Cara memijat agar cepat haid sendiri bagaimana caranya? Mungkin kamu pernah mengalami gelisah karena haid tidak kunjung datang?

Berbagai cara dilakukan untuk memperlancar haid, mulai dari minuman vitamin hingga mengubah pola hidup. Tapi, pernahkah kamu mendengar tetap pijat agar cepat haid?

Secara umum, pemijatan di titik-titik tertentu dapat merelaksasi tubuh dan membuat siklus haid lebih lancar. Siklus haid bulanan rata-rata setiap wanita biasanya 28-29 hari, dimulai dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. 

Cara mempercepat haid secara alami

minum kiranti saat haid

Dilansir dari Cosmopolitan, sayangnya tidak ada cara yang benar-benar efektif untuk mempercepat haid. Melakukan gaya hidup sehat, konsumsi makanan bernutrisi, dan menghindari stress, hanya menjadi salah satu cara yang mungkin bisa mengendalikan hormon estrogen dan progesteron. 

Pengobatan hormonal menjadi satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk mengendalikan menstruasi. Menurut Deborah Lee dari Apotek Online Dr Fox dan Cheryl Lythgoe, dari Benenden Health, “Secara medis, setelah penilaian menyeluruh dilakukan, pil kontrasepsi kombinasi bekerja dengan baik untuk mengubah siklus haid,” jelas Lythgoe.

Kamu juga bisa melakukan program hormone progesteron dengan pil ini, jelas dokter Lee. Caranya yaitu dengan meminum beberapa tablet progesteron (lima hari), dan ketika kamu berhenti meminumnya, kamu akan mengalami pendarahan dalam waktu lima sampai tujuh hari.

8 Cara Agar Cepat Haid untuk Anak, Terapi Hormon Salah Satunya!

“Cara ini biasanya digunakan oleh dokter kandungan untuk wanita yang sedang menjalani perawatan infertilitas atau untuk memeriksa apakah kadar estrogen,” tambahnya. 

Cara memijat agar cepat haid sendiri

Cara pijat agar haid cepat datang

Beberapa orang meyakini dan memilih metode pijat untuk mempercepat haid. Namun, cara ini tentu tidak bisa memberikan hasil instan, harus dilakukan dengan rutin dan tepat. Berikut cara memijat agar cepat haid yang perlu kamu ketahui:

1. Lakukan pijatan lembut pada perut bagian bawah

Pijatan lembut pada perut bagian bawah dapat meningkatkan sirkulasi darah ke rahim, ovarium, dan tuba falopi, yang membantu menginduksi siklus menstruasi. Akibat tekanan dari pijatan, beberapa cairan rahim mungkin mulai mengalir. 

Pijatan dapat meredakan rahim yang membengkak dalam beberapa kasus. Kamu cukup berbaring telentang dan gosokkan jari-jari dengan lembut searah jarum jam di atas perut bagian bawah. Lakukan selama beberapa menit sehingga perut bawah terasa lebih rileks.

2. Pijat refleksi pada tangan dengan gerakan melingkar

Kamu dapat melakukan pijat refleksi untuk mempercepat siklus haid. Hal ini umumnya dilakukan dengan pijat refleksi tangan. Berdasarkan pijat refleksi ini, titik-titik yang terdapat di kedua sisi pergelangan tangan yang menghubungkan jari-jari dengan lengan berhubungan dengan rahim dan indung telur.

Lakukan dengan gerakan melingkar, kamu harus memberikan tekanan pada kedua bagian pergelangan tangan tersebut. Hal ini harus dilakukan beberapa kali selama 2 menit.

Benarkah Ada Cara Mengompres Perut agar Cepat Haid, Atau Mitos?

3. Pijat telapak kaki dengan gerakan melingkar

Terakhir, kamu juga dapat mencoba pijat refleksi kaki. Dalam konteks ini, area antara pergelangan kaki dan telapak kaki berhubungan dengan rahim. Tekniknya mengikuti prinsip-prinsip akupunktur. Meskipun belum terbukti secara klinis, banyak praktisi percaya bahwa hal ini dapat membantu mempercepat menstruasi.

Lakukan dengan memijat telapak secara gerakan melingkar selama 2-3 menit beberapa kali sehari, kamu mungkin dapat menginduksi menstruasi.

Cara pijat untuk kram menstruasi

titik pijat refleksi salah bantal

Terapi pijat juga menjadi metode alami dan efektif untuk meredakan nyeri, kram, hingga kejang. Terapi ini merilekskan sistem saraf dan membantu menenangkan nyeri otot, nyeri sendi, ketidaknyamanan perut, dan bahkan sakit kepala karena hormon.

Menurut sebuah penelitian dari University of Miami, wanita yang mendapatkan pijatan secara teratur akan merasa lega dari perubahan suasana hati dan rasa sakit. Terapi pijat ini bisa dilakukan bahkan saat aliran haid sedang deras. 

Caranya sangat mudah, tekanan lembut di sekitar area panggul dan perut dapat dilakukan selama beberapa hari pertama (hari 1-3) saat aliran menstruasi paling berat. Aliran darah setiap orang berbeda, jadi jika kamu merasa tidak nyaman atau sensitif terhadap sentuhan, lakukan tekanan yang lebih lembut dan pelan. 

Jika kamu mengalami gejala PMS seperti sakit kepala hormonal dan perubahan suasana hati, terapi pijat dapat meningkatkan suasana hati dengan mendorong pelepasan zat kimia otak yang membuat kamu merasa senang. Gunakan aromaterapi untuk hasil terbaik!


Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference