  • Gunakan sunscreen sebagai tahap terakhir skincare kamu
  • Jangan lupa reapply sunscreen beberapa kali sehari, ya. 

Itulah manfaat sunscreen untuk wajah berjerawat dan cara menggunakannya. Jadi, jangan lewatkan menggunakan sunscreen setiap hari, ya, apalagi jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan!

Share artikel ini
Reference