kunyit asam untuk haid

kunyit asam untuk haid

Punya masalah dengan siklus menstruasi? Daripada menggunakan obat-obatan, kamu bisa menggunakan bahan alami yakni kunyit asam.

Konsumsi kunyit asam untuk haid dalam jumlah yang tepat tidak hanya membantu melancarkan menstruasi.

Penasaran apa saja manfaat kunyit asam untuk haid dan berapa banyak kunyit asam yang boleh kamu konsumsi? Baca informasi di bawah ini sampai selesai, ya.

Apa itu kunyit asam?

Kunyit asam adalah ramuan atau rempah yang berasal dari kunyit dan asam Jawa. Kunyit dan asam Jawa memang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan.

Akan tetapi, di balik perannya sebagai bumbu masakan, kunyit asam sering diolah menjadi minuman yang menyehatkan.

Produk olahan minuman kunyit asam memiliki sifat anti-inflamasi, anti-oksidan, anti-mikroba, anti-kanker, serta imunomodulator yang memberikan segudang manfaat untuk mengatasi berbagai masalah menstruasi.

Oleh karena itu, minuman yang satu ini dikenal sebagai minuman herbal yang kaya akan manfaat. Tapi, apa saja kandungan kunyit asam sehingga banyak digunakan terutama untuk mengatasi haid?

Kandungan kunyit asam

Dari berbagai sifatnya untuk mengatasi masalah menstruasi, kunyit asam mengandung kurkuminoid (kurkumin) dan minyak atsiri.

Dalam hal ini kurkumin adalah antioksidan dan agen anti-inflamasi yang bisa mengatasi rasa sakit seperti obat penghilang rasa sakit. Sementara kandungan minyak atsiri bersifat terapeutik.

Terlepas dari kandungan kunyit asam tersebut, menurut United States Department of Agriculture (USDA) satu sendok makan bubuk kunyit asam untuk haid mengandung beberapa hal seperti berikut ini:

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Gula pasir
  • Mangan
  • Zat besi
  • Potassium

Bukan hanya kandungan tersebut, kunyit asam bubuk juga memiliki vitamin yakni vitamin C.

Mulai dari kurkumin hingga vitamin C, kunyit asam bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan rahim, melainkan juga hormon, serta menstruasi.

Penasaran apa saja manfaat dari kunyit asam? Di bawah ini adalah penjelasannya.

Manfaat kunyit asam

Dari masalah rahim hingga menstruasi, kunyit asam yang mengandung kurkumin dikenal karena sifat farmakologisnya.

Artinya, kunyit asam dinilai sebagai salah satu obat yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan terutama menstruasi. Berikut adalah manfaat lain dari kunyit asam:

1. Mengurangi sindrom PMS

Manfaat kunyit asam untuk masalah menstruasi yang pertama adalah membantu mengurangi sindrom pramenstruasi (PMS) mulai dari aspek emosional seperti mudah tersinggung, mood swing, dan aspek fisik seperti nyeri pinggang, nyeri kepala dan rasa kembung.

Sifat anti-inflamasi kurkumin pada kunyit asam terbukti mengurangi perubahan suasana hati dan depresi. Oleh karenanya, kunyit asam telah terbukti mengurangi gejala PMS secara signifikan.

2. Mengurangi kram menstruasi

Kunyit asam memiliki sifat anti-spasmodik yang dapat membantu mengatasi kram menstruasi. Kurkumin membantu mengurangi frekuensi kontraksi termasuk tingkat kekuatan kontraksi pada otot di rahim.

Akibatnya, kram menstruasi yang biasanya terasa menyakitkan dapat berkurang atau bahkan menghilang.

3. Mengurangi malaise

Selama menstruasi kamu mungkin mudah merasa lelah dan tubuh terasa tidak nyaman. Kondisi yang disebut malaise ini bisa kamu atasi dengan kunyit asam.

Kunyit asam akan menghambat aktivitas enzim inflamasi, mengurangi prostaglandin, sehingga menghambat proses peradangan.

4. Mengatasi sakit punggung selama menstruasi

Daripada kamu menggunakan obat pereda nyeri yang bisa memberikan efek samping, lebih baik kamu menggunakan kunyit asam untuk haid.

Kamu bisa mengonsumsi bubuk kunyit 3 kali sehari sebanyak 400 hingga 600 mg.

5. Mengembalikan siklus menstruasi

Manfaat kunyit asam selanjutnya yakni mengatasi gangguan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Kunyit asam memiliki sifat emmenagogue yang bisa merangsang aliran darah di daerah panggul dan rahim sehingga siklus haid dapat kembali menjadi normal dan teratur.

6. Mengatasi keputihan

Selain bermanfaat untuk mengembalikan siklus menstruasi, kunyit asam juga digunakan untuk mengatasi masalah keputihan.

Kamu bisa merebus 10 gram kunyit, membiarkannya selama beberapa saat hingga dingin, lalu gunakan air rebusan untuk membersihkan daerah intim sebanyak 3-4 kali sehari.

7. Membantu mengatasi endometriosis

Kurkumin dalam kunyit asam dapat membantu melawan infertilitas karena ketidakseimbangan antara prooksidan dan antioksidan alami pada tubuh di endometrium.

Kurkumin akan menghambat pertumbuhan sel endometriosis dengan memodulasi sekresi estrogen.

8. Membantu mengatasi fibroid rahim

Manfaat kunyit asam berikutnya adalah menghambat pertumbuhan sel yang membentuk fibroid rahim.

Kurkumin yang bersifat anti-inflamasi dapat mencegah pertumbahan atau proliferasi sel fibroid rahim.

9. Mencegah berbagai kanker

Selain efektif melawan tumor, kunyit asam bermanfaat untuk mencegah tumor. Kandungan kurkumin mencegah pertumbuhan sel kanker baik di payudara, ovarium, serviks, serta pankreas dan prostat.

10. Mengurangi gejala mood swing dan depresi yang berkaitan dengan menstruasi

Kalau tadi kamu sudah banyak mendengar sifat anti-inflamasi dari kunyit asam maka, kamu juga harus tahu bahwa kurkumin memiliki sifat anti-depresan.

Jadi, kunyit asam bisa bermanfaat untuk membantu mengurangi gejala gangguan depresi serta mengurangi kecemasan.

11. Mengurangi gejala PCOS

Biarpun tidak ada penelitian yang dilakukan untuk mengevaluasi manfaat kunyit asam pada sindrom ovarium polikistik (PCOS), agen anti-inflamasi, antioksidan, dan fitoestrogen dari kunyit dapat membantu mengurangi gejala PCOS.

Selain beberapa manfaat tersebut, kunyit asam juga bisa mengatasi gangguan pencernaan seperti kembung karena haid dan mengobati peradangan usus. Belum lagi, kunyit asam dipercaya dapat meningkatkan fungsi hati.

Lalu, bagaimana dengan kunyit asam yang digunakan untuk keperluan menstruasi?

Kunyit asam untuk haid

Kunyit asam yang digunakan selama periode menstruasi atau sebelum haid memang memberikan banyak manfaat.

Mulai dari meredakan atau mengurangi gejala menstruasi, hingga berbagai masalah kesehatan rahim.

Biarpun begitu, gunakanlah kunyit asam untuk haid dalam jumlah yang wajar.

Memang, kunyit asam adalah bahan alami yang dinilai tidak memberikan efek samping seperti obat anti-inflamasi lainnya. Tapi, terlalu banyak kunyit asam bisa menyebabkan iritasi pada lambung.

Kunyit asam merangsang produksi asam lambung lebih banyak sehingga iritasi pencernaan rentan terjadi.

Belum lagi, terlalu banyak kunyit asam dapat mengencerkan darah dan merangsang kontraksi. Jadi, konsumsi kunyit asam secukupnya saja ya.

Cara kerja kunyit asam untuk haid

Ramuan atau minuman herbal kunyit asam bermanfaat untuk berbagai kesehatan tubuh. Jadi, cara kerja kunyit asam untuk haid berbeda-beda tergantung dari manfaatnya ya.

Kunyit asam mungkin akan bekerja mencegah pertumbuhan dan sekresi berbagai sel lain yang bisa memicu kanker maupun melawan estradiol.

Kunyit asam dapat mengatasi gejala yang muncul saat haid berupa kram atau nyeri menstruasi dengan cara mengahambat aktivitas enzim inflamasi, mengurangi produksi prostaglandin serta menghambat perpindahan sel pemicu radang yang pada akhirnya dapat menimbulkan rasa sakit.

Tips mengonsumsi kunyit asam untuk haid

Supaya kamu bisa memperoleh berbagai manfaat dari kunyit asam, kamu bisa mengonsumsi minuman herbal kunyit asam untuk haid setiap hari.

Berikut adalah tips mengonsumsi kunyit asam untuk haid yang perlu kamu ketahui:

  • Gunakan kunyit sebagai campuran rempah dalam kuah kari
  • Mencampur kunyit, cuka, dan minyak untuk membuat saus
  • Membuat sup dengan tambahan kunyit
  • Minum susu dengan campuran kunyit
  • Mengolah kunyit menjadi smoothie yang dicampur dengan mangga

Selain beberapa tips di atas, kamu juga boleh mengonsumsi kunyit bubuk atau kunyit asam dalam bentuk kapsul.

Kamu bisa membeli dalam bentuk suplemen yang di jual di toko obat, apotek, maupun minimarket. Tidak lupa, konsumsilah kunyit asam secukupnya dan tidak berlebihan ya.

Share artikel ini
Reference