cara mempercepat haid

Haid dialami oleh wanita sebulan sekali dengan siklus antara 28-35 hari. Waktu menstruasi normal 2-7 hari, namun ada beberapa wanita yang mungkin mengalami siklus yang lebih cepat atau lambat.

Pada saat haid, wanita sering mengalami kram perut, mual, sakit perut dan punggung sebelum hingga selama haid. 

Pernah mengalami telat haid? Banyak faktor yang dapat menyebabkan haid telat sehingga perlu melakukan beberapa hal yang dapat mempercepatnya.

Bagaimana caranya? Adakah makanan yang dapat mempercepat haid? Yuk simak di sini!

cara agar mempercepat haid 

cara mempercepat haid selesai

Wanita terkadang mempunyai alasan tertentu mengapa ini mempercepat haidnya. Namun tentunya cara ini tidak instan dan merupakan bagian dari pola hidup sehingga salah satu manfaatnya adalah haid lancar dan cepat selesai.

Berikut tips mempercepat haid dengan cara aman:

1. Hindari penggunaan tampon

Menghindari penggunaan tampon ternyata dapat mempercepat siklus haid. Meski berfungsi sebagai pembalut, namun tampon dapat menghambat aliran darah sehingga darah sulit keluar dari vagina.

Hal ini tentu berdampak pada siklus yang teratur dan semakin lama. Cobalah untuk mengganti tampon dengan pembalut agar haid cepat selesai.

2. Olahraga rutin

Tubuh yang sehat dan bugar dapat membantu haid menjadi lebih lancar. Itulah sebabnya olahraga ringan harus coba kamu lakukan sehingga haid akan lebih cepat.

Pilih olahraga sesuai kemampuan dan konsisten seperti kardio sehingga haid menjadi lebih cepat dan gejala haid yang dirasakan juga jauh lebih ringan.

3. Pola hidup sehat

Pola hidup sehat banyak memilih makanan sehat bergizi, banyak olahraga dan istirahat yang cukup bisa menjadi cara untuk menstruasi lebih lebih datang. Hindari stres dan tekanan yang dapat menyebabkan hormon estrogen sulit untuk tercukupi.

4. Orgasme

Tahukah kamu jika orgasme dapat mempercepat datangnya haid? Saat berhubungan seksual atau masturbasi hingga mengalami orgasme, tubuh akan mengeluarkan hormon estrogen lebih banyak. Hormon estrogen tersebut dapat membantu meredakan stres yang menjadi salah satu penyebab telat datang bulan. 

Kamu bisa melakukan hubungan seksual dengan aman bersama pasangan menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan.

5. Menggunakan pil KB

Alat kontrasepsi dapat mempersingkat waktu siklus haid atau dengan kata lain siklus haid kamu jadi lebih teratur dengan mengonsumsi pil KB. Menurut National Women’s Health Network, alat ini termasuk aman untuk dapat mempercepat haid.

Meskipun begitu, tetap lakukan konsultasi dengan dokter untuk konsumsi pil kb jika ada risiko atau efek samping pil KB yang perlu kamu perhatikan. 

Ini Dia Cara Mengatasi Telat Datang Bulan dengan Cepat

Cara agar mempercepat haid salah satunya adalah melalui makanan, jenis makanan yang dapat mempercepat haid antara lain:

6. Mengonsumsi jahe

Jahe merupakan salah satu makanan untuk mempercepat haid. Jahe dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk dan mempunyai pengaruh baik dalam mengatur aliran darah haid.

Jahe mengandung anti inflamasi dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan dan mempercepat haid

Manfaat lain dari jahe yaitu mengandung serat, vitamin, kalsium dan berbagai kandungan lain. Senyawa di dalam jahe dapat melindungi tubuh dari gangguan peradangan.

Minuman jahe yang hangat juga akan meredakan sakit perut dan nyeri yang kerap datang saat menstruasi.

Ternyata Ini Manfaat Jahe Merah untuk Wanita? Kulik Ulasannya Berikut!

7. Menambah asupan vitamin C

Makanan yang mengandung tinggi vitamin C seperti berry, jeruk, blackcurrant, tomat, bayam, paprika merah atau hijau sangat baik untuk merangsang kontraksi rahim sehingga darah meluruh dengan lebih cepat.

Vitamin ini dapat menurunkan progesterone namun meningkatkan estrogen sehingga baik untuk mempercepat haid kamu.

Manfaat Vitamin C untuk Kulit, Rahasia Kulit Cantik!

8. Minum ramuan kunyit

Kunyit merupakan salah satu makanan yang dapat mempercepat haid. Manfaat kunyit saat haid juga dapat mempengaruhi tingkat estrogen dan progesterone sehingga dapat melancarkan haid.

Selain itu, kandungan dalam kunyit yang bersifat emmenagogue dapat membuat aliran darah pada panggul dan rahim menjadi jauh lebih lancar. 

