Manfaat tea tree oil
Hidup Sehat Perawatan Tubuh

13 Manfaat Tea Tree Oil, Ternyata Bisa Mengatasi Ketombe!

Putri Aprillia | Februari 19, 2022
Share

Saat ini, tea tree oil banyak digunakan dalam kosmetik, obat-obatan topikal, dan produk rumah tangga. Bahan kimia dalam tea tree oil dapat membunuh bakteri, jamur, tungau, dan mengurangi reaksi alergi pada kulit. Namun, sebenarnya masih ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari tea tree oil.

Lantas, apa saja manfaat tea tree oil? Bagaimana cara menggunakan tea tree oil yang baik? Yuk simak ulasannya di sini!

Apa itu tea tree oil?

Tea tree oil adalah minyak esensial yang disuling dari tanaman asli Australia, yaitu melaleuca alternifolia. Minyak esensial ini mempunyai beberapa manfaat, termasuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Selain mendatangkan banyak manfaat, tea tree oil tidak mahal dan aman bila digunakan sesuai petunjuk. Bahkan, tea tree oil sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional oleh suku Aborigin selama berabad-abad. Ekstrak minyaknya dapat dihirup untuk mengobati batuk dan pilek.

Kandungan baik dalam tea tree oil

Tea tree oil memiliki beberapa kandungan berikut ini.

  • Terpinen-4-ol
  • Eucalyptol
  • Cineole
  • Nerolidol
  • 1,8-cineole
  • Viridiflorol

Kandungan terpinen-4-ol pada tea tree oil dapat membunuh virus, jamur, dan bakteri. Kandungan ini juga bisa membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih dalam menangkal bakteri yang menyerang tubuh.

Fungsi tea tree oil

Tea tree oil yang kaya akan manfaat ini memiliki fungsi sebagai:

  • Antiseptik, diyakini dapat mengurangi produksi sebum yang berlebih di wajah.
  • Anti radang, diyakini dapat meredakan rasa gatal pada kulit
  • Antimikroba, diyakini dapat mengatasi jerawat
  • Anti jamur, diyakini dapat mengatasi penyakit kulit, seperti panu dan kurap

Manfaat tea tree oil untuk tubuh

Tea tree oil dapat memberikan banyak manfaat. Beberapa manfaat tea tree oil yang bisa kamu peroleh adalah:

1. Membersihkan tangan

Tea tree oil dapat digunakan untuk membuat pembersih tangan yang alami. Penelitian menunjukkan bahwa tea tree oil bisa membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

2. Mengusir serangga

Tea tree oil dapat membantu mengusir serangga yang mengganggu. Ini bisa digunakan untuk mengusir semut pada hasil pertanian dan nyamuk. Penggunaan tea tree oil sama efektifnya atau bahkan lebih efektif daripada penggunaan insektisida.

3. Deodoran alami

Tea tree oil memiliki efek antibakteri yang mampu mengendalikan bau badan. Tea tree oil mengandung senyawa yang dapat melawan bakteri penyebab bau badan. Sehingga, tea tree oil bisa digunakan sebagai bahan pembuat deodoran yang aman dan efektif.

4. Antiseptik untuk luka kecil

Cedera yang membuat kulit menjadi pecah-pecah memudahkan kuman masuk ke aliran darah dan menyebabkan infeksi. Tea tree oil dapat mengobati luka kecil dan lecet sehingga tidak terjadi infeksi.

5. Mengatasi jerawat

Tea tree oil dapat dijadikan senjata cara mengatasi jerawat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tea tree oil dapat mengurangi jerawat. Dalam penelitian lain disebutkan bahwa penggunaan tea tree oil untuk jerawat sama efektifnya dengan penggunaan benzoil peroksida.

6. Menghilangkan jamur pada kuku

Meskipun tidak berbahaya, jamur pada kuku bisa mengganggu penampilan. Tea tree oil telah terbukti dapat membantu menghilangkan jamur kuku.

7. Obat kumur

Dilansir dari Health Line, sebuah penelitian menunjukkan bahwa tea tree oil dapat melawan kuman penyebab kerusakan gigi dan bau mulut. Sebuah studi pada tahun 2020 menemukan bahwa obat kumur dari tea tree oil dapat mengurangi peradangan gingivitis.

8. Pembersih serbaguna

Tea tree oil dapat dijadikan sebagai pembersih serbaguna. Untuk membuatnya, kamu tinggal mencampurnya dengan air dan cuka. Kamu bisa memakainya untuk membersihkan rumah.

9. Menenangkan peradangan kulit

Manfaat tea tree oil dapat membantu meredakan kulit yang meradang. Dalam sebuah penelitian, tea tree oil ditemukan dapat mengurangi gejala dermatitis kontak hingga 40 persen. Selain itu, tea tree oil dapat meredakan reaksi gigitan serangga dengan mengurangi kemerahan, gatal, dan pembengkakan.

10. Mengurangi ketombe

Manfaat tea tree oil selanjutnya adalah sebagai cara menghilangkan ketombe. Ketombe memang tidak berbahaya. Namun, adanya ketombe bisa sangat mengganggu. Menambahkan tea tree oil ke sampo telah terbukti mengurangi ketombe. Hal ini berkaitan dengan sifat anti jamurnya.

11. Mengatasi kutu air

Kutu air adalah infeksi jamur pada kaki yang dapat menyebar ke kuku kaki dan tangan. Gejalanya adalah mengelupas, pecah-pecah, melepuh, dan kemerahan. Tea tree oil merupakan alternatif yang efektif untuk menghilangkan gejala-gejala tersebut.

12. Menghilangkan jamur pada buah dan sayuran

Buah dan sayuran rentan terhadap pertumbuhan jamur, terutama saat iklim hangat dan lembab. Senyawa anti jamur pada tea tree oil dapat mengurangi pertumbuhan jamur ini. Untuk membilas sayur dan buah, kamu bisa menambahkan 5-10 tetes tea tree oil ke dalam air.

13. Meredakan gejala psoriasis

Psoriasis adalah kondisi autoimun yang ditandai dengan timbulnya kulit merah, gatal, dan bersisik. Tea tree oil mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat meredakan gejala tersebut.

Cara menggunakan tea tree oil yang baik

Selain perlu mengetahui apa saja manfaatnya, kamu juga perlu tahu cara menggunakannya. Beberapa cara menggunakan tea tree oil yang baik adalah:

  • Ketika menyimpannya, jauhkan dari jangkauan anak-anak. Tea tree oil tidak boleh sampai tertelan karena bisa menyebabkan diare, sakit perut, dan lain-lain.
  • Sebelum menggunakan tea tree oil, lakukan uji pada area kecil kulit kamu. Lihat reaksi yang ditimbulkan setelah 24 jam. Tidak semua kulit akan cocok ketika menggunakannya, sehingga uji ini cukup penting.
  • Jangan menggunakan tea tree oil pada hewan peliharaan.
  • Jika kamu ingin menggunakannya untuk mengatasi jerawat, dianjurkan untuk menggunakan tea tree oil
  • yang telah dicampurkan air dengan perbandingan 1:9.
  • Gunakan tea tree oil sebagai pengobatan luar saja.
  • Berhati-hatilah ketika kamu mengoleskan tea tree oil pada area kulit yang dekat dengan mata. Uap dari tea tree oil dapat membuat mata menjadi merah dan perih.

Itulah beberapa manfaat dan cara menggunakan tea tree oil yang baik. Perlu diingat, ketika memakainya, jangan sampai tertelan ya.

Reference
Share