keputihan gatal apakah berbahaya

Rasa gatal pada vagina bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk keputihan. Jika demikian, keputihan gatal apakah berbahaya untuk organ intim dan kesehatan tubuh? 

Keputihan sejatinya hal yang normal, tapi bisa menjadi berbahaya ketika disertai dengan tanda lainnya. Yuk, kenali tanda keputihan yang berbahaya dan cara mengatasinya di artikel ini!

Keputihan gatal apakah berbahaya?

Kamu mungkin penasaran keputihan gatal apakah berbahaya untuk kesehatan tubuh, terutama vagina? Tidak hanya karena keputihan, ada banyak faktor penyebab munculnya rasa gatal pada vagina, seperti infeksi jamur dan iritasi kulit.

Keputihan merupakan hal yang normal, tetapi jika diikuti dengan rasa gatal, kemungkinan ada hal yang perlu kamu khawatirkan. Jika berwarna selain bening atau putih susu dan disertai dengan rasa gatal merupakan pertanda adanya masalah pada vagina.

Rasa gatal yang menyertai keputihan biasanya disebabkan oleh adanya jamur candida albicans pada vagina. Tidak hanya rasa gatal, kamu mungkin juga akan mengalami:

  1. Kemerahan pada vulva
  2. Pembengkakan vulva
  3. Rasa nyeri baik pada saat berhubungan seksual atau buang air kecil
  4. Ada ruam yang muncul pada vagina

Kamu juga perlu memperhatikan apakah keputihan yang kamu alami memiliki warna yang berbeda tidak seperti biasanya. Keputihan dengan warna yang tidak normal, seperti hijau dan cokelat juga merupakan sebab munculnya rasa gatal.

Kamu perlu segera berkonsultasi dengan dokter jika rasa gatal saat keputihan disertai dengan bau menyengat dari cairan keputihan.

Cara Menghilangkan Keputihan Paling Efektif, Secara Medis dan Alami

Bagaimana cara mengatasi keputihan?

cara mengatasi keputihan

Keputihan yang berlebihan sudah sangat mengganggu kenyamanan aktivitas kita, apalagi jika disertai dengan rasa gatal. Kamu tidak perlu cemas. Munculnya keputihan tidak bisa kamu hindari, tapi ada banyak cara mengatasi keputihan yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

Cara mengatasi keputihan yang pertama, yaitu bersihkan area vagina dengan lembut menggunakan air. Kamu juga perlu menghindari produk sabun pembersih yang beraroma untuk membersihkan vagina. Keringkan area vagina secara menyeluruh dan kenakanlah celana dalam berbahan katun.

Jika kamu aktif secara seksual, kamu perlu mempertimbangkan penggunaan kondom selama aktivitas seksual. Selain itu, bersihkan juga mainan seks yang sering kamu gunakan untuk mengurangi risiko infeksi menular seksual

Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati. Sebelum muncul keputihan berlebih apalagi disertai dengan rasa gatal, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu mencegah gatal pada vagina dan menjaga kesehatan vagina, seperti:

  1. Bersihkan area vagina dengan lembut menggunakan air hangat
  2. Jangan menggunakan sabun beraroma
  3. Hindari mandi busa
  4. Segera ganti pakaian basah atau lembab setelah kamu berenang atau berolahraga
  5. Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari katun
  6. Bersihkan area intim dari depan ke belakang untuk menjauhkan bakteri dari kotoran ke vagina
  7. Lakukan tes IMS bersama dengan pasangan

Kamu perlu segera berkonsultasi dengan dokter jika muncul rasa gatal pada keputihan disertai dengan beberapa gejala lainnya, seperti:

  1. Muncul iritasi di sekitar vagina
  2. Adanya pendarahan setelah berhubungan seksual
  3. Rasa nyeri saat buang air kecil
  4. Tubuh demam
  5. Rasa nyeri pada perut selama berhubungan seksual
  6. Penurunan berat badan secara drastis
  7. Sering buang air kecil

Ketika kamu menemui dokter dengan keluhan keputihan berlebih, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Dokter juga akan menanyakan tentang semua gejala yang kamu alami, siklus menstruasi, sampai dengan gaya hidup yang kamu jalani.

Selain itu, dokter juga akan menyeka area vagina kamu untuk mendapatkan sampel cairan. Sampel cairan ini akan diperiksa di laboratorium menggunakan mikroskop. Hasil yang keluar dari pemeriksaan ini akan digunakan untuk memutuskan tindakan selanjutnya yang perlu dilakukan.

Keputihan Saat Hamil Muda, Apakah Berbahaya?

Nah, sekarang kamu sudah tahu keputihan gatal apakah berbahaya atau tidak beserta cara mengatasi dengan mudah.

Kesimpulannya, keputihan yang disertai dengan rasa gatal merupakan adanya indikasi tertentu yang menyerang vagina. Jika dirasa sudah sangat mengganggu, kamu harus segera mengunjungi dokter.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference