cara mempercepat haid

Beberapa orang mungkin ingin mempercepat haid mereka untuk alasan tertentu. Ada beberapa cara mempercepat siklus haid sehingga menstruasi akan lebih cepat datang. Melakukan olahraga teratur, atau mencoba metode relaksasi untuk membantu menstruasi menjadi lebih cepat datang.

Simak beberapa cara agar cepat haid ini, ya.

10 Cara agar cepat haid yang aman

Tips dan cara mempercepat haid
Tips dan cara mempercepat haid

Berikut ada beberapa cara mempercepat haid yang aman untuk dilakukan:

1. Mengurangi stres

Stres dapat berpengaruh pada siklus menstruasi karena dapat mengganggu sistem kerja hormon yang ada di otak. Stres dapat menunda dan hentikan darah haid.

Saat stres, produksi hormon kortisol menjadi berlebih. Hormon ini dapat menghambat produksi progesteron dan estrogen yang berperan untuk menjaga siklus haid yang teratur.

Ini sebabnya, mengurangi stres menjadi penting. Kamu bisa melakukan meditasi, liburan atau melakukan berbagai kegiatan yang kamu sukai untuk mengurangi stres tersebut.

2. Menjaga berat badan tetap ideal

Kekurangan maupun kelebihan berat badan tidak baik untuk kesehatan reproduksi. Berat badan dapat berpengaruh pada proses ovulasi.

Jika ovulasi terhambat, maka menstruasi pun dapat tidak teratur. Guna mengatasinya, kamu bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti nanas dan kunyit untuk melancarkan haid.

3. Rajin olahraga

Olahraga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk membantu menyeimbangkan kadar hormon yang ada dalam tubuh. Kamu bisa rutin melakukan olahraga 30 menit sehari.

Kamu bisa lakukan olahraga ringan secara bertahap. Hindari untuk langsung olahraga berat atau berintensitas tinggi terutama bagi wanita yang sebelumnya tidak rutin berolahraga.

Jenis-jenis Olahraga Ringan Saat Haid dan Tips Untuk Mencegah Cedera

4. Menggunakan alat KB

Beberapa alat kontrasepsi juga dapat membantu mempercepat haid, misalnya KB spiral. Jenis KB ini dapat mempercepat datangnya haid.

Selain itu, juga dapat menggunakan pil KB kombinasi. Pil ini mengandung estrogen dan progestin yang dapat membantu haid lebih cepat datang.

5. Berhubungan seks

Berhubungan seks baik dengan penetrasi dan tanpa penetrasi seperti petting juga dapat menjadi cara mempercepat haid.

Ini karena rangsangan seks dan orgasme dapat membuat serviks melebar. Ketika ini terjadi, rahim dapat berkontraksi untuk membuat ruang kosong yang bisa membuat rahim meluruhkan lapisannya.

6. Konsumsi vitamin C

Vitamin C adalah obat yang kuat dalam hal mengatur menstruasi dan mengatasi periode yang tertunda. Suplemen sederhana namun efektif ini bisa kamu gunakan untuk mengatur siklus menstruasi.

Rutin konsumsi vitamin C dapat melengkapi kebutuhan tubuh akan nutrisi penting menjelang dan selama haid.

7. Makan nanas

Banyak yang yakin jika nanas bisa mempercepat haid.

Misalnya, minum secangkir jus nanas dapat membantu haid segera datang jika tertunda beberapa hari! Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain yang membantu mengatur siklus menstruasi sehingga bila dikonsumsi dalam dosis besar bisa membuat haid cepat datang.

Mitos atau Fakta, Makan Nanas saat Haid Bikin Aliran Darah Makin Deras?

8. Minum jahe

Jahe umumnya digunakan untuk membantu mengobati banyak kondisi, tetapi juga dapat digunakan untuk membantu mengatur menstruasi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat secara efektif menyebabkan menstruasi dimulai lebih cepat jika ditunda. Orang yang ingin segera memulai menstruasi dapat meminum beberapa jahe hangat setiap hari hingga menstruasi dimulai.

9. Minum kunyit

Studi terbaru juga melihat bagaimana kunyit dapat digunakan sebagai obat alami untuk masalah haid seperti telat datang bulan, kram, dan kelelahan.

Meskipun masih dianggap sebagai pengobatan alternatif daripada medis, banyak produk pelancar haid menggunakan bahan alami ini, loh.

10. Konsumsi peterseli

Peterseli tidak hanya mengandung antioksidan tingkat tinggi, tetapi juga dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan bahkan memulai periode haid yang tertunda.

