haid 2 kali sebulan

Umumnya, menstruasi terjadi selama satu kali dalam sebulan. Namun. nyatanya, beberapa wanita mengalami haid 2 kali sebulan, lho. Lalu, kondisi tersebut normal? 

Pada artikel kali ini, Yoona akan membahas beberapa penyebab wanita mengalami haid 2 kali sebulan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Haid 2 kali sebulan apakah normal?

Menstruasi biasanya hanya terjadi sekali dalam sebulan dengan durasi 4-7 hari. Siklus menstruasi yang normal juga terjadi di antara 21-35 hari.

Lalu, bagaimana dengan siklus yang tidak mengikuti batas normal tersebut? Tak perlu khawatir, hal tersebut bukanlah masalah jika kamu mengalaminya hanya sekali.

Beberapa wanita mengalami siklus menstruasi yang lebih pendek dari biasanya atau kurang dari 28 hari. 

Namun, kamu baru perlu khawatir jika selalu mengalami kondisi tersebut selama 2-3 kali dalam beberapa bulan berturut-turut.

Selain itu, pastikan juga jika cairan yang keluar adalah darah haid, bukan sekadar flek biasa.

Cara membedakan darah haid dan flek pun cukup mudah, yakni: 

  • Darah haid biasanya berwarna merah terang, merah gelap, hingga cokelat dan keluar cukup banyak sehingga perlu menggunakan pembalut.
  • Flek biasanya hanya berupa bercak berwarna merah terang, gelap, atau cokelat yang hanya bertahan selama satu atau dua hari ke depan. 

Jadi, kamu bisa membedakan dahulu dan melihat apakah sering mengalaminya atau hanya sekali.

Haid 2 kali sebulan apakah tanda kehamilan?

Kamu mungkin penasaran, apakah kondisi ini merupakan tanda awal kehamilan? Secara umum, perempuan yang dalam masa kehamilan tidak akan mengalami menstruasi.

Namun, di trimester pertama, wanita yang hamil bisa mengeluarkan bercak seperti flek. Ini yang dinamakan dengan darah implantasi yang mirip seperti haid.

Maka dari itu, kamu perlu membedakan dahulu antara darah haid dan juga bercak flek atau implantasi agar bisa mengetahui penyebab utamanya.

Mengapa Wanita Alami Menstruasi? Ini Faktanya

Penyebab haid 2 kali sebulan

haid 2 kali sebulan apakah normal atau tanda kehamilan

Jika kamu mengalami haid 2 kali selama beberapa kali dalam sebulan dan disertai gejala lainnya, hal tersebut perlu diwaspadai. Berikut penyebab haid 2 kali sebulan yang perlu kamu ketahui:

1. Usia muda

Siklus menstruasi yang tidak teratur cukup umum dialami remaja yang baru mulai mengalami menstruasi.

Mereka cenderung mengalami siklus haid yang lebih pendek atau lebih panjang saat pubertas, sehingga haid dapat terjadi 2 kali sebulan. 

Kadar hormon yang berfluktuasi selama pubertas dapat memengaruhi siklus menstruasi dan membutuhkan waktu sekitar 6 tahun untuk siklus haid menjadi teratur dari waktu mulainya haid pertama.

2. Anomali yang terjadi sekali

Seseorang kadang-kadang mengalami siklus menstruasi yang lebih pendek sehingga menstruasi dapat terjadi 2 kali sebulan. Setelah itu, siklus haid kembali menjadi normal. 

Akan tetapi, perubahan ini perlu dicatat agar dokter dapat melihat pola siklus haid yang terjadi dan membantu dalam menegakkan diagnosis atau pemberian terapi. 

8 Penyebab Menstruasi Telat, dari Stres hingga Masalah Tiroid

3. Perimenopause

Perimenopause adalah fase yang mengarah kepada menopause atau berakhirnya siklus menstruasi secara alami di sekitar umur 45 tahun. Nah, durasinya ini bervariasi untuk setiap wanita yang mengalaminya.

Namun, berbagai kondisi seperti tidak mengalami menstruasi, darah haid yang keluar sedikit, hingga haid 2 kali bisa saja terjadi jika seseorang sedang di kondisi perimenopause.

4. Fibroid rahim

Fibroid rahim adalah tumbuhnya massa di dalam atau di luar rahim, tetapi bukan kanker.

Meskipun tidak ganas, tumbuhnya massa yang satu ini menyebabkan pendarahan yang tidak teratur dan juga sangat berat. 

Tak perlu khawatir, masalah fibroid rahim tidak hanya ditandai oleh haid 2 kali saja. Soalnya, akan ada beberapa gejala lain yang mengikuti seperti, sering buang air kecil, perasaan tertekan di area panggul, sakit saat berhubungan seks, dan juga sakit di bagian punggung bawah.

5. Masalah di tiroid

Tiroid adalah kelenjar di bagian leher yang menghasilkan hormon tiroid untuk mengatur sistem hormon termasuk siklus menstruasi.

Nah, jika tiroid bermasalah, maka siklus haid kamu pun bisa bermasalah juga seperti mengalaminya beberapa kali dalam sebulan. 

Namun, masalah tiroid tidak hanya mengganggu siklus menstruasi. Ada beberapa gejala yang menyertai seperti, sembelit, merasa kedinginan terus-menerus, mudah lelah, detak jantung lambat, dan naiknya berat badan secara drastis.

Terjadinya 2 kali haid dalam sebulan biasanya bukanlah pertanda yang harus diwaspadai.

Namun, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter jika kamu juga mengalami gejala sebagai berikut:

  • Terjadi 2 kali haid dalam sebulan selama 2-3 bulan berturut-turut
  • Volume darah haid yang banyak
  • Gumpalan darah saat haid yang besar (berukuran koin atau lebih besar)
  • Nyeri perut bagian bawah, terutama jika tidak membaik dalam 1-2 hari
  • Kram menstruasi yang berat
  • Pendarahan ringan atau bercak di antara 2 siklus, yang dapat dikira sebagai 2 kali haid dalam sebulan, yang terjadi berulang-ulang setiap bulan
  • Nyeri saat berhubungan seksual

Keluar Darah Seperti Haid Tapi Sedikit, Apa Penyebabnya?

Cara mengatasi haid 2 kali sebulan

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Jika kamu mengalaminya, hal ini bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan doktermu.

Nah, beberapa pilihan terapi yang dapat dianjurkan dokter adalah:

  • Pengangkatan fibroid jika disebabkan oleh fibroid rahim
  • Mengganti jenis kontrasepsi. Sebab, hal tersebut bisa menjadi penyebab tidak teraturnya siklus menstruasi
  • Selama perimenopause, dokter mungkin akan menyarankan terapi hormon untuk mengatur siklus menstruasi hingga berhenti pada periode menopause.
  • Pada kondisi hipotiroidisme, dokter akan memberikan terapi pengganti hormon tiroid. Sedangkan pada hipertiroidisme, terapi yang diberikan disesuaikan dengan kondisi tiap individu.
  • Mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti mengonsumsi sayuran, buah-buahan, olahraga, tidur tepat waktu, dan juga beraktivitas secara produktif setiap harinya

8 Cara Mengatasi Haid Jika Tidak Ada Pembalut

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai penyebab dan cara mengatasinya. Tak perlu khawatir, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter jika mengalaminya. Dengan begitu, kondisimu bisa segera diatasi secepatnya.

@yoonawomen Jangan khawatir dulu ya, Yoonies! Ini nih jawaban buat kamu yang penasaran haid 2 kali sebulan apakah normal? Kalau kamu merasakan gejala lainnya yang tak wajar, kamu perlu waspada. #menstruasicepat #menstruasitidakteratur #reproduksiwanita #kesehatanwanita #kesehatanreproduksi #sehatbugar #infokesehatan #serunyabelajar #pembalutwanita #pembalutorganik ♬ Aesthetic – Tollan Kim

Share artikel ini
Reference