Apakah kamu pernah minum jamu kunyit asam? Kunyit ternyata juga sangat ampuh untuk meredakan nyeri haid.

Sifat analgesiknya sangat baik untuk membantu meredakan nyeri dan peradangan. Selain itu kurkumin dalam kunyit dapat menghambat hormon yang bekerja dengan sangat efektif.

9. Mengonsumsi peterseli

Di dalam peterseli terdapat vitamin dan senyawa apiol serta myristicin yang membantu rahim berkontraksi dengan lebih cepat.

Senyawa bioaktif dalam peterseli meningkatkan aktivitas estrogen sehingga haid dapat lebih cepat datang.

Peterseli juga mengandung antispasmodik yang dapat mengurangi sakit dan kram perut selama menstruasi. Peterseli dapat dikonsumsi sebagai the herbal atau dicampur dalam makanan. 

10. Minum sari kacang kedelai

Kacang kedelai dapat diolah menjadi berbagai makanan kaya akan protein, mineral dan vitamin. Kacang tanah juga diketahui memproduksi isoflavon dan fitoestrogen yang akan membantu produksi estrogen lebih tinggi. 

Kacang kedelai sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan reproduksi, meredakan nyeri haid, mengurangi kram atau rasa kurang nyaman hingga mempercepat haid datang.

Kacang kedelai dapat diolah dengan berbagai cara untuk meringankan rasa sakit. 

Begini Cara Memijat agar Cepat Haid Sendiri, Perhatikan Titiknya!

11. Makan pepaya

Apakah kamu penyuka papaya? Ternyata sifat uterotonic dalam pepaya dapat membantu induksi dan merangsang kontraksi rahim, lho.

Papaya dapat kamu makan secara langsung atau dijadikan jus buah yang akan mendorong estrogen lebih banyak diproduksi.

12. Makan nanas

Nanas sebagai sumber enzim bromelin dapat berpengaruh pada hormon estrogen. Nanas juga dapat membantu merawat peradangan yang menjadi penyebab menstruasi tidak teratur.

Sifat uterotonic dalam nanas dapat merangsang rahim untuk induksi sehingga haid bisa lebih cepat datang.

13. Mengonsumsi wortel

Senyawa bioaktif dan betakaroten dalam wortel sangat baik dalam mempercepat haid datang karena sifatnya dapat menginduksi rahim.

Wortel dapat diolah dengan mudah sesuai selera baik itu sebagai makanan atau minuman.

14. Mengonsumsi ramuan rempah herbal

Emmenagogues merupakan ramuan yang dapat mempercepat haid datang. Beberapa wanita sering memakai jenis rempah ini yang ternyata dapat mengundang haid lebih cepat.

Rempah yang bermanfaat itu seperti chamomile, kayu manis, sage, rosemary, oregano dan sebagainya dapat mempercepat datangnya haid.

15. Mengonsumsi ginseng wanita

Dong quai sering ditemukan dalam campuran rempah atau teh herbal yang sudah sekian lama menjadi salah satu ramuan untuk menginduksi dan merangsang rahim sehingga haid bisa lebih cepat datang.

Ramuan asli Cina ini juga dapat meredakan gejala pada wanita menopause dan gejala menstruasi bulanan.

Rempah-rempah dan makanan dengan khasiat tinggi ini dapat kamu pilih untuk mempercepat haid kamu, ladies, namun apakah ada risiko jika haid lebih cepat datang?

Apakah Obat Pelancar Haid Bisa Gugurkan Kandungan? Ini Penjelasannya!

Risiko dari cara mempercepat haid

haid tidak lancar begini cara mengetahuinya dan cara agar mempercepat haid

Cara agar mempercepat haid yang dapat dilakukan dengan mengubah pola hidup lebih sehat dan dari makanan alami yang dipilih cenderung aman dan tidak menimbulkan resiko apa pun.

Jika kamu menambah suplemen harian untuk melancarkan haid dan mempercepatnya, pilihlah suplemen atau makanan yang telah ber-BPOM.

Selain itu, penggunaan pil KB untuk mempercepat haid juga harus melalui saran dan rekomendasi dokter karena pil pengontrol kelahiran ini pada beberapa orang dapat menyebabkan efek samping seperti meningkatkan risiko pembekuan darah, stroke hingga serangan jantung.

Jenis makanan yang kamu pilih harus disesuaikan apabila kamu memiliki alergi tertentu terhadap suatu makanan. Tetap lakukan control dan konsultasikan dengan tenaga kesehatan apabila haid tidak lancar dengan gejala yang tidak biasa kamu alami.

@yoonawomen Kamu punya cara agar cepat haid lainnya yang biasa dilakukan? Share pengalamanmu yuk di kolom komentar! #telathaid #menstruasitidaknormal #serunyabelajar #pembalutorganik #pembalutsehat #pembaluthalal #YoonaWomen #BecauseYOUMatter #NeverSettleForLess ♬ A warm and gentle orchestral song – Azuline

Share artikel ini
Reference