manfaat bengkoang untuk ibu hamil

Suka makan rujak saat hamil? Rupanya salah satu bahan makanan yang wajib di rujak, alias bengkoang baik untuk ibu hamil, lho!

Menurut National Institute of Health, bengkoang merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, karena dapat bertindak sebagai antioksidan dan dibutuhkan untuk banyak reaksi enzim. Berbagai kandungan dalam bengkoang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dapat memberikan manfaat kesehatan bagi ibu dan janin.

Meski begitu, kamu tetap harus berhati-hati saat konsumsi bengkoang saat hamil. Seperti yang kita ketahui, bengkuang merupakan tanaman akar yang berasal dari dalam tanah.

Pastikan untuk mencuci secara menyeluruh sebelum kamu mengkonsumsi. Berikut berbagai manfaat bengkoang untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui!

Bolehkah ibu hamil makan bengkoang?

Tidak apa-apa jika kamu makan bengkuang selama kehamilan. Asalkan, dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan bengkuang jika dikonsumsi secara berlebihan, memiliki kandungan kalium yang tinggi pada bengkuang dapat menyebabkan hiperkalemia (kelebihan kalium dalam darah).

Memang, kondisi seperti ini jarang terjadi. Namun, jika kamu mengalami hiperkalemia, dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena mempengaruhi irama jantung dan bisa berakibat fatal.

Hiperkalemia biasanya terjadi pada orang yang memiliki masalah ginjal. Untuk itu, jika kamu memiliki riwayat penyakit ginjal, sebaiknya batasi konsumsi bengkuang. Hal ini karena ginjal mengatur keseimbangan kandungan kalium yang ada dalam tubuh.

Ketika organ ini tidak bekerja dengan baik, ginjal tidak dapat menyaring kalium ekstra dari darah atau mengeluarkannya dari tubuh. Hormon aldosteron ini bertanggung jawab untuk memberi sinyal pada ginjal kapan waktu harus membuang kalium dalam tubuh.

Nutrisi bengkoang untuk ibu hamil

Nutrisi bengkoang

Bengkuang terkenal dengan kandungan seratnya yang cukup melimpah. Setiap 100 gram buah bengkoang memiliki kandungan serat dan sekitar 5 gram serta kurang lebih 40 gr kandungan kalori. Jumlah serat ini setara dengan 10-15% dari kebutuhan serat harian orang dewasa.

Selain serat, ada sejumlah nutrisi lain yang dimiliki bengkoang dan juga penting untuk kesehatan kamu. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung dalam 100 gram bengkuang:

  • Kalori: 46
  • Lemak: 0.1g
  • Natrium: 5.2mg
  • Karbohidrat: 11g
  • Serat: 5.9g
  • Gula: 2.2g
  • Protein: 0,9g

Selain beberapa nutrisi di atas, bengkuang juga mengandung vitamin A, vitamin B6, dan zat besi dalam jumlah sedikit.

Manfaat bengkoang untuk ibu hamil

Berikut berbagai manfaat bengkuang untuk ibu hamil, pastikan konsumsi dalam batas wajar untuk mendapatkan manfaatnya.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Salah satu manfaat utama bengkuang adalah untuk melancarkan pencernaan. Pasalnya, serat dalam bengkuang bisa membuat feses menjadi lebih lembut dan lebih mudah bergerak melalui saluran pencernaan.

Selain serat, nutrisi lain yang terkandung dalam bengkuang dan juga berguna untuk melancarkan sistem pencernaan adalah air dan inulin.

Menurut penelitian, kandungan inulin dalam bengkuang dapat meningkatkan frekuensi buang air besar hingga 31% saat kamu sedang sembelit.

2. Meningkatkan fungsi otak

Meski dalam jumlah sedikit, kandungan vitamin B6 dalam bengkuang ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Adanya vitamin B6 bisa bantu otak serta saraf bekerja lebih baik. selain itu, juga bisa membantu tubuh untuk produksi sel darah merah, dan merubah protein ke energi.

Adanya kandungan serat dan karbohidrat kompleks bengkuang juga baik untuk menjaga kelancaran aliran darah ke otak.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Bengkuang diketahui mengandung vitamin C, vitamin E, selenium dan beta karoten yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas pada ibu hamil. Jadi, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi, kuman dan juga kerusakan sel selama kehamilan.

4. Jantung sehat

Buah ini mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi serat yang cukup dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu bengkuang juga mengandung potasium yang baik untuk menjaga tekanan darah dengan cara merelaksasi pembuluh darah. Hal ini secara tidak langsung akan memberikan manfaat kesehatan jantung bagi ibu hamil.

5. Menurunkan berat badan

Jika kamu menjalankan program penurunan berat badan, kamu dapat menambahkan ubi ke dalam diet kamu. Pasalnya, kandungan kalori bengkoang tergolong rendah, yakni hanya sekitar 40 kalori dalam setiap 100 gramnya.

Memiliki kandungan serat dan karbohidrat kompleksnya yang tinggi, manfaat bengkoang untuk ibu hamil juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Adanya efek ini membuat buah bengkoang untuk bisa menurunkan berat badan. Asalkan, konsumsi dalam batas yang wajar.

Bengkuang memang bisa dikonsumsi langsung tanpa perlu dimasak. Namun, penting untuk diingat, pilihlah bengkuang yang berkualitas dan pastikan bengkuang telah dikupas dan dibersihkan dengan sempurna sehingga bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Share artikel ini
Reference