Manfaat vitamin c untuk kulit

Fungsi kulit sangat penting bagi tubuh. Organ ini berfungsi mengatur suhu tubuh dan keseimbangan cairan, memproduksi vitamin D, dan membantu tubuh mengalami sensasi panas atau dingin saat disentuh.

Kulit juga melindungi tubuh dari cedera, infeksi, dan paparan radiasi, seperti sinar ultraviolet (UV).
Oleh karena itu, kulit membutuhkan nutrisi seimbang agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Nutrisi ini termasuk protein, air, lemak tak jenuh atau sehat, dan berbagai vitamin. Di antara nutrisi tersebut, vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting untuk kulit.

Nah, yuk cari tahu apa saja manfaat vitamin c untuk kulit!

Mengenal apa itu vitamin C

Vitamin C adalah jenis vitamin yang larut dalam air yang berperan penting dalam memerangi berbagai penyakit. Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia asam askorbat.

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan (zat yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal berbahaya seperti asap rokok, polusi udara, dan sinar UV dari matahari). Vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen, protein penting untuk penyembuhan luka.

Selain itu, vitamin C juga membantu sistem kekebalan tubu dan mencegah berbagai penyakit. Pada bahan alami, vitamin ini dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, paprika, kiwi, melon, brokoli, stroberi, kentang, dan tomat. Vitamin C juga ditemukan dalam obat-obatan, suplemen makanan, berbagai makanan dan minuman kemasan.

Apa manfaat vitamin c untuk kulit?

Manfaat vitamin c untuk kulit memang sangat banyak dan sudah menjadi rahasia umum. Apa saja sih manfaat tersebut?

1. Menjaga kulit dari radikal bebas

Salah satu manfaat penting vitamin C adalah sebagai sumber antioksidan yang baik untuk kulit. Fungsi antioksidan antara lain mencegah kerusakan sel dan jaringan kulit, melindungi kulit dari paparan radikal bebas, dan mencegah penuaan dini pada kulit.

2. Mendorong produksi kolagen lebih cepat

Kolagen adalah protein yang berperan dalam produksi elastisitas kulit, kekencangan, kehalusan, dan mempercepat proses penyembuhan luka alami kulit. Salah satu nutrisi yang dapat mempercepat produksi kolagen adalah vitamin C.

3. Menjaga Kulit dari paparan sinar matahari

Terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat merusak kulit. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi vitamin C bekerja untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi peradangan kulit, dan membantu mencegah pembentukan bintik-bintik gelap pada kulit.

4. Mencegah risiko kanker kulit

Paparan sinar matahari yang berlebihan dan penuaan adalah beberapa alasan yang membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan. Kerusakan ini menyebabkan kanker kulit. Menurut penelitian, efek antioksidan dan anti inflamasi dari vitamin C dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan mencegah kanker kulit.

Cara kerja vitamin C untuk kulit sehat

Vitamin C sangat penting untuk memproduksi kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah bahan penyusun kulit, rambut, otot, dan tendon, dan itulah yang membuat kulit kita tampak awet muda dan halus. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen melambat, yang dapat menyebabkan kulit kendur.

Ketika dikonsumsi, vitamin C mempercepat produksi kolagen dan elastin, yang membantu menjaga supaya wajah tetap kenyal dan kencang. Vitamin C sudah sering digunakan untuk membantu mencegah penuaan dini pada kulit, mengembalikan kualitas kulit, dan membuat kulit lebih halus.

Efek samping vitamin C untuk kulit

Seperti halnya produk perawatan kulit, penggunaan serum vitamin C dapat menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang paling umum adalah: gatal, kemerahan, peradangan kulit.

Beberapa orang mungkin mengalami sedikit rasa terbakar atau kesemutan saat mengoleskan serum vitamin C, tetapi hal ini tidak berlangsung lama.

Tips menggunakan vitamin C untuk kulit

Serum vitamin C dapat digunakan 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Berikut langkah-langkah penggunaan serum vitamin C untuk mendapatkan manfaat maksimal:

  • Cuci muka dengan sabun sebelum mengoleskan serum vitamin C, lalu keringkan wajah.
  • Teteskan serum vitamin C pada ujung jari, lalu oleskan secara merata ke seluruh wajah.
  • Tepuk-tepuk wajah dengan lembut agar serum terserap sempurna ke dalam kulit.

Gunakan pelembab wajah dan tabir surya di pagi hari setelah mengoleskan serum vitamin C. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pelembab di malam hari. Serum Vitamin C dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, jika kamu memiliki kulit sensitif, pastikan terlebih dahulu bahwa produk tersebut cocok untuk kulitmu.

Share artikel ini
Reference