Manfaat Timun untuk Kesehatan

Siapa di sini yang suka makan timun? Banyak orang pasti suka! Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, timun juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, kesehatan kulit, bahkan mata.

Mentimun, timun, atau ketimun sering dianggap sayuran. Namun timun atau Cucumis Sativus termasuk dalam kelompok buah karena mengandung biji. Nah, biar kamu mengenal timun dan manfaat timun untuk kesehatan, simak penjelasan berikut ini, yuk!

Kandungan timun

Berbagai manfaat timun untuk kesehatan tubuh yang sering kamu dengar ternyata berasal dari kandungan gizinya yang sangat kaya, lho! Berdasarkan penelitian, pada 100 gram timun terdapat:

  • Kalori: 8
  • Air: 97,9 gr
  • Karbohidrat: 1,4 gr
  • Serat: 0,3 gr
  • Fosfor: 95 gr
  • Kalsium: 29 mg
  • Kalium: 57,1 mg
  • Folat: 7 mcg
  • Vitamin C: 1 mg
  • Vitamin K: 16,4 mcg
  • Beta karoten: 314 mcg

Manfaat timun untuk kesehatan

Ini adalah manfaat timun untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui:

1. Mencegah dehidrasi

Minum air putih secukupnya sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air dan mencegah dehidrasi. Namun, jika air putih saja terasa membosankan, kamu bisa membuat infused water dengan menambahkan mentimun dan irisan buah lainnya ke dalam air. Cara ini membuat air minumanmu menjadi lebih segar dan lebih bergizi.

2. Menangkal radikal bebas

Antioksidan dalam timun, seperti flavonoid, lutein, zeaxanthin dan tanin, dapat mencegah dan menangkal efek radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Senyawa ini juga berperan penting dalam pencegahan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, radang sendi, dan alzheimer.

3. Melancarkan pencernaan

Karena kandungan air dan seratnya yang tinggi, timun bermanfaat untuk mencegah dan mengobati sembelit. Kamu bisa makan timun dan buah-buahan dan sayuran lainnya ketika kamu susah BAB.

4. Membantu menurunkan berat badan

Jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, mulailah mengurangi asupan makanan yang mengandung kalori, lemak, dan gula tinggi, seperti makanan cepat saji, minuman kemasan, es krim, dan minuman ringan.

Untuk mendukung keberhasilan program diet ini, konsumsilah makanan defisit kalori seperti timun. Serat dalam mentimun membuatmu merasa kenyang lebih lama, sehingga lebih mudah untuk mengontrol nafsu makan.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Studi menunjukkan bahwa antioksidan dosis tinggi dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat, rahim, payudara, dan usus besar. Kandungan antioksidan dalam timun seperti cucurbitacin, lignan dan flavonoid dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

6. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat penting timun selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Studi menunjukkan bahwa vitamin K dan kalsium dalam timun dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Manfaat timun untuk wajah

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, manfaat timun untuk wajah juga tidak perlu diragukan.

1. Merawat kulit berminyak

Masker timun bisa digunakan sebagai masker wajah alami untuk merawat kulit berminyak. Pertama, bersihkan mentimun, kupas dan haluskan, lalu tambahkan satu sendok makan yogurt tawar dan aduk hingga tercampur rata. Kemudian, oleskan masker mentimun ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Terakhir bilas dengan air hangat hingga bersih.

2. Melembabkan wajah

Campurkan mentimun, madu, yoghurt, dan oatmeal untuk membuat masker mentimun yang melembabkan, menenangkan, dan mengangkat sel-sel kulit mati tua di wajah. Kemudian, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab wajah agar kulit wajah tetap lembab.

3. Mengatasi kulit yang iritasi dan berjerawat

Untuk meredakan iritasi dan pembengkakan kulit, buatlah masker mentimun dari air perasan timun. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan air perasan timun ke kulit wajah. Masker timun ini tidak hanya meredakan iritasi, tetapi juga melawan jerawat tanpa mengeringkan atau merusak kulit.

4. Menyegarkan wajah

Yang harus kamu lakukan adalah mencampur air timun dengan bahan alami lainnya seperti lidah buaya dan teh hijau. Kemudian bersihkan wajah dengan campuran tersebut dan bilas dengan air hingga bersih.

Manfaat timun untuk mata

Selain bermanfaat untuk kulit, kandungan timun juga sangat baik untuk mata.

1. Melawan keriput pada mata

Timun adalah obat alami yang bagus untuk menghilangkan kerutan dan garis-garis halus di bawah dan di sekitar mata. Timun dapat meningkatkan elastisitas kulit dan menyehatkan kulit yang mulai keriput. Hal ini dikarenakan timun mengandung enzim yang berpotensi mencegah penuaan karena khasiat obatnya dalam mencegah stres oksidatif.

2. Mengurangi bengkak pada mata

Jika tidak bisa tidur nyenyak atau mata lelah, kamu bisa meletakkan parutan mentimun atau potongan mentimun dingin ke atas kelopak mata untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan di bawah mata. Hal ini karena timun mengandung flavonoid dan tanin yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

3. Memudarkan lingkaran hitam di mata

Timun membantu mencerahkan kulit, jadi kamu bisa meletakkan irisan mentimun ke mata untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata. Timun sendiri mengandung vitamin K tingkat tinggi, yang membantu mengurangi pertumbuhan mata panda. Selain itu, timun juga bersifat antiinflamasi dan dapat membantu memperbaiki kesehatan kulit di sekitar mata.

Tips mengkonsumsi timun

Mentimun sering disajikan bersama lalapan atau dimakan langsung sebagai rujak. Tidak hanya itu, timun juga bisa digunakan untuk minuman segar. Berikut beberapa tips menyajikan minuman segar berbahan dasar timun yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1/4 mentimun yang diiris tipis
  • 2 jeruk nipis
  • 2 buah lemon
  • 2 kantong teh hijau
  • 1 liter air berkarbonasi
  • 1 liter air hangat
  • Sedikit mint
  • Es batu secukupnya

Langkah pembuatan:

  • Masukkan daun mint dan teh celup ke dalam air hangat dan biarkan selama 5-10 menit.
  • Peras lemon dan jeruk nipis, lalu campurkan ke dalam teh. Pisahkan beberapa irisan lemon untuk digunakan nanti sebagai hiasan.
  • Saat campuran sudah mengendap, tambahkan irisan mentimun dan sajikan dengan es batu dan soda yang dihias dengan irisan lemon.

Ada banyak resep minuman berbeda yang bisa dibuat dengan mencampurkan mentimun dengan buah-buahan lainnya. Raciklah sesuai selera untuk mendapatkan beragam manfaat ketimun bagi kesehatan tubuh secara lebih menyenangkan.

Share artikel ini
Reference