Manfaat Jahe Merah untuk Wanita
Hidup Sehat

Ternyata Ini Manfaat Jahe Merah untuk Wanita? Kulik Ulasannya Berikut!

Putri Aprillia | Januari 3, 2022
Share

Jahe merah biasanya sering digunakan untuk bahan masakan dan minuman di Indonesia. Misalnya, minuman tradisional wedang ronde, bubur kacang hijau, dan masih banyak lagi. Selain untuk bahan makanan dan minuman, jahe dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, manfaat jahe merah untuk wanita juga tidak perlu diragukan lagi.

Tertarik mengonsumsi jahe untuk kesehatan? Kira-kira apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan wanita? Yuk cari tahu jawabannya berikut ini!

Mengenal tanaman jahe merah

Siapa yang tidak mengenal apa itu jahe merah? Jahe merah adalah salah satu rempah terbaik karena mempunyai banyak kegunaan. Bumbu rempah ini berasal dari Asia Tenggara dan banyak bermanfaat sebagai alternatif pengobatan. Aromanya jahe merah sangat khas dan kerap digunakan baik sebagai bumbu dapur dan pengobatan.

Makanan dan minuman yang menggunakan bahan ini, biasanya memiliki rasa yang hangat di tubuh. Tak heran, jahe merah sering dipakai untuk membuat makanan dan minuman yang menyehatkan untuk dikonsumsi ketika sedang tidak enak badan.

Manfaat jahe merah untuk wanita tidak terlepas dari kandungan zat alami yang terdapat di dalamnya. Apa saja kandung di dalam rempah ini sehingga mampu digunakan sebagai alternatif pengobatan?

Kandungan dalam jahe merah

Terdapat kandungan antosianin yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, ada beberapa kandungan jahe merah yang bermanfaat antara lain:

  • Phenolic. Zat ini akan bekerja dalam meredakan gejala iritasi yang menyerang pencernaan, memudahkan proses pencernaan dan mencegah kontraksi.
  • Minyak atsiri. Kandungan minyak atsiri dalam jahe merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membantu menjaga kesehatan.
  • Zingeron. Jenis zat ini dapat mencegah inflamasi usus dan menghambat enzim yang memicu peradangan. Kandungan zingeron dalam jahe merah juga dapat mencegah kerusakan sendi.
  • Gingerol. Rasa pedas dari jahe merah muncul dari zat gingerol yang bermanfaat dalam menurunkan gejala flu dan batuk, selain itu mencegah kedinginan dan menyehatkan pernapasan.

Perbedaan jahe merah dan jahe putih

Rempah yang mempunyai rasa pedas ini ternyata punya beberapa penampilan yang dikenal di Indonesia. Ada jahe merah dan jahe putih. Lalu apa bedanya?

Jahe putih tentunya sangat familiar dan mudah ditemukan di dapur. Jenis jahe ini lebih banyak dipakai untuk masakan, sedangkan jahe merah sering digunakan sebagai campuran minuman. Selain itu, jahe merah mempunyai ukuran yang lebih kecil dan lebih pedas. Kedua jahe ini mempunyai kandungan nutrisi yang hampir sama, namun jahe merah biasanya lebih banyak digunakan sebagai alternatif pengobatan.

Manfaat jahe merah untuk wanita

Manfaat jahe merah dikenal sebagai pengobatan alternatif yang ampuh untuk berbagai keluhan. Selain itu, jahe merah punya segudang manfaat untuk wanita, antara lain:

1. Meredakan sakit PMS

PMS atau pre menstruasi syndrome dialami sebelum wanita menstruasi, ditandai dengan nyeri pada bagian perut bawah. Minum teh jahe atau rebusan rempah ini dapat meredakan nyeri atau sakit perut PMS.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Konsumsi jahe dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga menjadi lebih sehat. Minuman jahe dapat membunuh bakteri dan menstabilkan kesehatan tubuh secara alami. Jika, kamu ingin meningkatkan kekebalan tubuh, kamu bisa mengonsumsi jahe merah yang dicampur dengan teh, susu, atau air hangat dan madu.

3. Meningkatkan kesuburan

Konsumsi jahe ternyata erat berkaitan dengan reproduksi dan kesuburan. Jahe mengandung L-arginine yang fungsinya melancarkan darah dalam tubuh. Pasokan oksigen ke ovarium dan rahim terpenuhi sehingga meningkatkan kesuburan wanita.

4. Anti Aging alami

Kandungan antioksidan dalam jahe akan membantu kulit tampak sehat dan cantik. Jahe dapat menangkal radikal bebas dan menghaluskan kulit sehingga bermanfaat sebagai anti aging alami.

Jahe merah untuk ibu hamil

Selain untuk kesehatan secara umum, manfaat jahe merah untuk wanita hamil ternyata juga banyak lho, apa saja manfaat jahe untuk ibu hamil?

  • Mengatasi mual di pagi hari
  • Mengatasi kram di trimester pertama
  • Meredakan sakit tenggorokan
  • Melancarkan pencernaan
  • Memperbaiki otot
  • Mengatur gula darah
  • Mengatur kolesterol
  • Mengatasi kecemasan

Ibu hamil baru terkadang merasakan gejala kelelahan ekstrim sehingga bisa mengkonsumsi jahe untuk dapat meningkatkan kebugaran. Bagaimana tips yang aman ketika mengkonsumsi jahe untuk ibu hamil ya?

Tips mengkonsumsi jahe merah untuk wanita dan ibu hamil

Manfaat jahe merah untuk wanita dan ibu hamil ternyata cukup banyak. Khasiatnya dapat membantu ibu hamil menjadi jauh lebih sehat. Untuk konsumsi jahe selama hamil juga sangat aman dengan kadar konsumsi secukupnya.

Menurut ahli gizi dari Natural Food Series, Michael Jessimy, ibu hamil dapat mengkonsumsi jahe dalam porsi cukup. Rebusan jahe cukup membantu ibu hamil mengurangi mual pada awal kehamilan.

Untuk tips dalam mengkonsumsinya yang aman, ibu hamil dapat membuat teh jahe atau susu jahe. Caranya cukup mudah:

  • Siapkan 1 gelas susu murni
  • Gula putih secukupnya
  • Sendok jahe segar yang diparut
  • Campurkan semua bahan
  • Rebus hingga berbusa selama 5 menit.

Selain itu jahe dapat dikonsumsi dengan cara lain seperti dalam bentuk permen atau dicampurkan dengan makanan lain sesuai selera.

Banyak sekali manfaat jahe merah untuk wanita dan ibu hamil bukan? Jahe memang tumbuhan penuh manfaat yang dapat membantu menjaga kesehatan tanpa harus kesulitan dalam menemukan dan mengkonsumsinya.

Reference
Share