Untuk mendapatkan hasil langsung, kamudapat merendam peterseli segar atau kering dalam air mendidih hanya selama 10 menit dan kemudian meminum airnya – kandungan vitamin C dalam peterseli dikombinasikan dengan vitamin dan mineral penting lainnya dapat melakukan keajaiban dalam merangsang tubuh mengalami menstruasi.

Gejala haid yang tidak teratur

alasan mempercepat haid karena gejala haid tidak teratur.jpg
Alasan mempercepat haid karena gejala haid tidak teratur.jpg

Salah satu alasan wanita mencari cara mempercepat haid adalah karena haid yang terlambat atau tidak teratur sehingga merasa khawatir dan ingin segera menstruasi. Ada beberapa gejala haid yang tidak teratur, yakni:

  • Jumlah jeda hari atau siklus antar waktu haid selalu berubah-ubah. Contohnya, tadinya menstruasi terjadi per 28 hari sekali, tiba-tiba berubah menjadi per 22 hari.
  • Volume darah kadang sangat sedikit atau singkat atau justru sangat banyak hingga lebih dari 7 hari.
  • Lamanya waktu haid atau menstruasi terus berbeda setiap bulannya.

Namun, perlu diingat bagi perempuan yang baru haid untuk pertama kali mungkin memiliki siklus menstruasi yang tidak menentu. Umumnya, butuh waktu sekitar 2 tahun untuk memiliki siklus yang teratur atau tetap.

Apakah Minum Air Hangat Bisa Mempercepat Haid? Ini Faktanya!

Alasan penyebab haid tidak teratur

penyebab siklus haid tidak teratur
Alasan haid tidak teratur

Haid yang tidak teratur dapat disebabkan karena hormon yang tidak seimbang. Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan hormon menjadi terganggu dan membuat haid tidak teratur, yakni:

1. Masa pubertas

Ada masa ini, remaja mengalami proses perubahan hormon dan mengalami proses pematangan organ reproduksi. Ini menyebabkan haid menjadi tidak lancar di awal-awal menstruasi.

2. Melahirkan dan menyusui

Pada masa-masa pasca melahirkan dan menyusui, wanita juga dapat mengalami kondisi hormonal yang menjadi tidak teratur. Misalnya, hormon prolaktin yang berperan dalam produksi ASI menjadi meningkat. Peningkatan ini dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur.

3. Menjelang menopause

Saat menjelang menopause, menstruasi juga dapat terganggu. Wanita dapat lebih sering haid atau justru lebih jarang haid. Ini karena perubahan pada hormon kewanitaan yang terjadi menjelang menopause.

4. Penggunaan alat kontrasepsi hormonal

Alat kontrasepsi hormonal seperti suntik KB, dan pil KB juga dapat menyebabkan haid tidak teratur. Pasalnya, alat kontrasepsi hormonal menggunakan kombinasi progesteron dan estrogen di dalamnya.

5. Stres

Stres juga bisa menyebabkan keseimbangan hormon menjadi terganggu. Tubuh nantinya akan memproduksi hormon kortisol. Jika kadar hormon ini terlalu tinggi, dapat berpengaruh pada menstruasi. Siklus haid dapat menjadi lebih lambat, atau bahkan lebih cepat.

Ladies, Ini Ciri-Ciri Telat Haid Karena Stres!

6. Kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis

Selain karena perubahan hormon, berat badan juga dapat berpengaruh pada kondisi menstruasi wanita. Berat badan sendiri berpengaruh pada hipotalamus yang salah satu fungsinya adalah mengatur siklus menstruasi.

7. Sindrom polikistik ovarium (PCOS)

PCOS alias sindrom polikistik ovarium merupakan kondisi yang disebabkan kelebihan hormon laki-laki pada wanita. Kondisi ini dapat memicu kista pada ovarium yang menyebabkan tubuh tidak dapat melepaskan sel telur secara teratur setiap bulan.

Berapa hari haid normal?

Masa haid yang normal terjadi di antara rentang 22-35 hari. Rata-rata wanita mengalami haid setiap 28 hari sekali. Seseorang dikatakan memiliki masa haid yang normal saat siklus haid terjadi setiap 23-35 hari dan lamanya haid 3-7 hari. Jika haid hanya 1 hari, segera dicari penyebabnya dan konsultasi ke dokter.

Wanita mengeluarkan darah haid dengan volume darah sekitar 30-70 mililiter. Pada hari pertama dan kedua, umumnya volume darah haid akan lebih banyak dibanding hari-hari setelahnya.

 

Share artikel ini
Reference